Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Membuat Anggaran agar Keuangan Lebih Terarah

Suka atau tidak suka, jika Anda ingin sukses secara finansial, Anda perlu menganggarkan uang Anda. Mengatur keuangan Anda dan membangun kekayaan membutuhkan perencanaan, dan anggaran Anda dapat membantu Anda melakukannya.

Saya pribadi lebih suka kata "rencana" daripada kata "anggaran" karena tidak terdengar terlalu membatasi. Tetapi memiliki anggaran yang dipecah menjadi kategori anggaran dalam beberapa bentuk sangat penting untuk kesuksesan finansial Anda. Pernah mendengar pepatah “gagal merencanakan itu seperti berencana untuk gagal”? Jika tidak berencana, Anda tidak bisa menang.

Proses penganggaran tidak harus sulit atau rumit. Anda hanya perlu membuat sistem yang sesuai untuk Anda. Dan ini berarti metode anggaran dan kategori anggaran yang tepat. Dalam posting blog ini, Anda akan mempelajari semua tentang penganggaran dan bagaimana Anda bisa menang!

Bagaimana Membuat Anggaran agar Keuangan Lebih Terarah

cara mengatur keuangan

Menemukan Metode Anggaran yang Tepat  untuk Anda

Ada beberapa alasan yang cukup kuat mengapa Anda harus membuat anggaran. Ini membantu menjaga pengeluaran Anda tetap terkendali, melacak pengeluaran Anda, dan mengajari Anda untuk mengontrol uang Anda - dan tidak membuatnya mengendalikan Anda! Ini adalah langkah pertama dalam membantu Anda membangun kekayaan. 

Memiliki anggaran memungkinkan Anda menikmati hidup tanpa stres bagaimana membayarnya nanti. Karena “nanti” jarang datang. Membayar untuk hal-hal di masa sekarang dan bukan masa depan memungkinkan Anda untuk benar-benar menikmati diri sendiri dan menjalani kehidupan yang Anda inginkan. Bayangkan apa yang bisa Anda capai dengan sedikit perencanaan.

Orang-orang sering kali membiarkan emosi mereka mengaburkan penilaian mereka ketika menyangkut perencanaan keuangan mereka, tetapi jika Anda melihat uang Anda secara objektif untuk apa sebenarnya itu, sebuah alat, maka lebih mudah untuk membuat rencana Anda! Setelah Anda memutuskan apa prioritas Anda, anggaran Anda harus mencerminkannya.

Jadi, bagaimana Anda membuat anggaran? Ada berbagai cara untuk menganggarkan dan membuat kategori anggaran. Metode yang Anda pilih sepenuhnya terserah Anda; bagian terpenting adalah memilih gaya yang cocok untuk hidup Anda. Percayalah, bahkan jika Anda saat ini membenci penganggaran, ada gaya di luar sana untuk Anda!

Menemukan apa yang berhasil untuk Anda adalah langkah terpenting karena tidak semua otak memproses informasi dengan cara yang sama. Anda mungkin menyukai salah satu metode ini atau campuran dari beberapa di antaranya.

Yang paling penting adalah melakukannya. Jika salah satu tidak berhasil, coba yang lain. Berikut empat metode anggaran yang berbeda yang dapat Anda coba.

Metode Anggaran #1 - Penganggaran dengan amplop atau sistem kas

Sistem penganggaran berbasis uang tunai ini sederhana. Kurangi pengeluaran Anda dari pendapatan Anda dan masukkan jumlah setiap pengeluaran ke dalam amplopnya sendiri. Amplop ini adalah kategori Anda.

Menggunakan uang tunai juga dapat mempermudah anggaran Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa Anda membelanjakan rata-rata 15-20% lebih sedikit saat menggunakan uang tunai. Tetapi Anda tidak harus menggunakan uang tunai untuk semua pengeluaran Anda saat menggunakan sistem amplop. Anda dapat menyimpan uang untuk tagihan besar Anda dalam amplop virtual yang Anda lacak melalui lembar kerja anggaran atau aplikasi. Kemudian, masukkan uang tunai aktual untuk pengeluaran Anda yang lebih kecil atau transaksi sehari-hari ke dalam amplop fisik yang sebenarnya.

Sistem amplop tunai bekerja paling baik untuk kategori yang biasanya Anda berbelanja terlalu banyak. Jadi, hal-hal seperti pakaian, makanan, makan di luar, kesenangan, pengeluaran anak-anak, dll. Jangan membuatnya terlalu rumit atau akan sulit diikuti dan dipatuhi. 

