Tips dan Strategi Sukses sebagai Freelancer Pemula di Freelancer.com

Pundipedia - Pekerjaan sebagai freelancer semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Freelancer adalah orang yang bekerja secara independen dan menerima proyek dari klien atau perusahaan tertentu, tanpa terikat oleh kontrak jangka panjang.

Pada kesempatan yang lalu telah kami ulas yakni 6 situs kerja freelance yang populer saat ini. Pada kesempatan kali ini akan kita kupas tips dan strategi sukses sebagai freelancer di Freelancer.com, apa saja tipsnya dan bagaimana strateginya?

Daftar Isi

freelance-di-freelancer
freelancer di freelancer.com (image by fp/freelancer) 

Apa itu Freelancer.com? 

Freelancer.com adalah salah satu platform online terbesar untuk pekerja lepas atau freelancer. Platform ini menyediakan layanan bagi individu dan perusahaan untuk mempekerjakan pekerja lepas untuk proyek-proyek yang berbeda.

Freelancer.com memungkinkan orang-orang dari seluruh dunia untuk bekerja bersama dalam proyek-proyek yang berbeda, memungkinkan pekerja lepas untuk mendapatkan pekerjaan baru dan pelanggan untuk menemukan bakat terbaik untuk proyek mereka.

Freelancer.com didirikan pada tahun 2009 di Sydney, Australia oleh sekelompok orang yang memiliki latar belakang di bidang teknologi dan bisnis. Awalnya, platform ini dikenal sebagai GetAFreelancer.com dan hanya menawarkan layanan di Amerika Serikat. Namun, seiring dengan pertumbuhan dan pengembangan, platform ini menjadi Freelancer.com dan memperluas jangkauannya hingga ke seluruh dunia.

Fitur Freelancer.com

Freelancer.com menawarkan fitur-fitur yang dapat membantu freelancer dan pelanggan menemukan satu sama lain dan berkolaborasi dengan efektif. Beberapa fitur utama yang ditawarkan oleh platform ini meliputi :

  • Post dan Bid Projects: Pelanggan dapat memposting proyek mereka di platform dan freelancer dapat membuat tawaran pada proyek-proyek tersebut.
  • Milestones: Freelancer dan pelanggan dapat membuat milestone dalam proyek, di mana freelancer dapat menerima pembayaran sebagian ketika sebuah milestone tercapai.
  • Escrow: Freelancer dan pelanggan dapat menggunakan fitur escrow untuk menjamin pembayaran. Pembayaran akan disimpan di escrow sampai proyek selesai dan disetujui oleh pelanggan.
  • Ulasan dan Peringkat: Freelancer dan pelanggan dapat memberikan ulasan dan peringkat satu sama lain setelah proyek selesai, memberikan umpan balik yang bermanfaat untuk komunitas Freelancer.com.
  • Layanan Pelanggan 24/7: Freelancer.com menyediakan layanan pelanggan 24/7 untuk membantu pengguna dengan masalah atau pertanyaan.

Keuntungan Menjadi Freelancer di Freelancer.com

Menjadi seorang freelancer di Freelancer.com memiliki banyak keuntungan, termasuk antara lain :

  • Peluang untuk bekerja dengan pelanggan di seluruh dunia.
  • Kesempatan untuk mengembangkan dan meningkatkan keterampilan dalam berbagai proyek.
  • Fleksibilitas dalam memilih proyek dan jadwal kerja.
  • Penghasilan yang lebih tinggi dibandingkan dengan pekerjaan tetap.
  • Potensi untuk membangun portofolio yang kuat.

Namun, sebagai freelancer, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat bekerja di Freelancer.com. Beberapa di antaranya meliputi persaingan yang ketat, kebutuhan untuk terus memperbarui dan meningkatkan keterampilan, dan kebutuhan untuk mengatur keuangan secara mandiri.

Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Freelancer.com? 

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghasilkan uang dari Freelancer.com. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

Mendaftar sebagai Freelancer

Cara pertama untuk menghasilkan uang dari Freelancer.com adalah dengan mendaftar sebagai freelancer. Setelah mendaftar, Anda dapat menelusuri proyek-proyek yang tersedia di platform, lalu mengajukan penawaran pada proyek yang sesuai dengan keterampilan Anda. Jika Anda berhasil mendapatkan proyek, Anda akan dapat bekerja dan menerima pembayaran dari pelanggan.

