Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Asuransi Mikro: Premi Ringan Manfaatnya bikin Nyaman

Dari beberapa produk asuransi yang ada, asuransi mikro mungkin belum sepopuler asuransi lainnya. Lantas apa sih asuransi mikro itu sendiri? Apakah benar asuransi mikro fokus menyasar masyakat ekonomi kelas bawah? Daripada kamu bingung mending simak mengenai asuransi mikro ini hingga selesai ya.

Saat ini ada banyak ragam produk asuransi yang beredar, mulai dari asuransi jiwa, asuransi pendidikan, asuransi kesehatan, asuransi kendaraan, dan lain sebagainya. Setiap produk asuransi tersebut masing-masing terfokus pada satu objek tertentu saja. 

Dari 10 jenis produk asuransi itu tidak ada namanya asuransi mikro, kenapa ya? Karena memang saat ini asuransi mikro belum terlalu dikenal oleh masyarakat luas. Simak penjelasan berikut agar kamu dapat memahami apa sebenarnya itu asuransi mikro.

Pengertian Asuransi Mikro

manfaat asuransi mikro

Mengutip dari Buku Perasuransian 4 OJK mengenai pengertian apa itu asuransi mikro adalah sebagai berikut :

Asuransi mikro adalah produk asuransi yang diperuntukkan bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah yang sederhana secara fitur maupun administrasinya, mudah didapatkan, ekonomis harganya serta segera dalam penyelesaian pemberian santunan.

Orang yang dimaksud dengan masyarakat berpenghasilan rendah disini adalah masyarakat dengan penghasilan per bulan tidak lebih dari Rp 2.500.000 setiap bulannya.

Rumah tangga yang berpenghasilan rendah serta pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah sangat rentan terhadap resiko baik yang terkait dengan kesehatan, pertanian, properti, atau bahkan kematian. 

Risiko-risiko ini seringkali membawa implikasi finansial yang berat ketika individu, bisnis, dan rumah tangga berusaha untuk menanganinya. 

Asuransi mikro menyediakan sarana bagi rumah tangga miskin dan berpendapatan rendah untuk melindungi diri mereka sendiri dari dampak resiko.

Prinsip Asuransi Mikro

Asuransi mikro memiliki karakteristik yang sesuai dengan kemampuan masyarakat berpenghasilan rendah yaitu SMES :

1. Sederhana

Produk asuransi mikro memberikan manfaat perlindungan dasar atas resiko yang umum dihadapi oleh masyarakat berpenghasilan rendah. Selain itu produk asuransi ini memiliki polis, fitur, dan proses administrasi yang sederhana. 

2. Mudah Didapatkan

Produk asuransi mikro dapat diperoleh dibanyak tempat yang mudah dijangkau, misal di minimarket, kantor pos, pegadaian, kios-kios, kantor kepala desa, dan lain-lain. 

3. Ekonomis

Premi yang ditetapkan untuk produk asuransi ini terjangkau oleh masyarakat berpenghasilan rendah tetapi dengan manfaat asuransi yang optimal. 

4. Segera

Proses pembayaran santunan asuransi ini relatif singkat, yaitu tidak lebih dari 10 hari kerja setelah semua dokumen klaim asuransi diterima secara lengkap dan benar oleh perusahaan asuransi. 

Proses pembayaran santunan harus segera dilakukan setelah terjadinya resiko, jauh lebih cepat daripada proses pembayaran asuransi konvensional.

Bentuk-bentuk Asuransi Mikro

Asuransi mikro bukanlah lini produk tertentu dan terbatas pada jenis penyedia jasa asuransi tertentu, tetapi lebih kearah target pasarnya, yaitu masyarakat berpenghasilan rendah.

Pada dasarnya ada beberapa bentuk penawaran Asuransi mikro yang lazim diberikan, diantaranya:

Asuransi jiwa dengan manfaat antara lain santunan biaya pemakaman yang biasanya menelan biaya cukup tinggi dan pembayaran sisa pinjaman kepada lembaga keuangan penyedia pinjaman. 

Asuransi kerugian dengan manfaat antara lain santunan untuk pembangunan rumah pasca bencana alam dan penggantian kerugian akibat gagal panen yang disebabkan oleh bencana alam. 

Asuransi kesehatan dengan manfaat antara lain pembayaran biaya rumah sakit dan santunan tunai sebagai pengganti penghasilan akibat peserta sakit atau merawat anggota keluarga yang sakit.

Produk Asuransi Mikro

Jika kamu berminat memiliki asuransi ini, berikut ini adalah beberapa produk asuransi mikro yang bisa kamu miliki. 