Metode Anggaran #2 - Penganggaran dengan menggunakan pembagian persentase

Cara lain untuk melihat anggaran Anda adalah dengan memecah pendapatan rumah tangga Anda menjadi persentase, kemudian merencanakan pengeluaran dan tabungan Anda sesuai dengan itu. Rincian persentase yang paling umum adalah 50/30/20 . Artinya:

Tidak lebih dari 50% pendapatan Anda digunakan untuk kebutuhan dan kebutuhan Anda (seperti perumahan, transportasi, makanan, dll.)

Tidak lebih dari 30% pendapatan Anda digunakan untuk kebutuhan dan hal-hal yang tidak penting (bepergian, menata rambut, berbelanja, dll.)

Setidaknya 20% dari pendapatan Anda digunakan untuk tabungan dan pembayaran hutang.

Ingatlah bahwa persentase ini tidak ditetapkan secara pasti. Ingatlah ini adalah anggaran ANDA dan dapat memilih untuk membelanjakan lebih sedikit pada satu kategori untuk dimasukkan lebih banyak di kategori lain, seperti tabungan atau pembayaran kembali hutang . Jadi, misalnya, Anda dapat memilih penembusan 35/30/35, penembusan 35/35/40, atau bahkan penembusan 25/25/50. Sasarannya adalah menetapkan pembagian persentase yang masuk akal bagi Anda.

Berhati-hatilah dengan berapa banyak pendapatan yang Anda keluarkan untuk perumahan saja. Aturan praktis yang baik adalah menjaga biaya perumahan Anda kurang dari 30% dari pendapatan Anda. Jika tidak, Anda tidak akan bisa menaruh uang sebanyak itu untuk tujuan Anda yang lain, seperti menabung dan berinvestasi atau menjadi bebas hutang.

Sangat membantu untuk mempertahankan lembar kerja anggaran untuk metode ini juga. Menggunakan templat anggaran atau lembar kerja (dapatkan dari kami di atas!) Sangat membantu untuk melihat ke mana perginya uang Anda. Ini dapat membantu Anda membuat anggaran lebih mudah dari bulan ke bulan.

Metode Anggaran # 3 - Pendekatan dengan penganggaran terbalik

Sesuai dengan namanya, reverse budgeting adalah kebalikan dari kebanyakan metode anggaran di mana Anda mengurangi pengeluaran Anda dari pendapatan bulanan Anda.

Dalam metode penganggaran ini, Anda fokus pada satu tujuan , seperti melunasi sejumlah hutang atau menabung sejumlah uang setiap bulan, selain membayar tagihan Anda. Kemudian, selama Anda memenuhi target bulanan dan membayar tagihan tanpa melebihi penghasilan Anda, Anda dapat melakukan apa pun yang Anda suka dengan sisa uang yang Anda miliki.

Metode Anggaran #4 - Penganggaran dengan berbasis nol

Bentuk lain dari anggaran adalah penganggaran berbasis nol. Ini adalah metode yang dianjurkan oleh Dave Ramsey. Pada dasarnya, anggaran berbasis nol merencanakan setiap dolar dalam anggaran Anda. Jadi, alih-alih memiliki sisa $ X di akhir bulan, Anda memiliki sisa $ 0 (di atas kertas). Ketika Anda merencanakan anggaran Anda, Anda memperhitungkan semua yang dapat Anda pikirkan dalam anggaran sehingga setiap dolar memiliki pekerjaan.

Anda tidak akan benar-benar memiliki nol dolar di akhir bulan karena Anda telah memperhitungkan dana tabungan yang berbeda dalam anggaran. Cara ini efektif karena membuat Anda sengaja dengan setiap dolar sehingga apa yang "tersisa" tidak hilang setiap bulan.

Kategori Anggaran yang akan Digunakan

Agar perencanaan berhasil, Anda perlu memahami ke mana perginya uang Anda setiap bulan. Hanya dengan begitu Anda dapat membuat rencana untuk membantu Anda mengontrol pengeluaran Anda. Di sinilah kategori anggaran berperan. Anda dapat membagi anggaran bulanan Anda menjadi empat kategori anggaran:

Kategori Anggaran #1 - Uang untuk diri Anda di masa depan, dana darurat, dan hutang

Pernah mendengar kata " bayar dirimu dulu "? Ini harus menjadi bagian yang konsisten dari rencana apa pun yang Anda buat. Sebelum Anda membayar tagihan atau berbelanja, sebagian dari penghasilan Anda harus dialihkan ke rekening pensiun Anda untuk diri Anda di masa depan dan rekening tabungan darurat Anda untuk hari-hari hujan. Tidak jika, tidak mungkin. Lakukan saja.

