Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memahami antara Defenisi, Jenis, danTips Memilih Asuransi Kesehatan

Apakah kamu sudah mempunyai rencana untuk membeli asuransi kesehatan dalam waktu dekat ini? Seberapa pentingkah memiliki asuransi kesehatan? Penjelasan berikut ini mungkin cocok untuk menjadi referensi sebagai bahan pertimbangan kamu sebelum membeli asuransi kesehatan. 

Setiap orang siapapun dia tentunya tidak ada yang mengharapkan menderita sakit. Kesehatan adalah nikmat Tuhan yang paling berharga yang tidak ternilai harganya. Namun sebagai manusia biasa tentunya segala hal bisa terjadi termasuk dengan kesehatan kita itu sendiri.

Salah satu cara dan paling utama yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi agar tak mengalami sakit adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Dengan menerapkan pola hidup sehat misalnya konsumsi makanan bergizi 4 sehat 5 sempurna, olahraga yang rutin, dan pola tidur/istirahat yang cukup dan teratur tentunya akan dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga jauh dari penyakit. 

Selain dengan melakukan hal tersebut diatas tentunya kita juga wajib menyediakan "payung" jika resiko itu (sakit) terjadi pada kita. Sebagai wujud antisipasi apabila nantinya jatuh sakit, entah itu untuk biaya membeli obat ataupun biaya pengobatan lainnya.

Salah satu cara menyiapkan "payung" tersebut bisa dilakukan dengan membeli produk asuransi kesehatan. Dengan memiliki asuransi kesehatan tentunya akan dapat menjadi pegangan kita sehingga dapat meminimalisir risiko-risiko yang ada jikalau suatu saat mengalami sakit.

Apa itu Asuransi Kesehatan?

tips memilih asuransi kesehatan

Secara defenisi mengutip dari Wikipedia Asuransi Kesehatan adalah sebuah jenis produk asuransi yang secara khusus menjamin biaya kesehatan atau perawatan para anggota asuransi tersebut jika mereka jatuh sakit atau mengalami kecelakaan.

Secara umum asuransi kesehatan dapat diartikan sebagai berikut :

Asuransi Kesehatan adalah salah satu jenis produk asuransi dimana pihak penanggung menjamin biaya kesehatan dan perawatan pihak tertanggung atau nasabah apabila pihak tersebut mengalami gangguan kesehatan seperti sakit atau yang disebabkan oleh kecelakaan.

Asuransi ini bukan bersifat indemnity dimana tidak mengembalikan posisi keuangan sesaat sebelum terjadinya kerugian. Perusahaan asuransi akan mengganti sesuai kemampuan berdasarkan pada perjanjian awal, siapa yang mampu membayar lebih besar diawal tentunya juga akan mendapatkan manfaat yang lebih besar begitu juga sebaliknya.

Mengapa kita membutuhkan Asuransi Kesehatan?

Pada saat ini segala macam jenis penyakit seperti penyakit jantung, kanker, maupun penyakit berbahaya lainnya tidak pernah pandang bulu siapa saja bisa terjangkit. Biaya pengobatan untuk penyakit-penyakit tersebut tergolong mahal untuk saat ini, yang mungkin saja bisa menguras isi tabunganmu. Mahalnya biaya pengobatan saat ini menjadi salah satu alasan untuk memiliki asuransi kesehatan.

Mungkin saat ini anda sehat dan terlihat segar bugar, namun esok siapa yang tahu? Tidak ada yang bisa memprediksi apa yang akan terjadi pada anda beberapa waktu kedepan. Dengan ancaman kesehatan yang saat ini makin beragam, memiliki jaminan perlindungan kesehatan adalah sebagai salah satu cara untuk meringankan beban andaikata resiko (sakit) itu terjadi. Setidaknya minimal anda tidak menjadi beban keluarga mengenai biaya pengobatan atau perawatan nantinya.

6 Jenis Asuransi Kesehatan yang ada di Indonesia

Ada beragam jenis asuransi kesehatan yang dapat anda pilih, tinggal sesuaikan dengan kebutuhan, keadaan, dan kondisi keuangan mu. Perbedaan Jenis-jenis asuransi kesehatan biasanya dibedakan berdasarkan badan yang menyelenggarakannya, jenis perawatan yang di cover, atau siapa yang ditanggung dalam asuransi kesehatan tersebut. 

