Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Cara Terbaik Bebas Dari Hutang, Hutang Lunas Beban Lepas

Meskipun kita semua membenci hutang, kebanyakan orang harus mengakui bahwa mereka memiliki hutang atau pernah memilikinya pada suatu waktu. Kartu kredit, pinjaman pelajar, catatan mobil, cerukan, pinjaman pribadi, hipotek, dll adalah sebagian contohnya. 

Sangat mudah untuk kewalahan dengan begitu banyak tagihan yang harus dibayar, tetapi kabar baiknya adalah dengan mengubah kebiasaan belanja dan memprioritaskan kembali keuangan Anda, Anda dapat mempelajari cara terbaik untuk keluar dari hutang dan memiliki ketenangan pikiran. Di bawah ini adalah langkah-langkah yang diharapkan akan membantu Anda dalam perjalanan Anda menjadi bebas hutang.

11 Cara Terbaik Bebas Dari Hutang, Hutang Lunas Beban Lepas

cara bebas dari hutang

1. Bersikap radikal dalam melunasi hutang Anda

Buatlah komitmen mental untuk melunasi hutang Anda secepat mungkin; Anggap saja sebagai masalah "kritis" - Anda membutuhkannya dari hidup Anda dengan cepat, dan dalam keadaan apa pun Anda tidak boleh mengajukan permohonan untuk kartu kredit baru.

Ini semua tentang memperbaiki pola pikir Anda, dan Anda dapat melakukan ini dengan mengelilingi diri Anda dengan orang-orang dan hal-hal yang akan membuat Anda tetap fokus dan termotivasi, bahkan pada hari-hari sulit. Membaca buku, menonton video (ada banyak sekali yang bagus di YouTube), mendengarkan podcast, dll. Mendapatkan pola pikir tentang uang yang benar adalah dasar untuk keluar dari hutang.

2. Tuliskan semua hutang Anda

Representasi visual dari hutang Anda adalah langkah paling penting. Ini akan memberi Anda gambaran umum tentang semua hutang Anda di satu tempat. Kumpulkan semua laporan kartu kredit, laporan pinjaman,dll. Dan tuliskan jumlah terutang Anda untuk masing-masing item ini bersama dengan tingkat suku bunga yang terkait. Pada titik ini, penting juga untuk membedakan antara utang lancar dan utang buruk.

Contoh utang lancar adalah hipotek. Rumah adalah aset yang dapat menghargai nilainya dalam jangka panjang meskipun pasar real estat sedang naik turun. Paling tidak, jika Anda melunasi hipotek Anda, Anda pada akhirnya akan memiliki rumah Anda sendiri.

Contoh hutang buruk adalah kartu kredit Anda; ini adalah kewajiban. Anda telah menghabiskan uang dan uang itu hilang. Namun, Anda dibiarkan membayar bunga tinggi pada barang yang mungkin tidak berguna bagi Anda. Ingatlah, bagaimanapun, bahwa hutang tetaplah hutang; Anda hanya memprioritaskan dengan memindahkan utang lancar ke bagian bawah daftar pembayaran Anda dan menempatkan utang buruk di bagian atas daftar itu.

3. Dapatkan anggaran

Kunci untuk tetap mengawasi keuangan Anda dan benar-benar mencapai kesuksesan finansial adalah hidup sesuai anggaran. Ini jelas merupakan dasar untuk mencapai tujuan keuangan Anda. Banyak orang membenci kata anggaran, tetapi kata itu akan membuat Anda tetap terkendali dengan membantu Anda memantau pengeluaran Anda. Ada banyak alat bantuan untuk membuat anggaran otomatis. Namun, lembar excel sederhana sudah cukup. Menganggarkan uang Anda sangat penting dan cara terbaik untuk menghilangkan hutang.

4. Letakkan daftar hutang Anda di tempat yang bisa Anda lihat setiap hari

Tidak ada yang seperti kejutan kembali ke kenyataan ketika Anda bersiap-siap untuk pergi keluar dan membeli sepatu platform terbaru, dan Anda memiliki hutang yang terbelalak tepat di depan wajah Anda di cermin kamar mandi Anda. Atau simpan di screensaver ponsel yang akan Anda lihat setiap kali Anda perlu melakukan panggilan atau membalas teks.

Mencantumkan utang Anda di tempat yang dapat Anda lihat setiap hari akan membuat pikiran Anda tetap pada jalurnya. Anda juga dapat membuat papan visi keuangan untuk membantu Anda mencapai keinginan bebas hutang .