Waktu berlalu begitu cepat dan perencanaan untuk versi masa depan Anda akan memastikan bahwa Anda dapat menikmati masa pensiun Anda dan tidak harus bergantung pada pemerintah atau anak-anak Anda untuk mengasuh Anda.

Memiliki dana darurat juga akan memberi Anda penyangga jika terjadi hari hujan sehingga Anda dapat mengandalkan tabungan darurat Anda alih-alih kartu kredit atau hutang lainnya.

Anda juga dapat memasukkan uang untuk melunasi hutang yang Anda miliki dalam kategori ini atau menambahkannya sebagai subkategori (mis. Hutang kartu kredit, pinjaman mobil, pinjaman pelajar, dll.) Karena sangatlah penting bagi Anda untuk melunasi hutang Anda sebagai secepat mungkin agar Anda bisa fokus membangun kekayaan.

Kategori anggaran #2 - Esensi dan kebutuhan Anda

Berikutnya adalah hal penting dan kebutuhan Anda - hal-hal yang Anda butuhkan untuk menjalani hidup Anda. Ini tidak termasuk uang untuk berbelanja atau merapikan kuku - itu tidak penting.

Ini untuk hal-hal seperti biaya perumahan (hipotek atau sewa), transportasi, dan makanan.

Kategori anggaran #3 - Uang dan tujuan hidup Anda yang lain

Ini termasuk uang yang Anda tabung di luar rekening pensiun Anda, seperti tabungan dan investasi jangka menengah Anda untuk 10 sampai 15 tahun ke depan, tabungan bisnis, tabungan untuk pembelian rumah, tabungan perguruan tinggi, dan sebagainya.

Saya sarankan membuat akun terpisah untuk menabung untuk setiap tujuan Anda yang berbeda. Saya memiliki setoran otomatis yang disiapkan untuk tujuan yang berbeda, dan itu membantu saya tetap di atas tabungan saya!

Kategori anggaran #4 - Lainnya

Di sinilah uang belanja Anda akan jatuh. Uang yang akan Anda habiskan untuk berbelanja atau menabung untuk item daftar keinginan, makan di luar, bepergian, menghibur diri sendiri, dan apa pun yang biasanya Anda lakukan untuk menikmati hidup Anda.

Persentase kategori anggaran

Untuk setiap kategori yang disebutkan di atas, di bawah ini adalah pedoman umum tentang bagaimana uang Anda dapat dialokasikan:

Uang untuk diri Anda di masa depan, dana darurat, dan pembayaran hutang: minimal 20%

Esensi dan kebutuhan Anda (mis. Tempat tinggal, makanan, transportasi, asuransi): tidak lebih dari 50%

Uang dan tujuan hidup Anda yang lain: 15%

Lainnya: 15%

Ingatlah bahwa Anda dapat mengubah semua ini sesuai dengan tujuan Anda. Ingat, anggaran Anda adalah cetak biru Anda untuk mengelola uang Anda sehingga Anda dapat membangun kekayaan.

Bagaimana jika Anda Fokus dengan Melunasi Hutang?

Jika Anda memiliki hutang, Anda harus merencanakan untuk membayar sebanyak yang Anda bisa untuk hutang Anda setiap bulan. Ini berarti menurunkan jumlah yang Anda kontribusikan ke berbagai kategori anggaran / kelompok di atas dan mengalokasikan kembali perbedaannya untuk melunasi utang Anda secepat mungkin.

Jika Anda dapat mengalokasikan keuangan Anda ke dalam kelompok dan persentase ini dan kemudian melacak pengeluaran Anda secara rutin (minimal seminggu sekali - Saya pribadi suka melacak pengeluaran saya setiap hari), Anda akan siap untuk membuat anggaran dengan sukses.

Seperti semua hal yang berhubungan dengan uang, berpegang teguh pada rencana Anda membutuhkan disiplin. Jika Anda kesulitan dengan rencana Anda pada awalnya, memiliki mitra akuntabilitas adalah ide yang bagus! Hubungi teman untuk mendapatkan dukungan. Kita semua terkadang membutuhkan pemandu sorak.

Bagaimana Mempertahankan Anggaran? 

Penganggaran tidak harus menakutkan dan membebani. Setelah Anda terbiasa melakukannya, itu menjadi lebih mudah dan lebih mudah setiap bulan. Mengikuti langkah-langkah sederhana ini akan membantu Anda menyederhanakan proses dan benar-benar sesuai dengan anggaran Anda.

Cara #1 - Sebut saja sesuatu yang menyenangkan

Sebut anggaran Anda sebagai sesuatu yang Anda sukai dan yang memotivasi Anda untuk mengikutinya. Siapa bilang harus disebut anggaran? Beri nama panggilan dan kepribadian. Kata anggaran memang membosankan!

