Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Daftar Profesi dalam Asuransi serta Tugas dan Tanggung Jawabnya

Apa saja sih yang termasuk profesi dalam asuransi? Ketika anda membeli suatu produk asuransi tertentu, tentunya ada seseorang yang mendampingi anda dari mulai menawarkan produk asuransi, menjelaskan manfaatnya, sampai dengan membantu anda menyelesaikan proses kepemilikan asuransi tersebut, bahkan tak jarang ia selalu siap sedia jikalau anda membutuhkan bantuannya terkait dengan produk asuransi yang anda miliki.

Siapakah dia? Yups, dialah Agen Asuransi yang merupakan penghubung antara anda dengan Perusahaan Asuransi tempat anda membeli asuransi anda. Agen asuransi merupakan salah satu dari Profesi-profesi yang terlibat dalam industri asuransi. 

Cerita Sukses yang Berawal dari Profesi Agen Asuransi

tugas dan tanggung jawab profesi asuransi

Kesuksesan bisa datang dari mana saja dan arah yang tak terduga termasuk juga dalam industri perasuransian. Sering dipandang sebelah mata sebagai agen asuransi ternyata dunia perasuransian mampu melahirkan tokoh-tokoh hebat dunia dalam bidang asuransi. 

Menjadi agen asuransi mungkin bukan cita-cita kebanyakan orang, banyak orang menganggap remeh profesi ini. Namun didunia asuransi menjadi seorang agen bukanlah semata-mata tentang sebuah pekerjaan melainkan juga seorang pahlawan. Mengapa demikian? Karena dengan menjadi agen anda telah turut ikut serta dalam membuat masa depan seseorang atau bahkan sebuah keluarga menjadi lebih nyaman, aman, dan terjamin. 

Tak hanya itu saja, jika anda berhasil menjadi seorang agen asuransi banyak manfaat dan keuntungan yang akan anda nikmati. Mulai dari manfaat secara finansial maupun kepuasan batin anda, karena anda juga bisa memiliki cerita sukses yang mungkin dapat menginspirasi dan memotivasi orang lain untuk dapat mempersiapkan masa depannya dengan tepat. 

Berikut ini adalah beberapa contoh tokoh-tokoh inspiratif yang menemukan jalan kesuksesannya dengan menjadi seorang agen asuransi. 

1. Arthur L. Williams Jr

Pria yang lahir pada tahun 1942 di Waycross, Georgia ini tidak pernah berpikir untuk terjun ke dunia asuransi. Sejak kecil ia bercita-cita menjadi seorang pelatih sepak bola.

Pada tahun 1963 Art Williams mulai menjual asuransi sebagai sampingannya setelah dikenalkan oleh sepupunya tentang konsep beda sebuah asuransi. 

Sampai akhirnya ia menemukan bahwa penghasilannya dari menjual asuransi bisa melebihi gajinya sebagai seorang pelatih. Ia lalu menekuni dunia asuransi, hingga pada akhirnya ia bisa mendirikan perusahaan asuransinya sendiri. 

2. Merry Riana

Cerita kedua datang dari wanita indonesia, seorang enterpreneur dan motivator wanita ternama yakni Merry Riana. Kisah perjalan hidupnya pun akhirnya didokumentasikan dalam sebuah film yang cukup menginspirasi kita. 

Singkat cerita Merry menjadi penjual asuransi setelah lulus kuliah dan itupun sebagai sampingan dari pekerjaan utamanya. Kerja kerasnya membuahkan hasil hingga ia mampu menghasilkan uang 1 juta dollar pertamanya. 

3. Suroyo

Kisah inspiratif berikutnya datang dari Suroyo, seorang anak petani dari Kulon Progo, Yogyakarta yang sukses sebagai agen asuransi. Sebelum menjadi agen, ia bekerja pada sebuah Yayasan dengan penghasilan yang sangat minim.

Mengenal profesi agen pada tahun 2001, hingga pada akhirnya dengan ketekunan dan kerja kerasnya ia berhasil memiliki sebuah rumah dan dua buah mobil dari menjadi seorang agen asuransi. Kisah suksesnya kemudian ia dokumentasikan dalam video youtube. 

Cerita diatas hanyalah sebagian kecil dari cerita-cerita kesuksesan lainnya yang ada dari industri asuransi. Disini kami bukan bermaksud mengajak anda untuk menjadi seorang agen asuransi, melainkan hanya menyampaikan bahwa profesi sebagai agen asuransi itu sama akan halnya profesi lainnya, semua mempunyai peluang yang sama untuk sukses apabila diiringi dengan kerja keras dan ketekunan anda.

