Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

18 Tips Bagaimana Mengelola Uang Anda Dengan Benar

Meskipun uang tidak bisa membelikan Anda kebahagiaan, tetapi itu bisa mendatangkan rasa aman. Tanpa manajemen dalam pengelolaan uang yang baik, Anda mungkin selalu merasa hidup Anda selangkah lagi dari jurang finansial.

Saat Anda mengelola keuangan dengan baik, hidup mungkin tidak menjadi lebih mudah akan tetapi Anda memiliki lebih banyak waktu untuk fokus pada hal-hal penting dalam hidup Anda.

Untungnya tidak terlalu sulit untuk mengatur keuangan Anda. Mari pahami cara mengelola uang Anda dengan cara yang benar.

18 Tips Bagaimana Mengelola Uang Anda Dengan Benar

cara mengelola uang dengan benar

Mengelola keuangan Anda itu tidak perlu membuat Anda kewalahan. Sebaliknya, terapkan tips berikut ini satu per satu untuk mengendalikan keuangan Anda.

1. Siapkan rekening bank yang benar

Rekening bank yang tepat sangat penting untuk kesuksesan finansial Anda. Mencoba mengelola keuangan Anda tanpa rekening bank yang tepat mirip dengan mencoba merawat mobil Anda tanpa suku cadang yang tepat.

Anda harus menyiapkan 3 rekening yaitu rekening giro, tabungan, dan investasi. Ini adalah pondasi bangunan kesuksesan finansial.

Penting untuk memiliki dan memisahkan antara rekening giro dan tabungan sehingga Anda dapat dengan mudah memisahkan uang belanja Anda dari tabungan jangka panjang. Menumpuk tabungan Anda di rekening giro membuat terlalu mudah untuk secara tidak sengaja membelanjakan tabungan hasil jerih payah Anda.

2. Perhatikan situasi keuangan Anda saat ini

Meskipun mungkin menakutkan, Anda tidak dapat memperbaiki situasi keuangan Anda kecuali Anda memperhatikan situasi anda mulai dari saat ini. 

Jujurlah dengan sejujurnya ​​pada diri Anda sendiri tentang hutang yang belum dilunasi atau pengeluaran tinggi yang mengganggu anggaran Anda. Berikan penghargaan pada pilihan keuangan Anda yang baik. Tuliskan semuanya sehingga Anda dapat melihat gambarannya secara keseluruhan. 

3. Buatlah rencana untuk uang Anda

Tanpa rencana keuangan, sangat mudah untuk menemukan diri Anda kekurangan uang. Lagipula, manjakanlah diri Anda dengan logika mudah untuk diterima. Jika Anda mengatakan ya untuk terlalu banyak pengeluaran yang tidak perlu, Anda mungkin akan kecewa dengan tabungan Anda.

Untuk mengatasi hal ini, luangkanlah waktu untuk membuat anggaran. Rencanakan dimana saja Anda ingin menggunakan uang Anda. Selain pengeluaran sehari-hari Anda, pikirkan tentang tujuan tabungan Anda di masa depan nanti. Anda juga harus menemukan metode penganggaran yang sesuai untuk keuangan Anda.

4. Tetapkan tujuan keuangan

Jika Anda menjadi serius tentang uang Anda, maka menetapkan tujuan keuangan adalah ide yang bagus. 

Pikirkan tentang di mana yang Anda inginkan secara finansial. Tidak ada jawaban yang salah tetapi Anda hanya perlu meluangkan waktu sebentar untuk memikirkan rencana Anda dan bagaimana faktor keuangan di dalamnya.

Setelah Anda mengetahui bagaimana uang akan berperan dalam hidup Anda, buatlah tujuan yang jelas dan spesifik untuk keuangan Anda.

5. Periksa keuangan Anda setiap hari

Anda tidak dapat membuat kemajuan tanpa mengetahui dimana posisi Anda. Luangkan waktu lima menit saja setiap hari untuk memeriksa anggaran Anda.

Apakah Anda mengeluarkan uang secara berlebihan? Apakah Anda sudah benar di jalur yang benar? Penting untuk Anda ketahui.

Mungkin terdengar membosankan ya untuk memeriksa situasi keuangan Anda setiap hari. Namun, ini tidak memerlukan waktu yang lama. Gunakan aplikasi atau spreadsheet untuk dengan cepat menentukan bagaimana Anda melakukan keuangan hari ini dan kembali ke kehidupan Anda.

6. Kelola pengeluaran Anda

Saat Anda mulai melihat lebih dekat pada keuangan Anda, maka lihatlah pengeluaran anda. 

Carilah pengeluaran mana yang dapat Anda potong dari anggaran bulanan Anda. Bahkan memotong pengeluaran yang tidak perlu hanya sebesar 20 ribu dari anggaran Anda dapat menghasilkan penghematan sebesar 240 ribu untuk tahun tersebut.

Beberapa ide sederhana tentang hal-hal yang perlu Anda potong mungkin termasuk makan siang di kantor, langganan paket wifi, atau paket TV kabel Anda.