Cara #2 - Buat anggaran di muka setiap bulan

Membuat anggaran di awal setiap bulan berarti Anda memulai bulan berikutnya dengan sebuah rencana dan Anda tidak berusaha mencari tahu apa yang harus dilakukan. Rencanakan untuk membuat anggaran Anda beberapa hari sebelum bulan dimulai. Dengan cara ini Anda memiliki waktu untuk mengatur dan mencari tahu seperti apa keuangan Anda di bulan mendatang.

Setelah Anda terbiasa membuat anggaran, itu akan menjadi lebih mudah dan lebih mudah setiap bulan. Anda bahkan dapat merencanakan anggaran Anda untuk beberapa bulan sekaligus.

Cara #3 - Jangan berasumsi setiap bulan akan sama

Setiap bulan harus direncanakan secara terpisah. Tidak ada dua bulan yang akan persis sama secara finansial, jadi Anda ingin mempersiapkan sebelumnya untuk hal-hal seperti tagihan atau pengeluaran satu kali, rencana perjalanan, acara, dll. Inilah mengapa sangat penting untuk membuat anggaran khusus untuk setiap bulan baru .

Demikian pula, penganggaran untuk acara yang mengubah hidup juga membutuhkan perhatian ekstra. Baik itu bayi baru lahir atau Anda telah melunasi hutang, terkadang Anda perlu memperhatikan anggaran bulanan Anda dan mengakomodasi perubahan tersebut sesuai kebutuhan.

Cara #4 - Dasarkan anggaran Anda pada proyeksi pendapatan Anda untuk bulan itu

Jika Anda dibayar sekali sebulan, dua kali sebulan, atau setiap dua minggu, dasarkan anggaran Anda pada pendapatan yang diproyeksikan sehingga Anda tahu persis berapa banyak yang harus Anda anggarkan. Ingatlah bahwa jika Anda dibayar setiap dua minggu, akan ada satu bulan di mana Anda mendapatkan tiga gaji. Jadi rencanakan dengan tepat.

Di sisi lain, jika Anda membuat anggaran dengan pendapatan yang tidak konsisten , Anda mungkin memiliki beberapa tantangan untuk melakukannya dengan benar pada awalnya. Anda harus lebih rajin melacak pengeluaran Anda dan memperkirakan pendapatan Anda, tetapi itu bisa dilakukan!

Cara #5 - Bayar pengeluaran Anda sebelum mengeluarkan uang

Ini berarti membayar kebutuhan pokok, hutang, dan tujuan (tabungan dan investasi) Anda terlebih dahulu sebelum Anda melakukan pengeluaran besar-besaran atau pengeluaran lain-lain.

Hal terakhir yang Anda inginkan adalah menemukan bahwa Anda telah mengeluarkan terlalu banyak uang untuk hal-hal yang tidak perlu dan tidak memiliki cara untuk membayar tagihan Anda.

Namun, karena itu, tidak apa-apa untuk berbelanja secara royal. Pastikan Anda memasukkan uang Anda ke dalam anggaran sehingga Anda dapat menikmatinya tanpa rasa bersalah.

Cara #6 - Lacak transaksi Anda

Melacak transaksi Anda memungkinkan Anda untuk memastikan bahwa Anda tetap sesuai dengan anggaran Anda dan membuat Anda tetap sadar akan kebiasaan belanja Anda. Anda dapat melacak transaksi Anda dalam jurnal pengeluaran, spreadsheet, atau dengan aplikasi otomatis atau alat online.

Jika Anda baru saja memahami penganggaran, ada baiknya untuk melacak transaksi Anda dan memeriksa anggaran Anda setiap hari. Ini hanya akan memakan waktu beberapa menit dan ini akan membantu Anda tetap mengetahui keuangan Anda. Plus, Anda akan membangun kebiasaan penting untuk sering memeriksa keuangan Anda.

Penutup

Anggaran tidak harus rumit atau membosankan. Apapun metode yang Anda pilih, bagaimana Anda menganggarkan tergantung pada preferensi pribadi Anda.

Seperti seni lainnya, penganggaran membutuhkan waktu untuk dikuasai. Diperlukan waktu beberapa bulan untuk benar-benar mengetahui apa yang berhasil dan tidak . Ini berarti menguji metode anggaran dan menentukan kategori anggaran Anda. Jika Anda terpeleset, singkirkan diri Anda dan kembali ke jalur yang benar. Ambil pelajaran yang Anda pelajari tentang penganggaran dari bulan sebelumnya dan terapkan ke bulan berikutnya.

Hal yang paling penting adalah memulai dan terus melangkah bahkan ketika itu menjadi sulit.

Semoga bermanfaat...