Kelebihan dan Kekurangan Kartu Kredit yang Harus Dipertimbangkan sebelum Memilikinya

kelebihan-dan-kekurangan-kartu-kredit
Kelebihan dan kekurangan kartu kredit yang harus dipertimbangkan. (Photo by Mudassar Iqbal/pixabay)

Pundipedia - Kartu kredit adalah alat pembayaran yang semakin populer di era digital ini. Dengan kemudahan dan kecepatan transaksi, fasilitas cicilan, diskon, cashback, dan reward poin yang ditawarkan, kartu kredit menjadi salah satu pilihan yang paling diminati dalam bertransaksi. Namun, seperti halnya dengan setiap produk keuangan, penggunaan kartu kredit juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan dengan baik.

Daftar Isi

Apa itu Kartu Kredit?

Kartu kredit adalah alat pembayaran yang memungkinkan seseorang untuk membeli barang atau jasa dengan cara mengajukan pinjaman dari bank atau lembaga keuangan yang mengeluarkan kartu kredit. Dalam penggunaannya, kartu kredit memiliki nomor kartu dan tanggal kadaluarsa yang digunakan untuk melakukan pembayaran di toko online maupun offline.

Penggunaan kartu kredit memungkinkan seseorang untuk membuat pembelian secara fleksibel tanpa harus membayar langsung dengan uang tunai atau cek. Setiap transaksi yang dilakukan dengan kartu kredit akan dicatat dan pada akhir bulan akan dihitung tagihan yang harus dibayar oleh pemilik kartu kredit. Pemilik kartu kredit dapat membayar seluruh tagihan pada saat jatuh tempo atau membayar sebagian tagihan dengan membayar bunga yang telah ditetapkan oleh lembaga penerbit kartu kredit.

Persyaratan untuk Membuat Kartu Kredit

Persyaratan untuk membuat kartu kredit dapat bervariasi tergantung pada lembaga keuangan atau bank yang mengeluarkan kartu kredit tersebut.

Umumnya persyaratan yang harus dipenuhi untuk membuat kartu kredit adalah :

  • Memiliki usia minimal 21 tahun atau 18 tahun untuk jenis kartu kredit tertentu.
  • Memiliki penghasilan tetap yang memadai dan dapat dipertanggungjawabkan.
  • Memiliki rekening bank dengan lama keanggotaan minimal 6 bulan.
  • Mempunyai KTP atau identitas resmi lainnya seperti SIM atau paspor.
  • Tidak memiliki catatan buruk dalam laporan kredit atau riwayat kredit yang buruk.
  • Melengkapi formulir aplikasi yang diberikan oleh lembaga penerbit kartu kredit.
  • Memberikan informasi dan dokumen pendukung lainnya yang diminta oleh lembaga penerbit kartu kredit.
Persyaratan ini dapat bervariasi tergantung pada lembaga penerbit kartu kredit yang dipilih dan kebijakan masing-masing lembaga.

Sebelum memilih kartu kredit, pastikan untuk membaca syarat dan ketentuan serta memahami biaya dan bunga yang terkait dengan penggunaan kartu kredit tersebut.

Bagaimana Cara Membuat Kartu Kredit?

Cara membuat kartu kredit dapat bervariasi tergantung pada lembaga keuangan atau bank yang mengeluarkan kartu kredit tersebut.

Namun, secara umum, berikut adalah cara membuat kartu kredit :

  • Pilih lembaga keuangan atau bank yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Pastikan untuk membaca syarat dan ketentuan, biaya, dan bunga yang terkait dengan penggunaan kartu kredit tersebut.
  • Lakukan pengajuan kartu kredit dengan mengisi formulir aplikasi yang diberikan oleh lembaga penerbit kartu kredit. Pastikan untuk memberikan informasi yang lengkap dan benar serta melampirkan dokumen pendukung yang diminta, seperti KTP atau identitas resmi lainnya, bukti penghasilan, dan rekening bank.
  • Setelah formulir dan dokumen lengkap diajukan, lembaga penerbit kartu kredit akan melakukan proses verifikasi dan evaluasi terhadap aplikasi Anda. Jika aplikasi Anda disetujui, maka kartu kredit akan dikirimkan ke alamat Anda.
  • Aktifkan kartu kredit Anda dengan mengikuti petunjuk yang diberikan oleh lembaga penerbit kartu kredit, biasanya dengan cara menghubungi layanan pelanggan atau mengunjungi situs web resmi lembaga tersebut.

Setelah kartu kredit diaktifkan, Anda dapat mulai menggunakannya untuk melakukan pembelian barang dan jasa.

