Pinjaman Online Cara Instan yang Efektif Untuk Mengatasi Kesulitan Keuangan?

Pundipedia -  Butuh dana cepat? Ketika kalian sedang membutuhkan dana cepat maka banyak cara yang bisa kalian lakukan, bisa melalui pinjaman di bank, bisa juga dengan gadai bpkb kendaraan, ataupun juga bisa melalui pegadaian. Namun cara tersebut tentunya tidak gampang, ada persyaratan yang harus kalian lengkapi dan proses yang harus dilewati sebelum pengajuan kalian disetujui.

Jika cara diatas kurang tepat bagi kalian karena butuh waktu untuk mengurus pengajuannya, maka kalian bisa pilih cara instan misalnya dengan meminjam pada keluarga atau teman, atau cara yang cukup beresiko yakni pinjam pada rentenir. Namun jika dirasa cara ini juga kurang tepat bagi kalian, kalian bisa coba alternatif lainnya yakni melalui pinjaman online

Apa itu pinjaman online? Apa saja syarat yang dibutuhkan dan bagaimana cara meminjamkannya serta apa saja kelebihan dan kekurangannya? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Daftar Isi

pinjaman-online
apa itu pinjaman online (image by sawitplus) 

Apa Itu Pinjaman Online? 

Menurut Wikipedia, Pinjaman online adalah sebuah fasilitas pinjaman uang oleh penyedia jasa keuangan yang beroperasi secara daring atau online. Pinjaman online ini sendiri termasuk sebuah hasil inovasi dibidang financial teknologi (fintech) yang dimana nantinya akan memudahkan masyarakat dalam meminjam uang. 

Pinjaman online ini termasuk simple karena prosesnya gampang dan tidak memerlukan agunan atau jaminan seperti pada kebanyakan lembaga keuangan lainnya. Selain daripada itu untuk prosesnya sendiri mudah cuma hanya melalui smartphone yang kalian miliki. Pinjaman online ini sekarang dengan mudah bisa kalian jumpai, platform pinjaman online ini kebanyakan berupa sebuah aplikasi. 

Syarat dan Cara Meminjam di Pinjaman Online

Untuk dapat mengajukan pinjaman pada pinjaman online tentunya masih memerlukan beberapa persyaratan, tapi persyaratan disini lebih tepatnya hanyalah sebatas pelengkap data diri artinya memang orang yang mengajukan pinjaman orangnya asli dan beneran ada. Adapun untuk syarat utama yang harus dipersiapkan sebelum mengajukan pinjaman online ini hanyalah berupa ktp dan foto diri serta beberapa informasi lainnya yang diperlukan. 

Ketika syarat yang diperlukan sudah kalian persiapkan maka langkah selanjutnya yakni mencari aplikasi penyedia pinjaman online yang kalian minati. Ada banyak aplikasi pinjaman online yang beredar saat ini, tinggal kalian pilah pilih saja di smartphone kalian. 

Setelah kalian memilih dan mengunduh aplikasi pinjaman online pada smartphone kalian maka selanjutnya adalah mendaftarkan diri kalian pada aplikasi tersebut guna mendapatkan limit pinjaman. Untuk proses cara mengajukan pinjaman di pinjaman online secara umumnya adalah sebagai berikut :

  • Langkah pertama adalah melengkapi data diri, baik itu berupa nama, tempat tanggal lahir, alamat, status pendidikan, status pernikahan, dan lainnya. 
  • Berikutnya adalah data pekerjaan dan keuangan baik itu berupa sumber penghasilan, jumlah penghasilan maupun jumlah pengeluaran. 
  • Selanjutnya adalah menyiapkan data kontak darurat, dimana nantinya kontak darurat ini akan dihubungi jika kalian nantinya tidak bisa dihubungi. 
  • Proses berikutnya yakni berupa foto selfie dan foto ktp asli. 
  • Yang terakhir adalah nomor rekening bank, dimana nantinya jika pengajuan kalian di setujui maka uang pinjaman tersebut akan langsung masuk ke rekening kalian. 

