Bagaimana Cara Mendapatkan Kartu Kredit BRI? Ini Dia Panduan Lengkapnya

cara-mendapatkan-kartu-kredit-bri

Pundipedia - Kartu kredit saat ini telah menjadi salah satu alat pembayaran yang paling populer dan banyak digunakan oleh masyarakat. Bank BRI, salah satu bank terbesar di Indonesia, juga menawarkan berbagai jenis kartu kredit yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan nasabah.

Dari kartu kredit reguler hingga kartu kredit syariah, Bank BRI menawarkan banyak pilihan kartu kredit yang dilengkapi dengan berbagai program loyalitas, cashback, diskon, dan reward point untuk memanjakan nasabahnya.

Sekilas Tentang BRI

Bank BRI (Bank Rakyat Indonesia) adalah salah satu bank terbesar di Indonesia yang didirikan pada tanggal 16 Desember 1895 dengan nama De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden atau Bank Bantuan dan Tabungan untuk Kepala-Kepala Pribumi di Purwokerto. Bank BRI berfokus pada layanan keuangan mikro, dengan misi untuk memajukan sektor ekonomi mikro di Indonesia.

Bank BRI memiliki jaringan yang luas di seluruh Indonesia, dengan lebih dari 10.000 kantor cabang dan layanan perbankan elektronik yang dapat diakses melalui telepon seluler dan internet. Bank ini juga menawarkan berbagai produk dan layanan, termasuk tabungan, deposito, pinjaman, kartu kredit, dan layanan perbankan syariah.

Selain fokus pada layanan keuangan mikro, Bank BRI juga aktif dalam program pemberdayaan masyarakat dan pengembangan bisnis kecil dan menengah di Indonesia. Bank BRI berkomitmen untuk terus berinovasi dalam menyediakan layanan keuangan yang terjangkau dan mudah diakses untuk semua orang di Indonesia.

Kartu Kredit BRI

Seperti akan halnya dengan bank lainnya, BRI juga memiliki produk kartu kredit bagi para penggunanya. Kartu kredit BRI tersedia dalam beberapa jenis, tinggal sesuaikan dengan kebutuhan yang kalian perlukan. Berikut adalah beberapa jenis kartu kredit yang dimiliki oleh bank BRI :

BRI Easy Card

BRI Easy Card adalah jenis kartu kredit yang diterbitkan oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk memudahkan pemegang kartu dalam melakukan transaksi belanja di berbagai merchant mitra BRI Easy Card. Kartu kredit ini memiliki limit yang terjangkau dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan belanja, seperti pembayaran tagihan, belanja online, atau belanja di merchant mitra BRI Easy Card.

BRI Easy Card juga menawarkan fitur cashback dan bonus poin rewards untuk setiap transaksi yang dilakukan oleh pemegang kartu. Selain itu, BRI Easy Card dilengkapi dengan teknologi chip dan pin untuk keamanan transaksi yang lebih baik.

BRI Platinum Card

BRI Platinum adalah salah satu jenis kartu kredit premium yang diterbitkan oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk memberikan berbagai keuntungan dan fasilitas eksklusif bagi pemegang kartu. Kartu kredit ini menawarkan fitur unggulan seperti bonus poin rewards yang tinggi, akses ke lounge bandara, program proteksi perjalanan, asuransi kesehatan, dan penawaran khusus lainnya.

Selain itu, BRI Platinum juga dilengkapi dengan teknologi chip dan pin untuk keamanan transaksi yang lebih baik. Pemegang kartu ini juga dapat menikmati berbagai penawaran diskon dan promo dari merchant mitra BRI Platinum.

BRI Bussiness Card

BRI Business Card adalah jenis kartu kredit yang ditujukan untuk membantu pengusaha dan bisnis kecil dalam mengelola keuangan perusahaan mereka. Kartu kredit ini diterbitkan oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan memiliki beberapa fitur unggulan seperti cashback, bonus poin rewards, dan diskon khusus dari merchant mitra BRI Business Card.

Keuntungan lain dari BRI Business Card adalah pemegang kartu dapat dengan mudah mengontrol dan memantau pengeluaran bisnis mereka melalui fitur pelaporan yang disediakan oleh BRI. Selain itu, BRI Business Card juga dilengkapi dengan teknologi chip dan pin untuk keamanan transaksi yang lebih baik.

Untuk mengajukan BRI Business Card, pemohon harus memenuhi persyaratan tertentu seperti memiliki perusahaan yang sudah berdiri minimal selama satu tahun, memiliki kegiatan usaha yang jelas dan menguntungkan, serta memenuhi kriteria kelayakan lain yang ditetapkan oleh BRI.

Dengan memiliki BRI Business Card, pengusaha dan bisnis kecil dapat memperoleh manfaat dalam mengelola keuangan perusahaan mereka secara lebih efektif dan efisien serta memanfaatkan berbagai keuntungan dan fasilitas khusus yang ditawarkan oleh BRI Business Card.

BRI World Access

BRI World Access adalah salah satu jenis kartu kredit premium yang diterbitkan oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang menawarkan berbagai keuntungan eksklusif bagi pemegang kartu. Kartu kredit ini memberikan akses ke berbagai fasilitas dan program khusus di seluruh dunia, seperti akses ke lounge bandara internasional, program proteksi perjalanan, asuransi kesehatan, serta fitur cashback dan bonus poin rewards yang tinggi.

BRI World Access juga dilengkapi dengan teknologi chip dan pin untuk keamanan transaksi yang lebih baik. Selain itu, pemegang kartu juga dapat menikmati berbagai penawaran diskon dan promo dari merchant mitra BRI World Access.