Pastikan untuk menggunakan kartu kredit dengan bijak dan menghindari penggunaan yang berlebihan yang dapat menimbulkan tagihan yang besar dan sulit dibayar nanti.

Lembaga Keuangan Apa saja yang Mengeluarkan Kartu Kredit dan Apa Contohnya?

Beberapa lembaga keuangan yang umumnya mengeluarkan kartu kredit di Indonesia antara lain:

  • Bank Umum: Contoh lembaga penerbit kartu kredit dari bank umum adalah Bank Mandiri, Bank Danamon, Bank BNI, Bank BRI, Bank CIMB Niaga, Bank Permata, dan Bank OCBC NISP.
  • Bank Swasta Nasional: Contoh lembaga penerbit kartu kredit dari bank swasta nasional adalah Bank DBS, Bank Panin, Bank HSBC, dan Bank Maybank.
  • Bank Asing: Contoh lembaga penerbit kartu kredit dari bank asing yang beroperasi di Indonesia adalah Citibank, Standard Chartered Bank, dan American Express.
  • Lembaga Keuangan Non-Bank: Contoh lembaga penerbit kartu kredit dari lembaga keuangan non-bank adalah BCA Finance, OVO, Bukopin, dan Home Credit.
Kartu kredit yang dikeluarkan oleh masing-masing lembaga keuangan ini biasanya memiliki keunggulan dan manfaat yang berbeda-beda, seperti diskon belanja, reward poin, cashback, cicilan 0%, dan sebagainya.

Pastikan untuk memilih kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup Anda serta dapat memaksimalkan manfaat yang Anda dapatkan.

Kelebihan dan Kekurangan Kartu Kredit

Kartu kredit memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk menggunakannya.

Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan kartu kredit:

Kelebihan Kartu Kredit :

  • Kemudahan dan Kecepatan Transaksi: Kartu kredit memungkinkan Anda untuk melakukan pembelian barang dan jasa secara cepat dan mudah, terutama untuk pembelian online.
  • Fasilitas Cicilan: Kartu kredit juga memberikan fasilitas cicilan dengan bunga rendah atau bahkan tanpa bunga yang dapat membantu memudahkan pengelolaan keuangan.
  • Diskon, Cashback, dan Reward Poin: Sebagian besar kartu kredit menawarkan berbagai macam diskon, cashback, dan reward poin yang dapat Anda nikmati ketika melakukan transaksi.
  • Fleksibilitas: Anda dapat memilih untuk membayar tagihan secara penuh atau hanya membayar sebagian dari tagihan setiap bulannya, tergantung pada kemampuan keuangan Anda.

Kekurangan Kartu Kredit :

  • Biaya dan Bunga: Kartu kredit seringkali memiliki biaya tahunan, biaya keterlambatan, dan bunga yang tinggi, yang dapat menambah beban finansial Anda jika tidak dikelola dengan baik.
  • Potensi Penyalahgunaan: Kartu kredit dapat memicu kecanduan belanja dan pengeluaran yang berlebihan, terutama jika Anda tidak memiliki disiplin keuangan yang baik.
  • Risiko Identitas: Kartu kredit juga dapat membawa risiko keamanan yang berpotensi mengungkapkan informasi pribadi dan finansial Anda kepada orang yang tidak bertanggung jawab.
  • Tidak dapat Digunakan di Semua Tempat: Kartu kredit tidak dapat diterima di semua tempat, terutama di tempat-tempat yang menerapkan sistem pembayaran tunai atau transfer bank.

Jadi, sebelum memutuskan untuk menggunakan kartu kredit, pastikan untuk mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya serta memastikan bahwa Anda dapat mengelolanya dengan bijak dan bertanggung jawab.

Kesimpulan

Kartu kredit adalah alat yang sangat bermanfaat dalam memudahkan transaksi belanja, tetapi juga membutuhkan pengelolaan yang bijak dan bertanggung jawab. Penting untuk mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan kartu kredit serta memahami cara mengelola tagihan dan menghindari risiko penggunaannya. Untuk itu, sebelum memutuskan untuk mengajukan kartu kredit, pastikan Anda sudah mempertimbangkan dengan baik dan memilih kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan Anda.

Dengan menggunakan kartu kredit dengan bijak, Anda dapat memanfaatkan manfaatnya untuk memudahkan keuangan Anda sehari-hari dan bahkan mendapatkan berbagai keuntungan dari cashback dan reward poin. Ingatlah untuk selalu mengontrol pengeluaran dan tagihan kartu kredit agar tidak terjebak dalam cicilan yang berat dan berdampak buruk pada keuangan Anda di masa depan.