Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Program Afiliasi Amazon untuk Pemula

Pundipedia - Banyak cara yang dapat dilakukan untuk dapat menghasilkan uang pada era digitalisasi saat ini. Cuma bermodalkan data internet saja kalian bisa mendapatkan penghasilan. Salah satu cara menghasilkan uang dari internet yang mudah bahkan gampang dilakukan oleh pemula sekaligus yakni menjadi affiliate marketing. 

Pada kali ini kita akan membahas peluang menjadi affiliate Amazon. Apa itu Amazon? Bagaimana cara menghasilkan uang melalui affiliate Amazon? Simak penjelasan berikut.

Daftar Isi

affiliate-amazone
afiliasi amazon (image by shoutmeloud) 

Apa itu Amazon? 

Amazon adalah sebuah platform perdagangan elektronik (e-commerce) yang didirikan pada tahun 1994 oleh Jeff Bezos di Seattle, Amerika Serikat. Amazon awalnya didirikan sebagai toko buku online, namun sekarang telah berkembang menjadi toko online terbesar di dunia dengan penjualan produk-produk yang sangat beragam, termasuk elektronik, pakaian, makanan dan minuman, produk kecantikan, dan masih banyak lagi.

Amazon telah mengembangkan sistem distribusi dan pengiriman produk yang canggih dan efisien, seperti layanan pengiriman satu hari (prime), Amazon locker, dan Amazon fresh. Amazon juga menawarkan layanan streaming video dan musik (Amazon Prime Video dan Amazon Music) serta platform untuk membeli dan menjual barang-barang bekas (Amazon Marketplace).

Toko online Amazon telah menjadi salah satu situs belanja online terpopuler di dunia dan telah memperluas jangkauannya ke berbagai negara, termasuk Indonesia.

Bagaimana cara Menghasilkan Uang dengan Menjadi Affiliate Amazon

Sebagai affiliate Amazon, Anda dapat menghasilkan uang dengan merekomendasikan produk-produk Amazon kepada orang lain dan menerima komisi jika ada orang yang membeli produk melalui link afiliasi Anda.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menghasilkan uang dengan menjadi affiliate Amazon:

  • Mendaftar sebagai affiliate Amazon: Anda dapat mendaftar di Amazon Associates dengan mengisi formulir pendaftaran yang ada di situs web Amazon.
  • Pilih produk yang ingin dipromosikan: Setelah mendaftar, Anda dapat memilih produk-produk Amazon yang ingin dipromosikan. Anda dapat mencari produk melalui situs web Amazon atau melalui alat pencarian yang disediakan oleh Amazon Associates.
  • Buat link afiliasi: Setelah memilih produk, Anda akan menerima link afiliasi yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan produk. Anda dapat memasukkan link ini ke situs web Anda, blog, atau media sosial.
  • Promosikan produk: Setelah mendapatkan link afiliasi, Anda dapat mempromosikan produk melalui berbagai cara, seperti menulis review produk, membuat video review, atau membagikan link afiliasi melalui media sosial.
  • Dapatkan komisi: Jika ada orang yang membeli produk melalui link afiliasi Anda, Anda akan menerima komisi dari Amazon. Komisi yang Anda terima tergantung pada jenis produk dan program afiliasi Amazon yang Anda ikuti.
Penting untuk diingat bahwa menghasilkan uang sebagai affiliate Amazon memerlukan usaha dan waktu untuk mempromosikan produk dan membangun audiens. Namun, jika dilakukan dengan baik, program afiliasi Amazon dapat menjadi sumber penghasilan pasif yang menguntungkan.

Bagaimana Cara Mendaftarkan Akun Affiliate Amazon? 

Jika kamu berminat mencoba menghasilkan uang melalui program affiliasi Amazon, Berikut adalah langkah-langkah untuk mendaftar sebagai afiliasi Amazon:

  • Buka situs web Amazon Associates: Pertama-tama, buka situs web Amazon Associates di https://affiliate-program.amazon.com.
  • Klik "Join Now for Free": Pada halaman beranda Amazon Associates, klik tombol "Join Now for Free" untuk memulai proses pendaftaran.
  • Masuk atau buat akun Amazon: Jika Anda sudah memiliki akun Amazon, Anda dapat langsung masuk. Namun jika belum, Anda harus membuat akun terlebih dahulu dengan mengisi informasi yang diperlukan.
  • Isi informasi akun: Setelah masuk, Anda akan diminta untuk mengisi informasi akun, seperti nama, alamat, dan informasi pembayaran.
  • Masukkan informasi situs web atau aplikasi: Selanjutnya, Anda perlu memberikan informasi tentang situs web atau aplikasi yang akan Anda gunakan untuk mempromosikan produk Amazon. Anda juga perlu menjelaskan jenis konten yang akan Anda buat.
  • Konfirmasi email: Setelah mengisi informasi akun dan situs web, Anda akan diminta untuk mengkonfirmasi alamat email Anda.
  • Tunggu persetujuan: Setelah mendaftar, Amazon akan meninjau aplikasi Anda dan memberi tahu Anda apakah aplikasi Anda disetujui atau tidak. Biasanya proses persetujuan hanya membutuhkan waktu beberapa hari.

