Menjadi Freelancer di Upwork : Panduan Lengkap untuk Pemula

panduan-menjadi-freelancer-di-upwork

Pundipedia - Dalam era digital saat ini, semakin banyak orang yang memilih untuk menjadi freelancer dan bekerja secara online. Upwork adalah salah satu platform freelance terbesar di dunia yang mempertemukan freelancer dengan klien yang membutuhkan layanan mereka.

Dengan lebih dari 12 juta freelancer yang terdaftar di platform ini, Upwork menawarkan banyak peluang bagi orang-orang yang ingin memulai karir freelance mereka. Namun, seperti halnya dengan pekerjaan freelance lainnya, bekerja di Upwork memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum memulai.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang keuntungan dan tantangan menjadi freelancer di Upwork serta bagaimana cara memulai karir freelance di Upwork.

Apa itu Upwork?

Upwork adalah sebuah platform daring (online) yang digunakan untuk mempertemukan antara freelancer dengan klien yang membutuhkan jasa mereka.

Upwork menawarkan banyak jenis pekerjaan freelance seperti desain grafis, penulisan, penerjemahan, pengembangan web, pengelolaan media sosial, dan masih banyak lagi.Klien dapat memilih freelancer dari berbagai negara di seluruh dunia untuk menyelesaikan proyek mereka, sementara freelancer dapat menawarkan layanan mereka kepada klien di seluruh dunia.

Upwork adalah salah satu platform freelance terbesar di dunia dan telah membantu banyak orang untuk menemukan pekerjaan freelance dan juga mempekerjakan freelancer untuk menyelesaikan proyek-proyek mereka.

Cara Mendaftarkan Akun di Upwork

Jika kalian berminat menjadi freelancer di Upwork, berikut adalah langkah-langkah untuk mendaftarkan akun kalian di Upwork:

  • Buka situs web upwork.com dan klik tombol "Sign Up" di pojok kanan atas halaman.

  • Pilih apakah Anda ingin mendaftar sebagai klien atau freelancer. Pilih "Freelancer".

  • Isi informasi akun Anda, seperti nama lengkap, alamat email, dan kata sandi yang aman. Setelah itu, klik tombol "Create My Account".

  • Upwork akan meminta Anda untuk mengisi profil Anda. Pilih kategori dan subkategori pekerjaan yang sesuai dengan keahlian Anda, lalu isi profil Anda dengan detail informasi seperti pengalaman kerja, pendidikan, portofolio, dan sertifikasi yang dimiliki.

  • Setelah Anda selesai mengisi profil Anda, Anda harus memverifikasi identitas Anda dengan mengunggah scan kartu identitas dan mengambil foto wajah Anda.

  • Upwork juga akan meminta Anda untuk menyelesaikan tes keahlian dalam bidang pekerjaan yang Anda minati. Tes ini akan membantu meningkatkan kemungkinan Anda diterima oleh klien di Upwork.

  • Setelah proses pendaftaran selesai, tunggu persetujuan dari Upwork. Setelah disetujui, Anda dapat mulai mencari pekerjaan di Upwork dan menawarkan layanan Anda kepada klien di seluruh dunia.

Pastikan bahwa Anda mengisi profil dengan lengkap dan jujur, serta memberikan informasi yang memadai tentang keterampilan dan pengalaman Anda agar Anda memiliki peluang yang lebih baik untuk diterima dan mendapatkan pekerjaan di Upwork.

Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Upwork?

Setelah kalian selesai mendaftarkan akun kalian di Upwork maka langkah berikutnya adalah mulai menghasilkan uang dari sana.

Berikut adalah beberapa cara untuk menghasilkan uang dari Upwork:

  • Buat profil yang menarik dan lengkap: Pastikan profil Anda mencakup semua keterampilan, pengalaman, dan pendidikan yang relevan. Profil yang lengkap dan menarik akan memperlihatkan kemampuan dan kredibilitas Anda kepada klien.

  • Cari pekerjaan yang sesuai: Gunakan fitur pencarian Upwork untuk menemukan proyek yang sesuai dengan keterampilan dan minat Anda. Ketika Anda menemukan proyek yang menarik, baca dengan cermat deskripsi proyek dan pastikan Anda memenuhi semua persyaratan yang dibutuhkan.

  • Tawarkan harga yang wajar: Jangan terlalu rendah atau terlalu tinggi dalam menawarkan harga Anda. Cari tahu harga pasar dan pertimbangkan biaya hidup di negara tempat klien berasal.

  • Buatlah penawaran yang menarik: Buatlah penawaran yang jelas, rinci, dan menarik yang menjelaskan keterampilan dan pengalaman Anda dalam bidang proyek yang ditawarkan. Jelaskan cara Anda dapat membantu klien menyelesaikan proyek mereka.

  • Kerjakan proyek dengan baik: Kerjakan proyek dengan sebaik-baiknya dan tepat waktu. Pastikan klien puas dengan hasil kerja Anda. Hal ini akan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan ulasan dan rekomendasi dari klien, yang dapat membantu Anda mendapatkan lebih banyak pekerjaan di masa depan.

  • Tingkatkan reputasi Anda: Reputasi yang baik akan membantu Anda mendapatkan lebih banyak pekerjaan di masa depan. Pastikan untuk memperhatikan feedback dari klien dan memperbaiki kekurangan Anda untuk menjadi freelancer yang lebih baik.

