Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mulai Berinvestasi Untuk Pemula dengan Sedikit Uang

Pikirkan apakah Anda tidak punya cukup uang untuk mulai berinvestasi? Pikirkan lagi! Anda dapat memulai perjalanan investasi Anda hanya dengan $ 100 saja bahkan dibeberapa aplikasi trading cuma modal 100 ribu pun sudah bisa. Meskipun jumlah yang Anda investasikan mungkin awalnya kecil, ini bisa menjadi titik balik dalam keuangan Anda.

Saat Anda memutuskan untuk mulai berinvestasi, bagian terpenting dari proses tersebut adalah mendidik diri sendiri. Setelah Anda memiliki pemahaman yang lebih baik tentang investasi, Anda akan merasa lebih nyaman menumbuhkan investasi Anda dari waktu ke waktu.

Jika Anda membaca ini, Anda berada di tempat yang tepat untuk memulai. Dalam posting ini, Anda belajar tentang bagaimana memulai investasi.

Apa itu investasi?

cara investasi untuk pemula

Ketika Anda memutuskan untuk menginvestasikan uang Anda, Anda memilih untuk memasukkannya ke dalam kendaraan yang tepat dengan tujuan menerima pengembalian yang anda harapkan. Pada titik tertentu, Anda berharap uang yang dimasukkan ke dalam investasi akan tumbuh. Dalam kebanyakan kasus, Anda berencana untuk sedikit terlibat setelah Anda menginvestasikan uang.

Meskipun kebanyakan orang mengasosiasikan investasi di pasar saham, ada banyak cara lain untuk berinvestasi. Misalnya, Anda dapat berinvestasi di real estat atau bisnis Anda sendiri. Tidak peduli apa yang Anda pilih untuk diinvestasikan, Anda berharap mendapatkan uang dari investasi itu di masa depan.

Mengapa berinvestasi itu penting?

Berinvestasi adalah cara Anda dapat menumbuhkan uang Anda untuk masa depan. Menabung adalah tempat yang penting untuk mulai membangun masa depan finansial yang lebih baik. Namun, tabungan Anda berkurang setiap hari oleh kekuatan inflasi. Meskipun rekening tabungan Anda mungkin memiliki saldo yang sama sepuluh tahun dari sekarang, uang itu tidak akan memiliki daya beli yang sama dengan yang dimilikinya saat ini.

Dengan berinvestasi, Anda dapat menumbuhkan uang Anda dari waktu ke waktu dan menjaga kekuatan inflasi. Secara historis, pasar saham telah memberikan pengembalian antara 6℅ dan 7℅ dengan faktor inflasi. Pengembalian tersebut dapat meningkatkan tabungan Anda secara dramatis dari waktu ke waktu.

Jika Anda memilih untuk menginvestasikan kembali penghasilan Anda selama bertahun-tahun, Anda akan mendapatkan keuntungan dari efek reinvest. Reinvest adalah proses yang menumbuhkan uang Anda dari waktu ke waktu dengan menginvestasikan kembali penghasilan investasi Anda.

Jika Anda baru memulai perjalanan membangun kekayaan, berinvestasi dapat membantu Anda mencapai tujuan jangka panjang itu dengan lebih cepat. Alih-alih menukar waktu Anda dengan uang untuk membangun kekayaan, Anda dapat membuat uang Anda bekerja untuk Anda. Ketika uang Anda mulai menghasilkan uang melalui investasi Anda, Anda tidak akan sepenuhnya bergantung pada pekerjaan harian atau tabungan Anda.

Kapan sebaiknya Anda mulai berinvestasi?

Strategi investasi biasanya melibatkan waktu jangka panjang. Dengan begitu, waktu terbaik untuk mulai berinvestasi adalah secepatnya. Semakin cepat Anda dapat mulai berinvestasi, semakin banyak waktu yang Anda miliki untuk memungkinkan investasi Anda tumbuh.

Umumnya, Anda akan menggunakan investasi ini untuk mendanai masa pensiun Anda nantinya. Jadi, sebaiknya mulai secepat mungkin. Anda pasti ingin memberikan investasi Anda banyak waktu untuk membangun kekayaan Anda.

Berinvestasi adalah bagian yang sangat penting dari perjalanan finansial Anda. Namun, ada beberapa hal yang harus Anda tangani sebelum mulai berinvestasi. Mari kita lihat lebih dekat.

Bayar hutang. Jika Anda memiliki hutang yang menghabiskan sumber pendapatan Anda setiap bulan, Anda harus fokus membayarnya terlebih dahulu. Setelah Anda melunasi hutang Anda, Anda akan dapat berinvestasi dengan lebih nyaman.

Bangun dana darurat. Sebuah dana darurat dapat memungkinkan Anda untuk menikmati ruang untuk bernapas lebih untuk keuangan dalam hidup Anda. Sebelum Anda mulai berinvestasi, pertimbangkan untuk membangun dana darurat.