Menjual Layanan atau Produk

Anda juga dapat menjual layanan atau produk Anda di Freelancer.com. Ini dapat dilakukan dengan membuat sebuah "gig" atau tawaran layanan di profil Anda, seperti desain grafis, penulisan konten, atau pemasaran digital. Anda dapat mempromosikan tawaran Anda ke pelanggan potensial dan menawarkan layanan Anda untuk mereka.

Membuat Konten Edukatif

Anda dapat menghasilkan uang dari Freelancer.com dengan membuat konten edukatif seperti kursus online atau ebook. Anda dapat menulis konten tentang topik tertentu yang Anda kuasai, lalu menjualnya di platform. Pelanggan dapat membeli konten edukatif Anda dan Anda akan mendapatkan pembayaran dari setiap penjualan.

Menjadi Affiliate Marketer

Anda juga dapat menghasilkan uang sebagai affiliate marketer di Freelancer.com. Anda dapat mendaftar sebagai afiliasi di situs-situs seperti Amazon, ClickBank, atau ShareASale, lalu mempromosikan produk-produk yang tersedia di situs-situs tersebut. Ketika seseorang membeli produk melalui link afiliasi Anda, Anda akan mendapatkan komisi dari penjualan tersebut.

Menghasilkan Uang dari Kontes

Freelancer.com juga menyelenggarakan kontes untuk para freelancer. Anda dapat mengikuti kontes dengan tema-tema tertentu seperti desain logo atau penulisan artikel, lalu memenangkan hadiah uang tunai jika karya Anda terpilih sebagai pemenang.

Terdapat banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghasilkan uang dari Freelancer.com, tetapi pastikan Anda memilih cara yang sesuai dengan keterampilan dan minat Anda. Selain itu, perlu diingat bahwa sukses di Freelancer.com membutuhkan kerja keras dan konsistensi untuk terus mengembangkan keterampilan dan mempromosikan layanan Anda.

Bagaimana Cara Pembayaran di Freelancer.com? 

Freelancer.com menyediakan beberapa cara pembayaran untuk memudahkan freelancer menerima pembayaran dari pelanggan di seluruh dunia. Berikut adalah beberapa cara pembayaran yang tersedia di Freelancer.com :

Transfer Bank

Transfer bank adalah cara pembayaran yang paling umum digunakan di Freelancer.com. Anda dapat menambahkan informasi rekening bank Anda ke profil Anda dan menerima pembayaran langsung ke rekening bank Anda. Setelah pembayaran diterima, Anda dapat menarik dana ke rekening bank Anda dengan biaya yang ditentukan oleh bank penerima.

Transfer Kartu Kredit atau Debit

Freelancer.com juga memungkinkan pembayaran melalui kartu kredit atau debit, dengan menghubungkan kartu Anda ke akun Freelancer.com. Namun, perlu diingat bahwa biaya transaksi yang dikenakan bisa cukup tinggi tergantung pada jenis kartu yang Anda gunakan.

PayPal

PayPal adalah metode pembayaran online yang paling populer di dunia, dan tersedia juga sebagai pilihan pembayaran di Freelancer.com. Anda dapat menambahkan akun PayPal Anda ke profil Freelancer.com, lalu menerima pembayaran langsung ke akun PayPal Anda. Namun, perlu diingat bahwa PayPal mengenakan biaya transaksi untuk menerima pembayaran.

Skrill

Skrill adalah layanan pembayaran online yang populer di seluruh dunia. Anda dapat menambahkan akun Skrill Anda ke profil Freelancer.com dan menerima pembayaran langsung ke akun Skrill Anda. Biaya transaksi yang dikenakan Skrill juga cukup bersaing dengan metode pembayaran lainnya.

Payoneer

Payoneer adalah platform pembayaran online yang memungkinkan Anda menerima pembayaran langsung ke akun Payoneer Anda. Anda dapat menambahkan akun Payoneer Anda ke profil Freelancer.com dan menerima pembayaran dari pelanggan di seluruh dunia.

