Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peluang Investasi Emas Saat ini serta Untung dan Ruginya

Banyaknya pilihan investasi terkadang malahan membuat sebagian orang menjadi semakin bingung investasi apa yang cocok untuk mereka. Bagaimana dengan investasi emas? Apakah emas memiliki prospek cuan yang baik kedepannya nanti? 

Emas merupakan salah satu logam mulia yang banyak diminati oleh banyak orang, dari dahulu sampai sekarang. Terus, masih layak kah emas dijadikan sebagai instrumen investasi saat ini?

Seperti yang kita ketahui dari zaman dahulu emas sudah menjadi primadona di kalangan masyarakat. Terlebih itu adalah emas yang berbentuk perhiasan yang sangat diminati oleh kaum wanita. Tidak jarang perhiasan emas tersebut dijadikan ajang pamer yang mencerminkan tingkat sosial seseorang.

Agak miris memang, emas yang seyogyanya dipakai untuk menyimpan kekayaan malahan dipakai buat pameran??? Akan tetapi sebenarnya ini juga tidak bisa dipermasalahkan karena sejatinya memang wanita itu demennya perhiasan, jadi wajar bila mereka ingin menghiasi diri mereka dengan perhiasan.

Namun seiring perkembangan zaman, minat akan logam mulia jenis ini akhirnya begeser dari semula berbentuk perhiasan kini berubah menjadi emas berbentuk batangan atau istilahnya emas batangan. Masyarakat mulai sadar akan pentingnya nilai sebuah instrumen investasi, termasuk disini emas itu sendiri. Banyak orang mulai mengerti bahwasanya investasi emas dalam bentuk perhiasan itu kurang menguntungkan. 

Peluang Investasi Emas saat Ini

untung rugi investasi emas

Sudah menjadi rahasia umum bahwasanya masyarakat menjadikan emas sebagai salah satu bentuk investasi untuk dipetik hasilnya suatu saat nanti. Berbagai bentuk emas pun diminati, mulai dari emas yang berbentuk perhiasan, emas dinar, dan emas batangan.

Sebenarnya tidak mengherankan, karena investasi emas memiliki keuntungan utama dimana kecenderungan harganya yang selalu naik dari tahun-tahun sebelumnya. Hal ini tentunya memberikan keuntungan tersendiri bagi para pemiliknya, terutama harga selisih antara harga beli dan harga jual yang cukup besar seperti yang terjadi akhir-akhir ini. 

Sebagai salah satu instrumen investasi yang disebut save haven (terus aman) banyak orang mulai menimbang-nimbang sebenarnya dapat untung tidak sih melakukan investasi emas dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya? Tentunya hal ini masih sulit untuk dijelaskan karena kembali pada prinsip dan manajemen keuangan masing-masing, yang namanya investasi pasti ada plus serta minusnya. 

Selanjutnya simak ulasan berikut ini apa-apa sajakah yang menjadi nilai plus (keuntungan) maupun nilai minus (kerugian) dari investasi emas itu sendiri. Sehingga dengan memahaminya dengan benar kamu akan mengetahui apakah investasi emas itu sebuah peluang yang bagus untukmu atau tidak. 

Keuntungan Investasi Emas

Adapun beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari investasi emas ini antara lain :

Sifatnya mudah dicairkan atau fleksibel. Investasi emas memberikan keleluasaan bagi pemegang investasi jenis ini untuk dapat mencairkannya menjadi uang tunai. 

Emas bebas pajak. Memiliki emas sebagai sarana investasi adalah pilihan yang tepat bila anda menginginkan investasi yang bebas dari pajak. 

Salah satu cara untuk melindungi nilai kekayaan. Dengan kecendrungan selalu meningkatnya harga emas, maka emas sangat cocok sebagai investasi untuk tetap menjaga nilai kekayaan. Setidaknya ia tidak tergerus oleh yang namanya inflasi. 

Kerugian Investasi Emas

Selain keuntungan diatas, tentunya yang namanya setiap investasi itu pasti mengandung resiko. Kalau tidak berat ya resiko ringan. 

Berikut beberapa kerugian investasi emas, yakni :

Resiko kehilangan yang tinggi. Resiko ini sangat rentan terhadap penggunaan emas sebagai instrumen investasi dalam bentuk perhiasan emas. 

Kenaikan harga yang cenderung lambat. Jika kondisi ekonomi stabil maka kecendrungan harga emas akan melambat. 

Cocok untuk investasi jangka panjang. Keuntungan investasi emas ini akan baru terasa jika dibiarkan dalam waktu yang agak panjang, minimal 2 tahun. 

Harga fluktuatif. Emas terkadang mengalami turun harga walau tak jarang mengalami kenaikan. Perubahan harga yang sering ini membuat orang sulit untuk dapat menghitung nilai investasi emas yang kita miliki sekarang dan pada masa yang akan datang. 

Nah, bagaimana apakah kamu sudah memahami untung rugi investasi emas? Mempelajari dengan detail apa saja yang menjadi kelemahan sebuah instrumen investasi tentunya akan menghindarkan anda dari kerugian yang bisa saja timbul akibat salah pengelolaan dana investasi. 

Jadi bagaimana apakah tertarik untuk mencoba berinvestasi emas? Atau jangan-jangan kamu sudah mulai investasi emas duluan nih??? 

Semoga bermanfaat...