Untuk dapat mengajukan BRI World Access, pemohon harus memenuhi persyaratan tertentu seperti memiliki penghasilan bulanan yang cukup tinggi dan memenuhi kriteria kelayakan yang ditetapkan oleh BRI. Dengan memiliki kartu kredit BRI World Access, pemegang kartu dapat memperoleh berbagai keuntungan dan fasilitas eksklusif yang dapat membantu memenuhi kebutuhan dan gaya hidup mereka secara lebih efisien dan efektif, terutama bagi mereka yang sering melakukan perjalanan ke luar negeri.

Selain daripada yang telah disebutkan diatas masih ada beberapa jenis lagi kartu kredit yang dimiliki oleh bank BRI yakni :

  • BRI JCB Platinum
  • BRI Wonderful Indonesia
  • BRI Touch.

Persyaratan untuk Membuat Kartu Kredit BRI

Bagi kalian yang tertarik bertransaksi dengan menggunakan kartu kredit BRI berikut adalah persyaratan umum untuk membuat kartu kredit BRI:

  • Usia minimal 21 tahun dan maksimal 65 tahun pada saat mengajukan aplikasi.
  • Warga Negara Indonesia atau Warga Negara Asing yang berdomisili di Indonesia.
  • Penghasilan tetap minimal Rp 3 juta per bulan atau sesuai dengan ketentuan dari BRI.
  • Mempunyai nomor handphone yang aktif dan email pribadi.
  • Tidak memiliki catatan kredit buruk atau masalah keuangan lainnya.
  • Melengkapi dokumen persyaratan, seperti fotokopi KTP, NPWP, dan slip gaji.

Namun, persyaratan ini dapat berbeda-beda tergantung pada jenis kartu kredit BRI yang diinginkan dan kebijakan BRI saat itu. Sebaiknya Anda mengecek dengan lebih lanjut pada cabang BRI terdekat atau melalui situs web resmi BRI untuk informasi terbaru.

Cara Mengajukan Permohonan Kartu Kredit BRI

Berikut adalah cara mengajukan permohonan kartu kredit BRI:

  • Persiapkan dokumen yang diperlukan, seperti fotokopi KTP, NPWP, dan slip gaji terbaru.
  • Kunjungi salah satu cabang BRI terdekat atau melalui situs web resmi BRI.
  • Mintalah formulir aplikasi kartu kredit dan isi dengan lengkap.
  • Serahkan formulir aplikasi beserta dokumen pendukung yang diminta oleh petugas bank.
  • Tunggu proses verifikasi dan persetujuan dari pihak BRI. Biasanya, proses ini memerlukan waktu beberapa hari hingga beberapa minggu tergantung pada kebijakan BRI.
  • Jika permohonan Anda disetujui, BRI akan mengirimkan kartu kredit ke alamat yang telah Anda berikan pada formulir aplikasi.
  • Aktifkan kartu kredit dengan mengikuti petunjuk yang tertera pada kemasan kartu atau dengan menghubungi customer service BRI.

Pastikan untuk membaca dengan cermat syarat dan ketentuan yang berlaku pada kartu kredit BRI yang Anda ajukan. Selain itu, gunakan kartu kredit secara bijak dan bertanggung jawab untuk menghindari masalah keuangan di masa depan.

Kelebihan dan Kekurangan Kartu Kredit BRI

Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan kartu kredit BRI yang harus kalian ketahui sebelum mengambil keputusan untuk memiliki kartu kredit BRI berdasarkan sudut pandang kami :
Kelebihan kartu kredit BRI yaitu :

  • BRI menawarkan berbagai jenis kartu kredit yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan gaya hidup pengguna.
  • BRI memberikan promo-promo menarik dan diskon khusus bagi pemegang kartu kredit di berbagai merchant atau toko online.
  • Tersedia berbagai opsi pembayaran yang fleksibel, seperti cicilan atau pembayaran minimum.
  • Program cashback dan reward point yang cukup menguntungkan.
  • Layanan customer service BRI yang ramah dan responsif.

Sementara untuk kekurangan yang dimiliki oleh kartu kredit BRI antara lain adalah :

  • BRI menerapkan bunga kartu kredit yang cukup tinggi, sehingga pemegang kartu perlu membayar bunga yang cukup besar jika tidak membayar tagihan secara penuh pada waktu yang ditentukan.
  • Beberapa jenis kartu kredit BRI memerlukan biaya tahunan atau biaya administrasi yang cukup tinggi, tergantung dari jenis kartu dan tingkat penggunaan.
  • Terdapat beberapa kendala teknis seperti waktu yang lama untuk mengaktifkan kartu kredit, atau sistem yang kurang stabil dalam melakukan transaksi.
  • Pemegang kartu cenderung merasa tergoda untuk membeli barang-barang yang tidak perlu karena kemudahan dan fleksibilitas pembayaran dengan kartu kredit.

Namun, kelebihan dan kekurangan kartu kredit BRI dapat berbeda-beda tergantung pada jenis kartu kredit dan kebijakan BRI. Sebelum memutuskan untuk mengajukan kartu kredit BRI, pastikan untuk membaca dengan cermat syarat dan ketentuan yang berlaku dan menyesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi keuangan Anda.

Penutup

Secara keseluruhan, kartu kredit BRI menawarkan berbagai jenis kartu kredit yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan gaya hidup pemegang kartu. Selain itu, BRI juga menawarkan promo-promo menarik dan diskon khusus di berbagai merchant atau toko online, serta layanan customer service yang ramah dan responsif.

Namun, pemegang kartu perlu berhati-hati dan bertanggung jawab dalam menggunakan kartu kredit untuk menghindari masalah keuangan di masa depan. Pastikan untuk membaca dengan cermat syarat dan ketentuan yang berlaku dan menyesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi keuangan Anda sebelum mengajukan kartu kredit BRI.