Setelah Anda melunasi hutang dan membangun dana darurat, inilah saatnya untuk berinvestasi. Jika Anda memulai di usia muda, maka kekuatan reinvest dapat menguntungkan Anda. Sekalipun Anda hanya memiliki sedikit uang untuk mulai berinvestasi, Anda harus mengambil tindakan hari ini.

Bagaimana memulai investasi untuk pemula dengan sedikit uang?

Berinvestasi dapat mengubah masa depan keuangan Anda menjadi lebih baik. Anda tidak membutuhkan banyak uang untuk mulai berinvestasi. Dalam beberapa kasus, Anda hanya perlu 100 ribu saja untuk memulai. Tentu saja, Anda mungkin memiliki tujuan untuk meningkatkan investasi Anda dalam jangka panjang. Tetapi jangan biarkan sumber penghasilan yang terbatas menghentikan Anda untuk membangun kekayaan jangka panjang Anda.

1. Cobalah Robo-advisor

Robo-advisor pada dasarnya adalah penasihat keuangan virtual. Dengan penggunaan algoritme dan teknologi, ini menghilangkan kebutuhan akan penasihat keuangan manusia. Ini akan memberikan layanan manajemen keuangan otomatis dan menyesuaikan rekomendasi investasi Anda berdasarkan tujuan Anda.

Manfaat menggunakan robo-advisor adalah biayanya biasanya lebih rendah, meskipun Anda mendapatkan rekomendasi portofolio yang disesuaikan. Sebagian besar firma robo-advisory menawarkan persyaratan investasi minimum yang rendah dan menangani penyeimbangan kembali portofolio secara otomatis.

2. Cari akun broker

Ada banyak layanan investasi yang tersedia di pasaran saat ini. Masing-masing menawarkan layanan yang berbeda dan mengenakan biaya yang berbeda. Saat Anda menyaring pilihan Anda, pertimbangkan apa yang paling penting bagi Anda.

Dalam beberapa situasi, Anda mungkin ingin membeli dan menjual saham secara teratur. Transaksi ini dapat bertambah dengan cepat di beberapa perusahaan pialang. Dalam situasi lain, Anda mungkin memilih reksa dana indeks dengan biaya bawaan. Apa pun itu, Anda pasti ingin mencari akun pialang yang meminimalkan biaya untuk strategi investasi Anda.

3. Lihat akun investasi yang disponsori pemberi kerja

Jika Anda bekerja untuk perusahaan besar, kemungkinan besar Anda memiliki akses ke beberapa akun investasi yang disponsori pemberi kerja. Secara umum, akun ini ditujukan untuk menabung untuk masa pensiun Anda dengan cara yang diuntungkan pajak.

4. Sertifikat Deposito

Sertifikat deposito, adalah tempat yang tepat untuk menumbuhkan uang Anda jika Anda memiliki toleransi risiko rendah. Meskipun Anda kemungkinan besar akan kehilangan keuntungan yang lebih besar melalui pasar saham, Anda tidak perlu khawatir tentang penurunan apa pun kedepannya nanti.

5. Investasikan diri Anda

Berinvestasi pada diri sendiri sama pentingnya dengan berinvestasi di pasar saham. Anda mungkin memilih untuk berinvestasi dalam pendidikan keuangan Anda. Anda mungkin memilih untuk berinvestasi dalam bisnis Anda, yang memungkinkan Anda untuk mengontrol pendapatan Anda. Atau Anda dapat memilih untuk berinvestasi dalam kesehatan Anda. Bagaimanapun, tubuh yang sehat membuat hidup lebih menyenangkan.

Hal-hal yang harus diperhatikan saat Anda mulai berinvestasi

Berinvestasi adalah cara yang bagus untuk membangun masa depan keuangan yang kokoh. Namun, ada beberapa kendala yang harus diperhatikan. Jika Anda dapat menghindari beberapa kesalahan ini, maka Anda akan menyelamatkan diri Anda dari ribuan dollar. 

1. Hindari biaya

Ketika Anda mulai mencari dana untuk diinvestasikan, Anda akan melihat bahwa masing-masing datang dengan serangkaian biaya. Dalam banyak kasus, biayanya dapat berkisar dari 0,5% hingga 2%.

Meskipun perubahan kecil dalam poin persentase itu mungkin tidak tampak seperti detail yang penting, hal itu dapat membuat perbedaan besar dalam pertumbuhan portofolio Anda. Faktanya, biaya 2% dapat bertambah hingga ratusan ribu dolar selama karier investasi Anda.

Ketika Anda memutuskan untuk berinvestasi, Anda harus memastikan untuk meneliti biaya dan meminimalkannya sedapat mungkin.

2. Persiapkan dengan mempertimbangkan toleransi risiko Anda

Ketika Anda memilih untuk menginvestasikan uang Anda, Anda harus berasumsi bahwa Anda mungkin kehilangan sebagian dari investasi Anda di sepanjang jalan. Pasar akan naik dan turun. Meskipun secara historis telah meningkat selama bertahun-tahun, itu bukan merupakan indikator bahwa ia akan terus meningkat dengan mantap. Kemungkinan akan ada beberapa penurunan di sepanjang jalan.

