Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Asuransi Jiwa Murah, Pilihan Proteksi Low Budget

Apakah kamu sedang mencari asuransi jiwa murah? Memiliki asuransi jiwa saat ini sudah menjadi suatu langkah wajib yang harus dimiliki jika kamu menginginkan proteksi terhadap seluruh keluarga. Namun di tengah-tengah kondisi ekonomi saat ini yang sedang lesu ada gak sih asuransi jiwa murah? 

Terlebih dimasa pandemi seperti ini, dimana segala kemungkinan bisa terjadi lebih cepat daripada yang kamu perkirakan. Memproteksi dirimu dengan asuransi jiwa mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat buatmu dan keluarga.

Saat ini ada banyak perusahaan asuransi yang menawarkan bermacam-macam produk asuransi jiwa murah yang bisa disesuaikan dengan keadaan finansial mu. Berikut ini rekomendasi dari kami seputar informasi asuransi jiwa murah yang perlu kamu ketahui yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbanganmu sebelum memilikinya. 

Jenis-jenis Asuransi Jiwa yang Harus Kamu Ketahui

asuransi jiwa paling murah

Sebelum membeli asuransi jiwa ada baiknya kamu ketahui dahulu jenis-jenisnya agar kamu bisa memilih jenis asuransi jiwa mana yang cocok untukmu saat ini. 

Asuransi jiwa terdiri dari beberapa jenis, akan tetapi khusus di Indonesia hanya ada 4 jenis saja yakni :

  • Asuransi jiwa Berjangka (term life) 
  • Asuransi jiwa Seumur Hidup (whole life) 
  • Asuransi jiwa Dwiguna
  • Asuransi jiwa Unit Link

Daftar Asuransi Jiwa Murah dengan Premi yang Terjangkau

Masih banyak orang yang beranggapan bahwa premi asuransi jiwa itu mahal karena preminya terbilang cukup tinggi. Opini ini tidak sepenuhnya salah tetapi juga tidak sepenuhnya benar, karena premi sebuah produk asuransi itu bisa disesuaikan dengan tingkat kebutuhan, tingkat resiko ataupun keadaan finansialmu.

Berikut daftar Asuransi Jiwa murah versi kami yang bisa kamu pertimbangkan yakni :

1. Flexi Life dari Astra Life

Keunggulan utama asuransi jiwa ini adalah 100℅ via online, premi mulai dari Rp 14 ribu/bulan kemudian adanya promo bayar tahunan gratis premi 2 bulan. Perlindungan jiwa murni hingga Rp 5 milyar tanpa perlu melakukan cek medis.

Asuransi jiwa ini adalah salah satu produk asuransi dari PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life). Berdasarkan dari laman resminya Astra life adalah perusahaan asuransi jiwa patungan dengan kepemilikan saham 50:50 antara PT Astra International Tbk dan Aviva International Holding Limited. Perusahaan ini berdiri pada 26 Mei 2014 dan diluncurkan secara resmi kepada publik tanggal 27 November 2014.

Astra Life sendiri telah terdaftar resmi dan dalam pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Berikut ini adalah ulasan mengenai produk asuransi jiwa Flexi Life :

Flexi life protection adalah asuransi jiwa murni yang dimana uang pertanggungan dan preminya bisa ditentukan oleh nasabahnya sendiri. 

Flexi life memberikan 100℅ uang pertanggungan kepada penerima manfaat yang ada di polis apabila orang yang diasuransikan (Tertanggung) meninggal dunia karena sakit ataupun kecelakaan. 

Besarnya manfaat Flexi life adalah sesuai pilihan dan usia kamu saat pendaftaran. Mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 5 milyar dengan rincian usia 18 - 45 tahun maksimal Rp 5 milyar, usia 46 - 55 tahun maksimal Rp 2 milyar, dan usia 56 - 60 tahun maksimal Rp 1 milyar.

Lama masa pertanggungan mulai dari 1 tahun sampai kamu mencapai usia 85 tahun. Masa pembayaran premi akan mengikuti masa pertanggunganmu. Frekuensi pembayaran premi bisa tahunan, semesteran, kuartalan, ataupun bulanan. 