Setelah aplikasi Anda disetujui, Anda dapat mulai mempromosikan produk Amazon dan menghasilkan komisi sebagai afiliasi Amazon. Penting untuk mematuhi aturan dan kebijakan Amazon Associates agar akun Anda tidak dihapus dan Anda dapat terus menghasilkan uang sebagai afiliasi.

Persyaratan dan Cara Pembayaran dari Amazon untuk Affiliate Indonesia

Untuk afiliasi Amazon yang berbasis di Indonesia, Amazon menyediakan dua metode pembayaran, yaitu Transfer Bank Langsung dan Kartu Hadiah Amazon.

Berikut adalah informasi lebih detail tentang kedua metode pembayaran tersebut:

  • Transfer Bank Langsung: Dengan metode ini, Amazon akan mentransfer penghasilan afiliasi secara langsung ke rekening bank afiliasi. Namun, untuk menggunakan metode pembayaran ini, afiliasi harus memenuhi persyaratan minimum pembayaran yang ditetapkan oleh Amazon. Untuk afiliasi di Indonesia, persyaratan minimum pembayaran adalah $10.
  • Kartu Hadiah Amazon: Metode pembayaran ini akan memberikan penghasilan afiliasi dalam bentuk kartu hadiah Amazon yang dapat digunakan untuk membeli produk di Amazon. Kartu hadiah ini akan dikirim ke alamat email yang terdaftar di akun afiliasi dan dapat diaktifkan di situs Amazon. Tidak ada persyaratan minimum pembayaran untuk menggunakan metode pembayaran ini.
Sebelum memilih metode pembayaran yang tepat, pastikan untuk membaca syarat dan ketentuan program afiliasi Amazon dan memahami semua persyaratan dan batasannya. Selain itu, pastikan juga untuk memberikan informasi akun bank yang benar dan valid jika Anda memilih metode pembayaran Transfer Bank Langsung.

Bagaimana Supaya Bisa Sukses Menghasilkan Uang dari Affiliate Amazon?

Berikut adalah beberapa tips untuk berhasil dan menghasilkan uang dari program afiliasi Amazon:

  • Pilih produk yang tepat: Pilih produk yang relevan dengan konten Anda dan menarik bagi audiens Anda. Pastikan untuk mempromosikan produk yang memang Anda gunakan atau yang Anda yakin akan bermanfaat bagi audiens Anda.
  • Gunakan link afiliasi dengan bijak: Pastikan untuk menggunakan link afiliasi di tempat yang tepat dan dengan cara yang tepat, seperti menambahkan link di akhir review atau menempatkan link di tempat yang mudah dilihat oleh audiens.
  • Buat konten yang berkualitas: Buat konten yang berkualitas dan bermanfaat bagi audiens Anda. Contohnya, tulislah review produk yang mendalam atau buat video demo produk yang informatif.
  • Promosikan produk secara konsisten: Promosikan produk secara konsisten dan terus-menerus dengan membagikan link afiliasi melalui media sosial, email, atau blog.
  • Gunakan alat bantu afiliasi: Amazon menyediakan berbagai alat bantu afiliasi seperti bingkai iklan, widget, dan pemberitahuan harga yang dapat membantu meningkatkan konversi dan penghasilan Anda.
  • Jaga reputasi Anda: Pastikan untuk mengikuti aturan dan kebijakan Amazon Associates dan jangan menggunakan praktik yang tidak etis untuk mempromosikan produk. Jaga reputasi Anda sebagai afiliasi yang tepercaya dan jangan merugikan audiens Anda dengan mempromosikan produk yang tidak berkualitas.
  • Pelajari terus menerus: Pelajari terus menerus tentang program afiliasi Amazon dan strategi pemasaran afiliasi lainnya untuk meningkatkan kemampuan Anda sebagai afiliasi dan menghasilkan lebih banyak uang.
Demikianlah penjelasan mengenai Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Program Afiliasi Amazon untuk Pemula. Bisnis model affiliasi ini tergolong mudah dan gampang untuk dilakukan karena tidak harus menawarkan barang dagangan secara langsung melainkan cukup membagikan link pembelian produk tersebut. Jika kamu berminat tidak ada salahnya untuk dicoba, siapa tau nantinya kalian bisa sukses menjadi affiliasi Amazon ini.