Berikut ini adalah jenis-jenis asuransi kesehatan yang harus kamu ketahui yang terbagi kedalam 3 jenis. 

Berdasarkan jenis perawatan yaitu :

1. Asuransi Rawat Inap

Sesuai dengan namanya, asuransi rawat inap ini memiliki manfaat utama untuk membiayai perawatan tertanggung selama menjalani rawat inap saat sakit. Biasanya seluruh biaya-biaya yang timbul saat rawat inap akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

2. Asuransi Rawat Jalan

Asuransi rawat jalan adalah asuransi yang menanggung biaya perawatan tertanggung ketika menjalani rawat jalan atas penyakit yang dideritanya. Jenis-jenis biaya perawatan yang biasanya ditanggung oleh perusahaan asuransi adalah cek lab, diagnosis medis, dan berbagai tindakan lainnya yang tidak mengharuskan tertanggung untuk menginap di rumah sakit.

Berdasarkan yang Ditanggung yaitu :

1. Asuransi Personal

Asuransi personal ini dilihat dari siapa yang ditanggung oleh asuransi tersebut, yakni individu secara perorangan. Perlindungan dan manfaat asuransi kesehatan tersebut hanyalah menjangkau satu orang saja yakni pemilik asuransi tersebut.

2. Asuransi Kelompok

Berbeda dengan Asuransi Personal, asuransi ini bersifat sebaliknya. Perlindungan kesehatan yang diberikan oleh asuransi kelompok mencakup seluruh anggota suatu kelompok. Sebagai contoh asuransi kesehatan keluarga yang meng-cover asuransi seluruh anggota keluarga yang ada.

Berdasarkan kepemilikan badan penyelenggara yaitu :

1. Asuransi Swasta

Asuransi jenis ini adalah asuransi kesehatan yang dikelola oleh suatu perusahaan/badan swasta. Asuransi swasta inilah yang biasanya dianggap mahal oleh kebanyakan orang. Namun yang perlu anda pahami adalah mahal tidaknya suatu premi sangat bergantung pada apa saja yang ditanggung didalam polis asuransi yang anda pilih.

2. Asuransi Pemerintah

Adapun jenis asuransi ini biasanya lebih dikenal dengan namanya BPJS Kesehatan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan). Asuransi kesehatan yang dikelola oleh pemerintah ini berorientasi pada penyediaan jaminan kesehatan pada masyarakat secara menyeluruh. 

Dalam pelaksanaannya asuransi pemerintah ini menggunakan asas gotong royong sehingga bisa membantu masyarakat dari kondisi ekonomi menengah kebawah. Premi nya pun disubsidi oleh pemerintah, akan tetapi asuransi ini terbatas hanya bagi mereka yang benar-benar berhak mendapatkannya.

Tips Memilih Asuransi Kesehatan yang Tepat Buatmu

Berikut ini ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum membeli asuransi kesehatan, antara lain :

1. Cek Riwayat Kesehatan-mu

Pertimbangkan bagaimana riwayat kesehatan anda dan keluarga terlebih dahulu. Jika ada riwayat atau potensi penyakit kritis maka pilihlah asuransi kesehatan yang mencakup perlindungan terhadap penyakit kritis.

2. Resiko Pekerjaan

Pekerjaan anda juga harus menjadi dasar pertimbangan anda selanjutnya dalam memilih asuransi kesehatan. Jika anda memiliki pekerjaan yang beresiko, tentunya ada baiknya menambah manfaat asuransi berupa asuransi kecelakaan diri.

3. Pertanggungan

Sesuaikan dengan kebutuhan Anda nantinya, misalkan paket asuransi kesehatan yang tidak hanya mengcover diri anda sendiri melainkan juga keluarga anda atau mungkin orang tua. Pilihlah asuransi yang sesuai untuk jaminan yang ingin didapatkan dan mereka yang ingin diberikan perlindungan. 

Demikianlah pembahasan mengenai "Memahami antara Defenisi, Jenis, dan Tips Memilih Asuransi Kesehatan" semoga penjelasan kami bisa anda pahami dan menjadi bahan pertimbangan anda dalam memilih asuransi kesehatan yang tepat untuk anda dan keluarga.