7. Lihat penghasilan Anda

Ini mungkin terlihat jelas, tetapi penting untuk memahami dengan tepat apa yang Anda peroleh. Luangkan waktu sebentar saja untuk menentukan pendapatan bersih Anda setelah pajak, bukan hanya pendapatan kotor Anda . Anda akan lebih dapat membuat anggaran secara akurat dengan point ini.

Jika Anda kecewa dengan total pendapatan Anda, maka pertimbangkanlah untuk mengambil pekerjaan sampingan. Pekerjaan yang menguntungkan dari rumah dapat dimasukan ke dalam jadwal Anda dan membantu meningkatkan keuangan Anda secara dramatis.

Cara lain untuk meningkatkan penghasilan Anda adalah dengan cara menegosiasikan gaji Anda pada tempat dimana Anda bekerja. Jangan takut untuk mendekati pimpinan Anda tentunya dengan data yang bisa mendukung permintaan kenaikan gaji Anda. Anda tidak pernah tahu apa yang bisa mereka tawarkan kepada Anda.

8. Mulailah membayar hutang

Hutang merupakan beban finansial yang sangat besar. Tidak hanya mempengaruhi anggaran Anda saat ini, tetapi juga pada tabungan Anda untuk masa depan.

Tanggapi hutang Anda dengan serius dan jadikanlah prioritas untuk membayar hutang Anda. Pertimbangkan berbagai strategi pembayaran utang dan pilih salah satu yang paling sesuai bagi Anda.

Jangan biarkan hutang menghalangi Anda dan tujuan-tujuan keuangan lainnya. Buatlah rencana untuk mengatasinya hari ini.

9. Pahami nilai kredit Anda

Skor kredit Anda adalah harus angka tiga digit yang dapat berdampak besar pada keuangan Anda. Pemberi pinjaman bersedia menawarkan peminjam dengan nilai kredit yang tinggi persyaratan pinjaman yang lebih baik dan suku bunga yang lebih rendah.

Saat Anda mengajukan pinjaman besar seperti hipotek, penurunan suku bunga kecil dapat menghemat cukup lumayan.

Segera ambil tindakan untuk meningkatkan nilai kredit anda. Mulailah dengan menarik laporan kredit Anda untuk memeriksa kesalahan dan gunakan layanan pemantauan kredit untuk mencegah kesalahan di masa yang akan datang. Cara lain untuk meningkatkan nilai kredit Anda adalah melakukan pembayaran tepat waktu dan menjaga tingkat pemanfaatan kredit Anda tetap rendah.

Akun pembangun kredit yang baik adalah dapat membantu Anda membangun kembali kredit Anda dan juga membantu Anda menghindari hutang baru!

10. Bangun dana darurat

Dana darurat bisa jadi sangat penting. Sayangnya, hidup membuang banyak biaya di saat Anda tidak menduganya. Biasanya biaya darurat ini disertai dengan kejadian yang tidak menyenangkan seperti masuk rumah sakit atau kehilangan pekerjaan. Anda tidak pernah tahu kapan keadaan darurat akan terjadi dalam hidup Anda, tetapi Anda dapat mempersiapkannya.

Prioritaskan untuk memasukkan anggaran ke dalam dana darurat Anda dengan setiap gaji. Banyak ahli keuangan merekomendasikan untuk menyimpan tiga hingga enam bulan biaya bulanan dalam dana darurat Anda. Namun, ini semua tergantung pada toleransi risiko Anda. Jika Anda merasa lebih baik dengan lebih banyak tabungan, maka Anda dapat menambahkan lebih banyak lagi dana darurat Anda.

Siapkan rekening tabungan tambahan untuk menyimpan dana darurat Anda. Kalau tidak, terlalu mudah membelanjakan dana darurat ini.

Ketika keadaan darurat melanda, Anda tidak perlu bingung tentang sisi finansial dari persamaan tersebut. Sebaliknya, Anda tetap dapat fokus pada keadaan darurat yang ada. Anda akan berterima kasih kepada diri Anda sendiri nanti karena telah mengambil langkah ini.

11. Rencanakan pengeluaran besar

Meskipun beberapa pengeluaran tidak dapat diprediksi, Anda dapat merencanakan pengeluaran lain jauh-jauh hari sebelumnya.

Misalnya, Anda mungkin perlu membayar asuransi pada satu waktu yang mungkin menelan biaya jutaan. Alih-alih mencari dana untuk membayar tagihan itu, buatlah sinking fund (dana cadangan). 

Anda dapat menyimpan pada setiap gajian untuk tagihan besar ini untuk memastikan Anda memiliki cukup uang untuk menutupinya. Di sinilah penganggaran keuangan sangat berguna. Anda akan dapat menambahkan dana pelepasan ini ke anggaran Anda dan tidak perlu khawatir tentang pengeluaran besar yang akan datang.