Kelebihan dan Kekurangan Pinjaman Online

Dengan adanya begitu banyak kemudahan yang ditawarkan oleh pinjaman online ini apakah lantas pinjaman online adalah solusi terbaik untuk mengatasi kesulitan keuangan? Tentunya jawabannya adalah tidak, sama akan halnya pada lembaga keuangan lainnya, melakukan pinjaman uang untuk berbagai macam keperluan baik itu untuk tujuan konsumtif maupun modal usaha pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sama akan halnya dengan pinjaman online ini tentunya juga memiliki kelebihan dan kekurangannya. Secara umum berikut antara lain kelebihan dan kekurangan dari pinjaman online. 

Kelebihan dari pinjaman online ini antara lain :

  • Hanya lewat online tidak harus ke tempat peminjam
  • Dokumen persyaratan untuk pengajuan pinjaman mudah, di beberapa penyedia pinjaman online bahkan hanya cuma bermodalkan ktp saja. 
  • Wawancara yang dilakukan kepada peminjam cukup hanya dengan mengisi informasi data yang diperlukan. 
  • Proses pengajuan dan hasil pengajuan cepat. 
  • Jika disetujui dana langsung dikirim ke rekening peminjam. 

Sementara untuk kekurangan yang ada pada pinjaman online ini antara lain :

  • Bunga pinjaman berupa bunga harian. 
  • Waktu pelunasan relatif cepat, bahkan ada beberapa penyedia pinjaman online cuma memberi tempo waktu 7 hari. 
  • Jumlah plafon pinjaman yang dapat dipinjamkan terbatas, bahkan ada beberapa penyedia pinjaman online cuma hanya memberikan plafon pinjaman senilai Rp 500.000 saja. 
  • Resiko diteror dan dipermalukan jika gagal bayar. 
  • Kontak darurat yang telah dicantumkan akan mendapatkan teror yang sama dengan peminjam jika seandainya si peminjam gagal atau sulit dihubungi.

Penutup

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai pinjaman online yaitu berupa defenisi, syarat dan cara pengajuan pinjaman melalui pinjaman online serta kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya. Lantas apakah pinjaman online merupakan cara instan yang efektif untuk mengatasi kesulitan keuangan yang sedang dihadapi? 

Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih aplikasi pinjaman online yang terbaik untuk kebutuhan Anda, seperti:

  • Bunga dan Biaya: Pastikan untuk memeriksa tingkat bunga dan biaya administrasi yang ditawarkan oleh aplikasi. Perbandingan antara beberapa aplikasi dapat membantu Anda menemukan yang menawarkan biaya dan bunga terbaik.
  • Syarat dan Ketentuan: Pastikan Anda memahami dengan jelas semua persyaratan dan ketentuan yang ditetapkan oleh aplikasi sebelum Anda memutuskan untuk mengajukan pinjaman.K
  • ecepatan dan Kemudahan: Perhatikan juga kecepatan dan kemudahan dalam pengajuan dan pencairan pinjaman. Beberapa aplikasi menawarkan proses yang lebih cepat dan mudah dibandingkan dengan yang lain.R
  • eputasi: Cari tahu tentang reputasi aplikasi yang ingin Anda gunakan. Pastikan aplikasi tersebut memiliki reputasi yang baik dalam memberikan layanan dan menyelesaikan masalah.K
  • eamanan: Pastikan aplikasi tersebut memiliki sistem keamanan yang baik dan terpercaya, terutama dalam memproses data pribadi Anda.
Sebaiknya Anda melakukan riset dan membandingkan beberapa aplikasi pinjaman online sebelum memutuskan untuk menggunakan salah satunya. Ingatlah juga untuk selalu membaca dengan cermat persyaratan dan ketentuan yang ditetapkan oleh aplikasi tersebut.

Untuk pembahasan mengenai pinjaman online lainnya serta rekomendasi aplikasi pinjaman online pilihan kami silahkan baca artikel kami selanjutnya.