Ada 2 kondisi yang tidak di cover, yaitu apabila Tertanggung meninggal dengan diakibatkan oleh kondisi yang disebabkan oleh (1) adanya tindakan melanggar hukum atau percobaan melakukan tindakan kejahatan yang dilakukan oleh Tertanggung untuk mendapatkan manfaat asuransi, (2) bunuh diri atau percobaan bunuh diri dalam waktu 2 tahun terhitung sejak tanggal berlakunya polis atau tanggal pemulihan polis (mana yang terjadi paling akhir). 

Cara membayar premi Flexi life adalah dengan virtual account, kartu debit, dan atau kartu kredit. 

Proses klaim akan dibayarkan maksimal dalam waktu 30 hari kerja dengan catatan dokumen sudah lengkap dan benar. 

Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi website resminya berikut ilovelife.co.id.

2. Super Life Protection dari Sequis Life

Sama akan halnya flexi life produk asuransi jiwa dari Sequis life ini juga via online. Super life protection termasuk kedalam produk asuransi jiwa berjangka (term life) yakni jika orang yang jiwanya diasuransikan meninggal dalam jangka waktu tersebut, maka ahli earis akan mendapatkan uang pertanggungan. 

Salah satu keunggulan utama dari produk asuransi jiwa ini adalah memberikan biaya pertanggungan untuk resiko kematian oleh sebab apapun. Hal ini termasuk resiko meninggal disebabkan oleh covid-19 sekalipun. 

Super life protection adalah salah satu produk asuransi jiwa dari PT Asuransi Jiwa Sequis Life. Perusahaan asuransi ini berdiri pada tahun 1984 dengan nama PT Universal Life (Ulindo) dibawah naungan Gunung Sewu yang kemudian berubah nama menjadi Sewu New York Life (SYL) pada tahun 1992. Tahun 2003, seluruh saham NYL diakuisisi dan nama perusahaan pun berganti menjadi Sequis Life. 

PT Asuransi Jiwa Sequis Life telah resmi terdaftar dan diawasi oleh OJK. 

Ulasan mengenai produk asuransi jiwa Super Life Protection :

Bebas tentukan manfaat super yang kamu butuhkan

Perlindungan maksimal dengan biaya premi yang sangat terjangkau

100℅ uang pertanggungan jika tertanggung tutup usia dalam masa asuransi

Ahli waris akan mendapatkan 200℅ uang pertanggungan jika tertanggung tutup usia karena kecelakaan didalam masa asuransi

100℅ uang pertanggungan jika terjadi kecelakaan dan mengalami cacat total dan tetap

Terdiri dari 3 jenis pilihan paket produk yakni Bronze, Silver, dan Gold. 

Paket Bronze, premi mulai dari Rp 33.000/bulan, meninggal sebab apapun (Rp 100 juta), meninggal karena kecelakaan (Rp 200 juta), kehilangan anggota tubuh (Rp 100 juta) 

Paket Silver, premi mulai dari Rp 52.800/bulan, meninggal sebab apapun (Rp 200 juta), meninggal karena kecelakaan (Rp 400 juta), kehilangan anggota tubuh (Rp 200 juta) 

Paket Gold, premi mulai dari Rp 77.300/bulan, meninggal sebab apapun (Rp 300 juta), meninggal karena kecelakaan (Rp 600 juta), kehilangan anggota tubuh (Rp 300 juta). 

Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi website resminya berikut superyou.co.id.

3. Heksa Rencana Aman dari Heksa Insurance

Salah satu hal yang menarik dari produk asuransi jiwa ini adalah Asuransi Jiwa Heksa Rencana Aman memberikan manfaat perlindungan dari resiko meninggal dunia dengan fitur tambahan "No Claim Bonus" jika tidak terjadi klaim sampai dengan akhir masa asuransi. 

Selain manfaat yang menarik, Asuransi Jiwa Heksa Rencana Aman ini juga merupakan produk digital yang dapat kamu akses secara online. 

Heksa Rencana Aman merupakan salah satu produk asuransi jiwa dari PT Heksa Solution Insurance yang sebelumnya bernama PT Heksa Eka Life Insurance. Perubahan nama ini dikarenakan adanya perubahan komposisi kepemilikan saham pada Maret 2016 yang disertai dengan pergantian nama menjadi PT Heksa Solution Insurance. 

Sama akan halnya perusahaan asuransi sebelumnya, PT Heksa Solution Insurance juga telah terdaftar resmi dan berizin OJK. 