Penting untuk memahami toleransi risiko Anda dan mempertimbangkannya saat Anda menginvestasikan uang Anda. Meneliti investasi Anda juga merupakan kunci dalam menilai risiko.

3. Diversifikasi

Cara terbaik untuk mengurangi risiko Anda di pasar adalah dengan mendiversifikasi investasi Anda. Anda tidak ingin menggabungkan semua investasi Anda ke dalam satu perusahaan tertentu yang bangkrut. Sebaliknya, Anda ingin investasi Anda tersebar di banyak sektor pasar. Jika satu area pasar jatuh, maka Anda tidak akan ditinggalkan dengan portofolio yang tenggelam.

4. Keseimbangan kembali di sepanjang jalan

Anda harus terus memantau investasi Anda dari waktu ke waktu. Pastikan Anda masih berada di jalur yang benar dengan tujuan Anda dan jadwal tetap sesuai dengan tujuan Anda. Pasar akan naik dan turun, Anda harus menyeimbangkan kembali untuk memastikan bahwa Anda tidak meninggalkan semua telur dalam satu keranjang.

5. Jangan mencoba mengatur waktu pasar

Ingat, berinvestasi adalah strategi jangka panjang untuk membangun kekayaan. Anda tidak boleh mencoba mengatur waktu pasar dengan membeli rendah dan menjual tinggi. Bahkan investor paling maju pun tidak dapat secara konsisten mengalahkan pasar . Alih-alih mencari keuntungan jangka pendek, fokuslah pada keuntungan jangka panjang.

Meskipun Anda tidak akan membangun kekayaan dalam semalam melalui pasar saham, Anda dapat dengan investasi berkelanjutan selama bertahun-tahun.

6. Jangan lupa tentang pajak

Tip terakhir saya adalah mengingat pajak ketika Anda merencanakan investasi Anda. Ada beberapa strategi berbeda yang dapat Anda gunakan untuk menurunkan potensi beban pajak, tetapi strategi tersebut membutuhkan perencanaan yang cermat. Jika Anda tidak yakin tentang implikasi pajak dari situasi Anda, pertimbangkan untuk berbicara dengan seorang profesional pajak.

Kesalahan yang harus dihindari

Jika Anda berharap untuk membangun kekayaan dari waktu ke waktu, maka berinvestasi adalah cara terbaik untuk melakukannya. Tapi, berinvestasi datang dengan serangkaian kesalahan umum yang dilakukan banyak orang. Mari kita simak lebih dekat di bawah ini agar Anda dapat menghindarinya di masa mendatang.

1. Jangan menunggu untuk berinvestasi

Meski penting untuk mendidik diri sendiri sebelum berinvestasi, sebaiknya Anda tidak menunggu terlalu lama untuk memulai. Dengan berinvestasi, Anda ingin memiliki nilai waktu di pihak Anda. Semakin cepat Anda dapat mulai berinvestasi, investasi Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk tumbuh. Waktu itu dapat menyebabkan pertumbuhan yang signifikan karena kekuatan peracikan.

2. Berinvestasi bisa emosional

Saat Anda mulai berinvestasi, Anda akan menyadari bahwa Anda memiliki emosi besar yang melekat pada investasi Anda. Bagaimanapun, Anda berharap investasi ini akan mengarah pada masa depan yang lebih baik.

Pasar saham datang dengan pasang surut, Anda harus siap secara emosional untuk menghadapi badai ini. Ketika pasar pasti turun, Anda tidak boleh menarik semua uang Anda keluar dari pasar. Sebaliknya, Anda harus menunggu sampai rebound dan Anda siap untuk melakukan penarikan. Namun, ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan.

Untuk menghindari pengalaman yang menyakitkan, pastikan untuk memahami toleransi risiko Anda sebelum mulai berinvestasi. Dengan itu, Anda dapat memilih investasi yang cenderung tidak menimbulkan kepanikan dalam hidup Anda. Tetap berpegang pada apa yang membuat Anda nyaman dan selalu buat keputusan investasi Anda dengan pikiran yang jernih.

3. Jangan mengatur waktu pasar

Tujuan portofolio investasi Anda harus membangun rencana jangka panjang yang selaras dengan tujuan keuangan Anda. Setelah Anda membangun rencana investasi jangka panjang, maka Anda dapat menyesuaikan dengan tepat dari waktu ke waktu.

4. Tidak ada yang terjadi dalam semalam

Ketika Anda mulai berinvestasi, Anda tidak boleh berasumsi bahwa uang Anda akan tumbuh dalam semalam. Faktanya, ia akan naik dan turun berkali-kali dalam perjalanan menuju pertumbuhan.

Saat Anda memulai, sadari bahwa berinvestasi adalah strategi jangka panjang untuk membangun kekayaan. Tapi itu tidak akan membuatmu kaya dalam semalam.

Cara terbaik untuk membangun kekayaan melalui investasi adalah memulainya sesegera mungkin. Bahkan jika Anda baru memulai dengan $ 20, Anda dapat membangun portofolio Anda dari waktu ke waktu.

Semoga bermanfaat...