Selain dari Agen Asuransi masih banyak profesi-profesi lainnya yang berhubungan dengan industri asuransi ini, simak penjelasan berikut ini. 

Jenis-jenis Profesi yang Terlibat dalam Industri Asuransi

Melansir dari Buku 4 Perasuransian OJK secara umum setidaknya ada 15 jenis profesi yang terlibat dalam industri asuransi, termasuk didalamnya adalah seorang agen asuransi yang telah kita bahas diatas tadi. 

Apa sajakah profesi-profesi yang ada dalam industri asuransi tersebut? Berikut Rincian dan penjelasan singkatnya. 

1. Profesi Insurance Broker

Insurance Broker ini adalah sebagai perantara antara sebuah perusahaan asuransi dan pihak yang tertanggung, dimana insurance broker ini akan mewakili tertanggung perusahaan asuransi. 

2. Profesi Reinsurance Broker

Profesi ini menjadi perantara antara perusahaan asuransi dan perusahaan reasuransi, dimana Reinsurance Broker ini akan mewakili perusahaan asuransi dalam hal menawarkan pembagian resiko. 

3. Profesi Aktuaris

Aktuaris bertugas memastikan bahwa perusahaan asuransi memiliki solvabilitas yang sehat, serta memastikan premi yang dibebankan kepada nasabah cukup untuk membayar semua kewajiban (liability). 

4. Profesi Underwriting

Bertugas menganalisis resiko yang diberikan oleh para calon tertanggung, menetapkan Terms & Conditions, serta menetapkan besarnya premi yang mencerminkan tingkat resiko yang akan ditanggung perusahaan. 

5. Profesi Adjuster Claim

Profesi yang satu ini bertanggung jawab menilai besarnya kerugian yang akan terjadi dalam suatu musibah, gunanya untuk menentukan besarnya ganti rugi yang akan diberikan kepada tertanggung. 

6. Profesi Agen Asuransi

Seperti yang telah diuraikan diatas agen asuransi adalah wakil dari perusahaan asuransi yang memiliki lisensi untuk memasarkan asuransi kepada masyarakat umum. 

7. Profesi Investment

Profesi ini bertanggung jawab mengatur dan mengelola dana investasi suatu perusahaan asuransi. 

8. Profesi Marketing non Agensi untuk Retail Consumer

Profesi ini memiliki lisensi untuk memasarkan asuransi kepada masyarakat umum melalui kerja sama dengan bank atau institusi. 

9. Profesi Marketing non-Agensi untuk Corporate Consumer 

Sama akan halnya dengan Profesi sebelumnya profesi ini adalah sebagai wakil dari perusahaan yang memiliki lisensi untuk memasarkan asuransi kepada masyarakat umum melalui kerjasama dengan perusahaan atau institusi. 

10. Profesi Managemen Resiko Asuransi

Profesi ini mengatur, mengawasi, dan menilai resiko atas objek asuransi yang berhubungan dengan berbagai resiko operasional perusahaan dan membuat rekomendasi mitigasi agar dampak dari resiko bisa ditekan. 

11. Profesi Policy Holder Service

Bertanggung jawab melayani polis yang memberikan informasi seputar jaminan, resiko, klaim, dan lain-lain yang terdapat dalam polis sebagai sarana penyampaian informasi. 

12. Profesi Product Development

Profesi ini bertanggung jawab menyusun, mendesign, dan meluncurkan produk asuransi ke pasaran. 

13. Profesi Claim

Bertanggung jawab atas proses penanganan klaim yang diajukan oleh tertanggung, serta menyelidiki klaim untuk mengetahui tuntutan kerugian dari pihak tertanggung sesuai dengan kondisi yang telah disepakati. 

14. Profesi Reasuransi

Bertugas mengatur pembagian atau penyebaran resiko yang diterima oleh perusahaan asuransi, sekaligus memberikan perhitungan terhadap resiko yang disebarkan untuk ditawarkan kepada perusahaan reasuransi. 

15. Profesi Surveyor

Profesi ini melakukan survei terhadap objek yang diasuransikan, saat penutupan asuransi maupun saat terjadi klaim, surveyor ini mewakili perusahaan untuk memastikan apa yang tertulis sama dengan yan terjadi. 

Nah itu dia Daftar Profesi dalam Asuransi serta Tugas dan Tanggung Jawabnya, berminat untuk menjadi bagian dari industri asuransi di Indonesia? 

Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda dalam dunia perasuransian.