Setiap metode pembayaran memiliki biaya transaksi yang berbeda-beda, jadi pastikan Anda mempertimbangkan biaya tersebut sebelum memilih metode pembayaran yang tepat untuk Anda. Jika Anda masih memiliki pertanyaan mengenai cara pembayaran di Freelancer.com, Anda dapat mengunjungi pusat bantuan di situs web mereka atau menghubungi tim dukungan pelanggan mereka untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Cara Mendaftarkan Diri di Freelancer.com

Berminat mencoba menghasilkan uang sebagai freelancer? Berikut adalah cara mendaftarkan diri di Freelancer.com:

  • Kunjungi situs web Freelancer.com.
  • Klik tombol "Sign Up" di pojok kanan atas layar.
  • Anda akan diarahkan ke halaman pendaftaran, di mana Anda akan diminta untuk memilih apakah Anda ingin mendaftar sebagai freelancer atau sebagai pemberi kerja.
  • Jika Anda ingin mendaftar sebagai freelancer, pilih "I want to work" dan masukkan informasi pendaftaran yang diperlukan, seperti nama lengkap, alamat email, dan kata sandi. Pastikan informasi yang Anda masukkan akurat dan valid.
  • Setelah memasukkan informasi pendaftaran Anda, klik tombol "Create Account".
  • Anda akan diarahkan ke halaman profil Anda, di mana Anda dapat mengisi informasi tambahan tentang keterampilan dan pengalaman Anda. Pastikan untuk menuliskan profil yang menarik dan profesional untuk meningkatkan peluang Anda mendapatkan proyek.
  • Setelah selesai membuat profil, Anda dapat menelusuri proyek-proyek yang tersedia dan mengajukan penawaran pada proyek yang sesuai dengan keterampilan Anda.
  • Jika Anda berhasil mendapatkan proyek, Anda dapat mulai bekerja dan menerima pembayaran dari pelanggan Anda.
  • Sebelum dapat menarik dana yang Anda hasilkan, Anda harus memverifikasi akun Anda dan menambahkan informasi pembayaran seperti rekening bank, akun PayPal, atau akun Skrill.
  • Setelah informasi pembayaran Anda diverifikasi, Anda dapat menarik dana ke akun pembayaran Anda dengan biaya yang ditentukan oleh platform pembayaran yang Anda gunakan.

Itulah cara mendaftar di Freelancer.com sebagai freelancer. Pastikan untuk membaca syarat dan ketentuan dengan cermat dan membuat profil yang menarik dan profesional untuk meningkatkan peluang Anda mendapatkan proyek yang sesuai dengan keterampilan Anda.

Tips dan Strategi Supaya Sukses Sebagai Freelancer di Freelancer.com

Berikut adalah beberapa tips dan strategi yang dapat membantu Anda sukses sebagai freelancer di Freelancer.com :

  • Buat profil yang menarik: Pastikan profil Anda mencerminkan kemampuan dan keahlian Anda secara jelas dan menarik. Tambahkan portofolio yang relevan, testimoni, dan sertifikasi atau penghargaan yang Anda peroleh.
  • Pilih pekerjaan yang sesuai: Pilih proyek yang sesuai dengan keahlian Anda, minat, dan pengalaman sebelumnya. Jangan terlalu memaksakan diri untuk mengambil pekerjaan yang jauh dari keahlian Anda.
  • Tetap kompetitif: Saat mengajukan penawaran, perhatikan harga dan tingkat keahlian Anda. Pastikan Anda tetap kompetitif dan mempertimbangkan biaya hidup serta standar pasar.
  • Menjaga komunikasi yang baik: Komunikasi yang baik dengan klien sangat penting untuk memastikan pekerjaan berjalan dengan lancar. Pastikan untuk memahami spesifikasi pekerjaan dengan jelas dan mengkomunikasikan pertanyaan atau masalah yang muncul secara teratur.
  • Serius dengan deadline: Deadline sangat penting di Freelancer.com. Pastikan Anda bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dan melakukan yang terbaik untuk memenuhi deadline klien.
  • Berikan hasil terbaik: Berikan hasil terbaik yang Anda bisa, dan jangan takut untuk memberikan saran atau ide yang dapat meningkatkan kualitas pekerjaan.
  • Gunakan fitur Freelancer.com: Manfaatkan fitur yang tersedia di Freelancer.com seperti uji keterampilan, uji sertifikasi, dan promosi proyek untuk meningkatkan reputasi dan kemampuan Anda.
  • Lakukan networking: Networking sangat penting di Freelancer.com. Jalin hubungan baik dengan klien dan freelancer lainnya di platform ini. Terus memperluas jaringan Anda dan membangun reputasi yang baik di antara mereka.

Dengan menerapkan tips dan strategi ini, Anda dapat meningkatkan kesuksesan Anda sebagai freelancer di Freelancer.com. Ingatlah bahwa kesuksesan tidak terjadi dalam semalam, tetapi dibangun dari kerja keras, kesabaran, dan ketekunan.