  • Gunakan alat Upwork: Upwork menyediakan alat yang dapat membantu Anda mengelola proyek dan memudahkan komunikasi dengan klien. Pastikan Anda memanfaatkan semua fitur dan alat yang disediakan oleh Upwork.

Dengan melakukan langkah-langkah tersebut dengan baik, Anda dapat membangun reputasi yang baik dan menghasilkan uang dari Upwork.

Cara Pembayaran di Upwork

Upwork menyediakan beberapa cara pembayaran untuk freelancer, antara lain sebagai berikut :

  • Transfer bank: Upwork mendukung transfer bank internasional, sehingga freelancer dapat menerima pembayaran langsung ke rekening bank mereka. Namun, biaya transfer bank dan nilai tukar mata uang dapat berlaku.

  • Transfer ke rekening PayPal: Freelancer juga dapat menerima pembayaran melalui PayPal, sebuah platform pembayaran daring yang sangat populer. Namun, Upwork mengenakan biaya untuk penggunaan PayPal.

  • Transfer ke rekening Payoneer: Payoneer adalah platform pembayaran daring internasional yang digunakan oleh banyak freelancer. Upwork mendukung transfer pembayaran ke rekening Payoneer, yang dapat diakses melalui kartu debit Mastercard.

  • Transfer ke rekening lokal di beberapa negara: Upwork juga menawarkan opsi transfer pembayaran ke rekening bank lokal di beberapa negara, termasuk Amerika Serikat, Inggris, Australia, dan beberapa negara di Eropa.

Upwork menawarkan opsi pembayaran mingguan atau bulanan. Pembayaran mingguan diterima 10 hari setelah minggu kerja berakhir, sedangkan pembayaran bulanan diterima pada akhir bulan kerja.

Upwork juga menawarkan sistem escrow, di mana klien membayar uang ke dalam rekening escrow dan freelancer hanya menerima pembayaran setelah menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

Upwork menjamin keamanan transaksi dan melindungi freelancer dari penipuan dan penyelewengan pembayaran. Pastikan Anda memilih metode pembayaran yang sesuai dengan kebutuhan dan memperhatikan biaya dan waktu yang dibutuhkan untuk menerima pembayaran.

Kelebihan dan Kekurangan dari Upwork

Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari Upwork yakni :

Kelebihan Upwork yakni :

  • Peluang kerja yang banyak: Upwork memiliki jaringan klien yang sangat besar dan menawarkan ribuan pekerjaan setiap hari, sehingga memberikan peluang yang sangat besar bagi freelancer untuk mendapatkan pekerjaan.

  • Fleksibilitas: Upwork memungkinkan freelancer untuk bekerja dari mana saja dan kapan saja, asalkan mereka dapat memenuhi tenggat waktu yang ditetapkan oleh klien.

  • Penggunaan platform yang mudah: Upwork memiliki antarmuka pengguna yang mudah digunakan dan memudahkan freelancer untuk melamar pekerjaan, berkomunikasi dengan klien, dan memonitor proyek.

  • Dukungan dan alat bantu: Upwork menyediakan dukungan pelanggan 24/7 dan juga menyediakan alat bantu untuk memudahkan freelancer dalam mengelola proyek, seperti sistem pembayaran, kontrak, dan sistem pelaporan.

  • Pembayaran yang aman: Upwork menjamin keamanan transaksi dan melindungi freelancer dari penipuan dan penyelewengan pembayaran melalui sistem escrow.

Kekurangan dari Upwork antara lain sebagai berikut :

  • Kompetisi yang ketat: Upwork memiliki banyak freelancer yang berlomba-lomba untuk mendapatkan proyek, sehingga persaingan dapat sangat ketat.

  • Biaya: Upwork mengenakan biaya pada freelancer, mulai dari 5-20% dari jumlah pembayaran yang diterima, tergantung pada jumlah proyek yang diterima.

  • Komunikasi dengan klien: Meskipun Upwork memiliki fitur komunikasi yang mudah digunakan, beberapa klien mungkin memerlukan komunikasi langsung yang lebih sering atau bertemu secara langsung.

  • Persyaratan yang ketat: Upwork memiliki persyaratan ketat untuk freelancer, termasuk verifikasi identitas dan keterampilan, sehingga membutuhkan waktu dan usaha untuk memenuhi persyaratan tersebut.

  • Potensi pembayaran yang tidak stabil: Sebagai freelancer, pembayaran dapat bervariasi dari waktu ke waktu, tergantung pada proyek yang diterima dan kinerja freelancer. Oleh karena itu, pendapatan dari Upwork mungkin tidak stabil atau dapat berfluktuasi.

Kesimpulan

Sebagai kesimpulan, Upwork adalah platform yang menarik bagi freelancer untuk memperoleh penghasilan tambahan atau bahkan menjadi sumber penghasilan utama.

Namun, menjadi freelancer di Upwork juga memerlukan usaha dan keterampilan yang baik untuk memenangkan proyek dan membangun reputasi yang baik. Oleh karena itu, penting bagi freelancer untuk terus meningkatkan keterampilan mereka dan menjaga kualitas kerja yang baik agar dapat bersaing dan mendapatkan proyek yang lebih baik di masa depan.

Dengan memanfaatkan fitur dan alat bantu yang disediakan oleh Upwork, serta memperhatikan kelebihan dan kekurangan platform, freelancer dapat mencapai kesuksesan dalam karir freelance mereka.