6 Cara Menghasilkan Uang dari Aplikasi Tiktok? Bagaimana Caranya?

Pundipedia - Saat ini mungkin kebanyakan daripada orang-orang tidak merasa asing lagi ketika mendengar yang namanya aplikasi Tiktok. Kebanyakan orang sudah menyukai aplikasi Tiktok ini sebagai media hiburan utama mereka pada ponsel mereka selain tentunya YouTube.

Namun apakah aplikasi Tiktok ini cuma sekedar media hiburan semata? Tahukah kamu jika aplikasi Tiktok ini juga bisa kita manfaatkan untuk dapat menambah penghasilan? Bagaimana caranya agar kita bisa menghasilkan uang melalui aplikasi Tiktok ini? Simak penjelasannya dibawah ini.

Daftar Isi

menghasilkan uang dari tiktok (image by ruangojol) 

Apa itu Aplikasi Tiktok?

TikTok adalah sebuah aplikasi media sosial yang memungkinkan penggunanya untuk membuat dan membagikan video pendek dengan durasi maksimal 60 detik. Aplikasi ini awalnya diluncurkan di Tiongkok dengan nama Douyin pada September 2016, kemudian diluncurkan di pasar internasional dengan nama TikTok pada September 2017. 

TikTok menjadi sangat populer di seluruh dunia, terutama di kalangan remaja dan anak muda, dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif bulanan pada tahun 2021. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membuat video dengan menambahkan efek, filter, musik, dan suara untuk membuat video yang menarik dan kreatif. TikTok telah menjadi fenomena budaya populer dengan tren video yang viral dan pengguna yang terkenal.

Cara Membuat Akun di Aplikasi Tiktok

Untuk dapat menghasilkan uang melalui aplikasi Tiktok tentunya kalian terlebih dahulu harus mempunyai akun pribadi kalian pada aplikasi Tiktok ini. Berikut adalah cara membuat akun pada aplikasi Tiktok :

  • Unduh aplikasi TikTok dari toko aplikasi di perangkat Anda dan buka aplikasi tersebut.
  • Setelah membuka aplikasi, klik tombol "Buat Akun" di bagian bawah layar.
  • Pilih cara pendaftaran yang Anda inginkan. Anda dapat mendaftar menggunakan nomor telepon, email, atau akun media sosial yang sudah ada, seperti Facebook atau Instagram.
  • Jika Anda memilih untuk mendaftar menggunakan nomor telepon atau email, masukkan nomor telepon atau alamat email Anda dan buat kata sandi baru. Jika Anda memilih untuk mendaftar menggunakan akun media sosial, klik opsi "Masuk dengan Facebook/Instagram" dan masukkan kredensial akun media sosial Anda.
  • Setelah berhasil mendaftar, ikuti instruksi pada layar untuk menyelesaikan pengaturan profil Anda. Anda dapat menambahkan foto profil, nama pengguna, dan deskripsi singkat tentang diri Anda.
  • Anda sekarang dapat mulai menelusuri konten TikTok dan membuat video Anda sendiri.
Ingatlah untuk selalu mengikuti pedoman komunitas TikTok dan memposting konten yang sopan dan pantas.

Cara Menghasilkan Uang Melalui Aplikasi Tiktok

Apakah Aplikasi Tiktok bisa menghasilkan uang? Kebanyakan orang mengetahui aplikasi Tiktok ini hanyalah sebuah aplikasi hiburan berupa berbagai video layaknya youtube. Namun dibalik semua itu, aplikasi Tiktok bisa juga menjadi sarana untuk mendapatkan penghasilan loh, bagaimana caranya?

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa mendapatkan uang dari aplikasi Tiktok yaitu :

Tiktok Refferal Program

Program referral TikTok adalah program di mana pengguna TikTok dapat mengundang teman-teman mereka untuk bergabung dengan platform TikTok dan mendapatkan imbalan jika teman-teman mereka mendaftar melalui tautan referral mereka.

Dalam program ini, pengguna TikTok dapat membagikan tautan referral mereka ke teman-teman mereka melalui pesan teks, media sosial, atau platform lainnya. Ketika seseorang mendaftar ke TikTok melalui tautan referral tersebut, pengguna TikTok yang mengundang akan menerima imbalan, seperti koin TikTok atau hadiah lainnya.

Program referral TikTok dapat membantu meningkatkan jumlah pengguna baru pada platform tersebut, sambil memberikan insentif kepada pengguna yang membantu merekrut teman-teman mereka.

Tiktok Live

TikTok Live adalah fitur streaming langsung di aplikasi TikTok yang memungkinkan pengguna untuk melakukan siaran langsung kepada penggemar mereka secara real-time. Dalam siaran langsung ini, pengguna dapat berinteraksi dengan penggemar mereka dan memberikan konten secara langsung.

Fitur TikTok Live memungkinkan pengguna untuk menyiarkan acara langsung seperti konser, tanya jawab, belanja langsung, atau hanya berbagi momen dalam kehidupan sehari-hari dengan penggemar. Selama siaran langsung, pengguna dapat membalas komentar dari penggemar mereka dan memungkinkan penggemar untuk mengirim hadiah virtual yang dapat ditukarkan menjadi uang riil.

Untuk menggunakan TikTok Live, pengguna harus memenuhi persyaratan tertentu seperti jumlah pengikut yang cukup dan harus mematuhi pedoman dan aturan yang diberlakukan oleh TikTok. Fitur ini memungkinkan pengguna TikTok untuk memperluas jangkauan mereka dan menjalin koneksi yang lebih dekat dengan penggemar mereka secara langsung.