1. Si Peci

Si Peci adalah salah satu produk asuransi jiwa yang memberikan santunan suka kepada ahli waris yaitu sebesar Rp 5.000.000 apabila tertanggung meninggal dunia karena sakit dan Rp 25.000.000 apabila tertanggung meninggal dunia karena kecelakaan.

2. Si Bijak

Si Bijak merupakan produk asuransi mikro syariah yang memberikan beberapa jaminan pertanggungan, antara lain :

  • Jaminan terhadap resiko meninggal dunia karena sakit
  • Santunan pemakaman pada tertanggung yang meninggal dunia karena sakit
  • Meninggal dunia karena kecelakaan dan hilangnya penghasilan karena musibah kebakaran
  • Bencana alam
  • Pencurian
  • Perampokan terhadap rumah tempat tinggal, atau kios maupun gerobak usaha yang diasuransikan dalam masa kepesertaan. 

3. Warisanku

Asuransi ini akan memberikan jaminan terhadap resiko meninggal dunia akibat kecelakaan dengan uang santunan duka sebesar Rp 10.000.000 yang diperuntukkan bagi ahli waris, ditambah dengan biaya pemakaman sebesar Rp 500.000 bagi tertanggung yang meninggal dunia karena sakit. 

4. Rumahku

Jenis asuransi mikro yang satu ini merupakan asuransi yang akan memberikan perlindungan untuk bangunan tempat tinggal dan bangunan usaha mikro terhadap risiko-risiko kerusakan yang terjadi akibat kebakaran, ledakan petir, kejatuhan pesawat, asap, dan meninggal dunia. 

Santunan kebakaran akan diberikan sebesar Rp 5.000.000 untuk pemilik bangunan, Rp 500.000 untuk penyewa bangunan, dan santunan duka sebesar Rp 5.000.000 untuk ahli waris. 

5. Stop Usaha Erupsi

Asuransi ini akan memberikan perlindungan terhadap beberapa objek sekaligus, antara lain:

Tempat usaha berupa kios, warung, lapak, gerobak, bakulan, sepeda, sepeda motor, bahkan sampan. 

Modal usaha atau isi dari tempat usaha diatas, berupa perlengkapan usaha atau produk, terhadap resiko kerusakan akibat kebakaran, ledakan petir, kejatuhan pesawat, asap, kerusuhan, tertabrak kendaraan, dan letusan gunung berapi (erupsi). 

6. Stop Usaha Gempa Tsunami

Jenis asuransi ini adalah berupa jaminan asuransi yang memberikan jaminan untuk objek-objek tertentu, misalnya:

Tempat usaha berupa kios, warung, lapak, gerobak, bakulan, sepeda, sepeda motor, bahkan sampan. 

Modal usaha atau isi dari tempat usaha diatas, berupa perlengkapan usaha atau produk, terhadap resiko kerusakan akibat kebakaran, ledakan petir, kejatuhan pesawat, asap, kerusuhan, tertabrak kendaraan, gempa bumi, dan tsunami.

Manfaat Asuransi Mikro

Tujuan awal diluncurkannya produk asuransi ini adalah memberikan manfaat perlindungan dasar atas satu jenis atau lebih resiko yang dihadapi masyarakat berpenghasilan rendah. 

Namun walaupun begitu salah satu keunggulan dari asuransi mikro ini adalah sifatnya yang segera mulai dari pembelian produk, masa tunggu, dan pembayaran klaim semua harus tertangani segera mungkin namun tetap sesuai dengan prosedur yang berlaku. 

Asuransi mikro ini saat ini cukup mudah dibeli karena pemasarannya sudah cukup beragam. Mudahnya lagi, sejumlah platform keuangan sampai menggandeng dompet digital untuk memudahkan pembelian asuransi ini. Keutamaan lain dari asuransi ini adalah tidak membutuhkan pemeriksaan kesehatan. 

Meskipun harganya yang relatif terjangkau, kita harus selalu ingat untuk selalu tepat waktu membayar premi asuransi. Walaupun tidak ada denda, tetapi kita tidak akan mendapatkan perlindungan apapun sebelum melunasinya. 

Selain daripada itu, dikarenakan masa berlakunya yang relatif singkat, ada baiknya kita mencatat masa berlaku produk asuransi tersebut agar tidak terlewat ketika suatu saat nanti ingin mengajukan santunan. 

Demikianlah ulasan mengenai Mengenal Asuransi Mikro: Premi Ringan Manfaatnya bikin Nyaman, semoga ulasan singkat ini dapat menjadi wawasan serta sumber referensi bagi kita yang berniat melindungi diri dan properti. 

Memiliki penghasilan yang rendah bukan berarti kita kita tidak mampu untuk memproteksi diri dan keluarga, semua ada caranya tergantung dengan niat kita. 

Apakah anda tertarik untuk memiliki asuransi ini?