5. Gunting kartu kredit itu

Jadi sekarang Anda memiliki daftar Anda yang ditulis dan diposting di tempat yang akan Anda lihat sepanjang waktu. Mengapa kartu kredit itu masih ada di dompet Anda? Anda tidak membutuhkannya. Jika Anda tidak tahan untuk memotongnya, masukkan ke dalam kantong plastik, isi dengan air dan masukkan kantong itu ke dalam freezer sampai Anda telah melunasinya, jangan pernah digunakan lagi.

6. Mulailah melunasi hutang Anda

Langkah selanjutnya dan paling penting adalah Anda berkomitmen untuk melunasi hutang Anda - ini kembali menjadi radikal! Raih daftar itu dan mulailah melunasi hutang Anda - lihat metode bola salju. Di sinilah Anda melunasi hutang dengan saldo terkecil terlebih dahulu, menempatkan sebanyak yang Anda bisa untuk itu melebihi pembayaran minimum Anda. Anda akan membayar minimum untuk semua hutang Anda yang lain sampai hutang terkecil lunas. Setelah selesai, Anda akan mengulangi prosesnya dengan hutang terkecil berikutnya.

Sangat penting bagi Anda untuk membayar lebih dari pembayaran minimum setiap bulan karena pembayaran minimum biasanya hanya menutupi bunga yang Anda pinjam dan sedikit atau tidak ada pokok pinjaman. Tujuan Anda adalah membayar sebanyak mungkin untuk melunasi hutang Anda secepat mungkin.

7. Buat dana darurat

Banyak orang berpikir hutang harus dilunasi sebelum tabungan dimulai karena Anda mungkin juga menggunakan uang yang Anda simpan untuk melunasi kartu kredit berbunga tinggi Anda, tetapi saya tidak setuju.

Saya sangat yakin bahwa saat Anda melunasi hutang, Anda juga harus mulai membangun dana darurat kecil. Jika ada sesuatu yang muncul, alih-alih beralih ke kartu kredit dan meningkatkan hutang Anda lagi, Anda dapat beralih ke tabungan Anda untuk menangani keadaan darurat Anda.

8. Konsolidasi hutang Anda

Jika Anda membayar dengan bunga tinggi, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk mengkonsolidasikan hutang anda menjadi pinjaman dengan suku bunga yang lebih rendah. Anda dapat menghemat bunga ratusan hingga ribuan dolar jika Anda mengkonsolidasikan utang Anda dengan cara yang benar. 

Konsolidasi hutang Anda menjadi pinjaman berbunga rendah bisa menjadi cara terbaik untuk menghilangkannya dengan cepat.

9. Batasi pengeluaran Anda

Sangat mudah untuk menghabiskan uang sembarangan dalam masyarakat saat ini. Cara terbaik untuk keluar dari hutang adalah dengan mengekang pengeluaran Anda. Hal ini mencegah timbulnya hutang baru, dan Anda dapat menggunakan uang pembelian impulsif itu untuk membayar hutang Anda.

10. Hiduplah di bawah kemampuan Anda

Gaya hidup sederhana ini bisa menjadi cara terbaik untuk keluar dari hutang. Hidup di bawah kemampuan Anda dapat membantu Anda menabung untuk membangun rekening tabungan darurat dan menjadi cara terbaik untuk menghilangkan hutang dengan cepat. Mengambil pendekatan hemat untuk pengeluaran Anda dengan memberi kupon, membeli barang bekas, bukan barang baru, tetap berpegang pada daftar belanjaan Anda, dan mencegah pembelian impulsif dapat membantu Anda hidup di bawah kemampuan Anda dan keluar dari hutang dengan lebih mudah.

11. Mulailah pekerjaan sampingan

Kunci untuk menjadi bebas hutang adalah meningkatkan penghasilan Anda. Cara terbaik untuk keluar dari hutang adalah dengan meningkatkan penghasilan Anda dengan memulai pekerjaan sampingan.

Jangan terlalu keras pada diri sendiri. Ingat, Anda sekarang memiliki rencana tindakan.

Pastikan Anda membedakan antara keinginan dan kebutuhan Anda dan memprioritaskan alokasi kas Anda dalam anggaran sesuai dengan itu;

Sementara Anda melunasi hutang Anda, pembelian barang-barang yang tidak penting harus ditunda sebanyak mungkin. Tidak apa-apa memperlakukan diri sendiri (dalam alasan) sesekali saat Anda memenuhi tujuan pembayaran - ini semua tentang menjaga diri Anda tetap termotivasi.

Jangan lupa menyisihkan uang untuk dana darurat awal Anda, meskipun Anda hanya mampu membeli dalam jumlah kecil. Hal terakhir yang ingin Anda lakukan adalah berhutang lebih banyak jika muncul situasi yang tidak direncanakan.

Ingat, ini semua tentang menyesuaikan pola pikir Anda dan mengerjakan rencana Anda. Anda punya ini!

Semoga bermanfaat...