12. Belanja di sekitar untuk pembelian besar

Saat berbelanja untuk pembelian besar, pastikan untuk berbelanja di sekitar Anda. Meskipun butuh investasi waktu, Anda bisa bertahan untuk menghemat ribuan.

13. Berkontribusi untuk masa pensiun Anda

Menabung untuk masa pensiun sekarang tampaknya tidak begitu perlu. Bagaimanapun, Anda tidak akan pensiun selama beberapa dekade.

Namun, sangatlah penting bagi Anda untuk mulai menabung untuk masa pensiun sedari sedini mungkin. Paling tidak, Anda harus mulai berkontribusi pada rencana pensiun yang disponsori pemberi kerja Anda. Pastikan untuk memanfaatkan dana pendamping yang ditawarkan oleh perusahaan dimana Anda bekerja. 

Berikan kontribusi dengan setiap gaji untuk mencapai tujuan tabungan pensiun Anda pada setiap tahun.

14. Mulailah berinvestasi

Jika Anda berencana untuk membangun kekayaan jangka panjang, maka investasi adalah bagian kuncinya. Berinvestasi dalam jangka waktu yang lama dapat menghasilkan keuntungan yang luar biasa nantinya. Anda akan dapat menumbuhkan uang Anda secara perlahan saat Anda berinvestasi lebih banyak pada setiap tahunnya.

15. Bandingkan opsi asuransi

Asuransi bisa saja mahal, terutama jika Anda diasuransikan dengan benar. Lihat pilihan asuransi Anda setidaknya setahun sekali. Anda mungkin dapat menemukan kesepakatan yang lebih baik tentang asuransi hanya dengan melihat penyedia yang lainnya.

Saat Anda melihat asuransi, luangkan waktu sebentar untuk memastikan bahwa Anda harus memiliki asuransi yang memadai. Selain dasar-dasar seperti perawatan kesehatan dan asuransi mobil Anda. Pertimbangkan asuransi pemilik rumah, asuransi jiwa, dan asuransi cacat tubuh. Anda mungkin perlu menambahkan polis tambahan ke daftar asuransi Anda untuk meningkatkan perlindungan Anda.

16. Temukan alasan Anda

Menjaga manajemen keuangan Anda akan membutuhkan banyak waktu dan usaha. Pada titik tertentu, bisa saja Anda mungkin merasa ingin menyerah. Itu adalah perasaan yang sepenuhnya di alami.

Cara terbaik untuk menghindari kehabisan uang adalah dengan menemukan alasan Anda. Mengapa Anda memilih untuk mempelajari tentang cara mengelola uang Anda? Mengapa Anda mengambil tindakan untuk menempatkan diri pada posisi keuangan yang lebih baik?

Beberapa alasan umum termasuk menghilangkan hutang yang menindas, menjadi mandiri secara finansial, dan menghabiskan lebih banyak waktu untuk hal-hal yang membuat Anda lebih bersemangat.

Apapun alasan Anda, pastikan bahwa Anda memilikinya. Luangkan waktu sebentar untuk memahami apa alasan Anda. Lebih dari cuma sekadar menginginkan lebih banyak uang untuk memahami mengapa Anda menginginkan lebih banyak uang.

17. Bangun pengetahuan Anda

Semakin banyak Anda tahu tentang keuangan pribadi, itu semakin baik. Serius, lebih banyak pengetahuan tentang keuangan pribadi tidak akan pernah merugikan Anda nantinya. Anda dapat menggunakan informasi baru yang Anda pelajari untuk membuat penyesuaian pada keuangan pribadi Anda saat ini. 

18. Memberi kembali (sedekah) 

Ketika Anda mulai mengendalikan keuangan Anda, inilah saatnya untuk memberi kembali kepada yang membutuhkan. Menyisihkan sebagian waktu atau uang untuk berdonasi dapat membantu Anda memberikan pengaruh di mana pun Anda mau.

Mengelola keuangan Anda dengan baik dan benar berarti Anda akan dapat mengalokasikan lebih banyak waktu dan uang untuk hal-hal yang Anda pedulikan. Bahkan jika Anda hanya dapat membantu menyebarkan pengetahuan baru Anda tentang keuangan pribadi, itu bisa menjadi hadiah yang berharga bagi seseorang yang membutuhkan uluran tangan Anda.

Segera ambil tindakan

Mengelola keuangan Anda tidak perlu sulit, tetapi Anda harus segera memulainya. Jangan biarkan keuangan Anda lepas kendali, sebelum Anda mulai mengelolanya dengan serius. Tindakan kecil di sepanjang jalan dapat mencegah bencana keuangan besar di masa yang akan datang.

Buatlah pilihan untuk mulai mengelola keuangan Anda secara efektif mulai hari ini. Terapkan setiap tips-tips ini dari waktu ke waktu. Jangan biarkan diri Anda kewalahan, lakukan saja selangkah demi selangkah saja.

Ingatlah, Anda benar-benar dapat mengelola keuangan Anda secara efektif. Hanya memerlukan sedikit waktu dan upaya untuk mengendalikan uang Anda.

Semoga bermanfaat...