Tiktok Shop

TikTok Shop adalah fitur e-commerce yang tersedia di aplikasi TikTok yang memungkinkan pengguna untuk membeli produk langsung dari video yang mereka tonton di TikTok. Dalam fitur ini, pengguna dapat menemukan produk yang mereka sukai dan langsung membelinya dari aplikasi TikTok.

Fitur TikTok Shop memungkinkan pengguna untuk menelusuri produk dengan mudah dan melihat daftar produk dari merek-merek terkenal. Pengguna juga dapat melihat video yang menampilkan produk dan langsung membelinya dari video tersebut dengan mengklik tombol "Belanja Sekarang". TikTok Shop juga menyediakan fitur keranjang belanja, yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan membeli produk secara bersamaan.

TikTok Shop adalah cara baru bagi merek dan penjual untuk mempromosikan produk mereka dan memungkinkan pengguna TikTok untuk menemukan produk baru dan menikmati pengalaman berbelanja yang mudah dan lancar. Fitur ini juga memberikan kemudahan bagi pengguna TikTok yang ingin membeli produk yang terlihat menarik pada video TikTok yang mereka tonton.

Tiktok Affiliate

TikTok Affiliate adalah program afiliasi yang tersedia di aplikasi TikTok yang memungkinkan pengguna untuk mempromosikan produk dan merek lain dan memperoleh komisi ketika produk tersebut terjual melalui tautan afiliasi yang mereka bagikan. Dalam program ini, pengguna TikTok dapat bermitra dengan merek dan produk tertentu untuk mempromosikan produk tersebut dan memperoleh komisi ketika penjualan dilakukan melalui tautan afiliasi mereka.

Untuk menjadi afiliasi TikTok, pengguna harus terlebih dahulu mendaftar ke program afiliasi TikTok dan mendapatkan persetujuan dari merek atau produk yang ingin mereka promosikan. Setelah disetujui, pengguna dapat membagikan tautan afiliasi ke produk tersebut melalui video TikTok mereka dan memperoleh komisi ketika penjualan terjadi melalui tautan afiliasi tersebut.

Program afiliasi TikTok adalah cara yang bagus bagi pengguna TikTok yang ingin memonetisasi akun mereka dan memperoleh penghasilan tambahan dari promosi produk. Ini juga merupakan cara yang efektif bagi merek dan penjual untuk mempromosikan produk mereka dan menjangkau khalayak yang lebih luas di platform TikTok.

Tiktok Monetisasi

TikTok menyediakan beberapa cara bagi pengguna untuk memonetisasi video mereka, tergantung pada jumlah pengikut dan kualitas konten yang dihasilkan.

Salah satu cara untuk memonetisasi video di TikTok adalah melalui program TikTok Creator Fund. Program ini memberikan kompensasi kepada kreator video yang memenuhi persyaratan tertentu seperti jumlah pengikut yang cukup dan konten yang berkualitas. Kreator video dapat menerima pembayaran bulanan berdasarkan kinerja video mereka.

Selain itu, pengguna TikTok juga dapat memonetisasi video mereka melalui program afiliasi TikTok dan TikTok Shop. Melalui program ini, pengguna dapat mempromosikan produk dan merek tertentu dan memperoleh komisi ketika penjualan dilakukan melalui tautan afiliasi atau pembelian dilakukan melalui TikTok Shop.

Namun, penting untuk diingat bahwa TikTok memiliki pedoman dan aturan ketat tentang monetisasi dan pengguna harus mematuhi aturan tersebut untuk menghindari pelanggaran dan penangguhan akun.

Tiktok Endorsement

TikTok endorsement adalah ketika seseorang mempromosikan produk atau merek di platform TikTok sebagai bagian dari kampanye promosi. Endorsement biasanya dilakukan oleh selebriti, kreator konten, atau influencer TikTok yang memiliki pengikut yang besar di platform. Mereka dipilih oleh merek untuk mempromosikan produk atau merek tertentu melalui video TikTok mereka.

Dalam endorsement TikTok, selebriti atau kreator video TikTok akan memposting video yang menampilkan produk atau merek tersebut. Video tersebut dapat berupa iklan atau review produk, atau sebuah video yang mencantumkan merek atau produk dalam adegan yang sesuai. Dalam beberapa kasus, merek dapat menyediakan skrip untuk video endorsement untuk memastikan konten sesuai dengan merek mereka.

Endorsement TikTok merupakan cara yang efektif bagi merek untuk mempromosikan produk mereka dan menjangkau khalayak yang lebih luas di platform TikTok. Hal ini juga membantu merek dalam membangun kepercayaan dan citra merek di kalangan pengguna TikTok dan meningkatkan kesadaran merek. Bagi selebriti atau kreator video TikTok, endorsement TikTok dapat membantu mereka dalam memonitisasi akun mereka dan memperoleh penghasilan tambahan dari promosi merek atau produk tertentu.

Demikian 6 cara yang dapat kamu lakukan agar dapat menghasilkan uang dari aplikasi Tiktok. Jika kamu berminat mencobanya tinggal sesuaikan dengan minat dan bakatmu dimana, jika kamu kreatif dan kamera holic mungkin bisa mencoba Tiktok Live atau dengan Tiktok Monetisasi. Atau jika kamu suka berjualan bisa mencoba Tiktok Shop maupun Tiktok Affiliate. Selama kamu tekun dan konsisten, tidak ada hasil yang menghianati prosesnya.