Ulasan mengenai produk asuransi jiwa Heksa Rencana Aman :

Jenis asuransi jiwa berjangka (term life) 

Perlindungan jiwa dari resiko meninggal dunia sebab alami / sakit maupun karena kecelakaan.

Masa kontrak 8 tahun dengap pembayaran premi 5 tahun. 

Manfaat No Claim Bonus (apabila tidak melakukan klaim sampai dengan akhir masa asuransi dalam artian tertanggung masih hidup sampai kontrak selesai). 

Cara bayar bulanan atau tahunan.

Manfaat produk (1) jika tertanggung meninggal dalam tahun pertama sebab alami atau sakit 100% premi dibayarkan, (2) jika meninggal karena kecelakaan maka dibayarkan 100℅ UP. 

Manfaat produk masa kontrak tahun 2 - 8 adalah (1) jika meninggal karena umum/sakit maka dibayarkan 50℅ UP (2) kalau meninggal karena kecelakaan dibayarkan 100℅ UP. 

Tersedia dalam 3 paket plan yakni Bronze (premi Rp 50.000/bulan), Silver (premi Rp 75.000/bulan), dan Gold (premi Rp 100.000/bulan).

Ilustrasi Manfaat Heksa Rencana Aman dengan contoh Tertanggung "si A" laki-laki usia 40 tahun, plan Gold, cara pembayaran premi tahunan, maka skenarionya adalah sebagai berikut :

Skenario 1 "A" (1) meninggal dunia karena sakit ditahun pertama maka manfaat UP yang didapatkan adalah Rp 1.200.000 (2) jika meninggal dunia sebab kecelakaan manfaat UP nya adalah Rp 40.000.000

Skenario 2 "A" (1) meninggal dunia sebab sakit/alami ditahun 2-8 maka UP nya sebesar Rp 20.000.000 (50℅ dari UP) (2) jika meninggal dunia karena kecelakaan UP tetap Rp 40.000.000

Skenario 3 "A" Tetap hidup sampai akhir tahun ke-8 maka "A" akan mendapatkan No Claim Bonus maksimal 108℅ dari jumlah premi yang telah dibayarkan.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi website resminya berikut heksainsurance.co.id.

4. Jaga Jiwa dari Central Asia Financial

Dengan proses aplikasi yang cepat dan tanpa root membuat proses transaksi asuransi bisa dilakukan melalui online. 

Jaga Jiwa merupakan produk asuransi jiwa dari PT Central Asia Financial, perusahaan asuransi jiwa ini merupakan bagian dari Salim Group yang mendapatkan izin beroperasi dari OJK pada 13 Maret 2013.

Pada tanggal 27 Januari 2015, PT Central Asia Financial meluncurkan brand JAGADIRI sebagai asuransi e-commerce pertama di Indonesia yang memberikan perlindungan instan dan langsung, jaminan proses klaim, dan biaya terjangkau serta transparan. 

Ulasan mengenai produk asuransi jiwa Jaga Jiwa :

Premi mulai Rp 23.000/bulan untuk masa perlindungan 1 tahun

Jenis asuransi jiwa berjangka (term life) 

Jika tertanggung meninggal dunia bukan karena kecelakaan, maka penanggung akan membayarkan manfaat pertanggungan kepada ahli waris sebesar 100℅ uang pertanggungan. 

Jika tertanggung meninggal dunia sebab maka penanggung akan membayarkan manfaat pertanggungan kepada ahli waris 200℅ uang pertanggungan. 

Frekuensi pembayaran bulanan dan tahunan

Apabila tertanggung lebih dari 1 maka tertanggung dengan usia yang lebih muda akan mendapatkan diskon premi 5℅.

Untuk pembayaran premi tahunan akan mendapatkan diskon premi 10℅.

Uang pertanggungan Rp 25 juta s/d Rp 100 juta

Dapat menyertakan pasangan sebagai tertanggung. 

Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi website resminya berikut jagadiri.co.id.

Nah itu dia ulasan kami mengenai Rekomendasi Asuransi Jiwa Murah, Pilihan Proteksi Low Budget. Kamu tertarik yang mana? Untuk info lengkap dan detailnya kamu dapat mengunjungi laman resmi perusahaan asuransi masing-masing seperti diatas.