Menghasilkan Uang dari Jualan Foto di Shutterstock

jualan-foto-di-shutterstock

Pundipedia - Menghasilkan uang dengan jualan foto online bisa menjadi cara yang menarik untuk memonetisasi keterampilan fotografi Anda. Dalam era digital saat ini, permintaan akan gambar berkualitas tinggi terus meningkat, dan banyak pelaku bisnis dan situs web membutuhkan foto yang menarik dan bermakna untuk menarik perhatian audiens mereka.

Dengan menjual foto secara online, Anda dapat menjangkau pasar global dan mendapatkan penghasilan dari hobi atau pekerjaan yang Anda sukai.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara menghasilkan uang dari jualan foto melalui salah satu dari situs tempat jual beli foto online yang sudah populer di dunia yakni Shutterstock.

Apa itu Shutterstock?

Shutterstock adalah sebuah situs web penyedia layanan stok foto, video, dan musik. Mereka menawarkan akses ke jutaan foto, video, dan musik berkualitas tinggi yang dapat digunakan untuk keperluan komersial atau non-komersial.

Shutterstock merupakan salah satu platform terbesar dan terpercaya dalam industri stok foto dan video, dan digunakan oleh banyak perusahaan, desainer grafis, dan individu yang membutuhkan gambar atau video berkualitas tinggi untuk proyek mereka.

Selain itu, Shutterstock juga menyediakan layanan editor gambar dan video serta alat pencarian yang canggih untuk memudahkan pengguna dalam mencari dan menemukan konten yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Cara Menghasilkan Uang dari Shutterstock

Anda dapat menghasilkan uang dari Shutterstock dengan cara menjual foto, video, atau musik yang Anda buat atau miliki. Untuk menjual konten di Shutterstock, Anda harus mendaftar dan membuat akun pengguna. Setelah itu, Anda dapat mengunggah foto, video, atau musik Anda ke situs web Shutterstock, di mana mereka akan direview oleh tim Shutterstock untuk memastikan kualitas dan kecocokan dengan standar mereka.

Jika konten Anda disetujui untuk dijual di Shutterstock, Anda akan memperoleh royalti atau bayaran setiap kali ada pengguna yang mengunduh atau membeli konten Anda. Royalti yang Anda peroleh bergantung pada jenis lisensi yang digunakan oleh pengguna, jumlah pengunduhan, dan tingkat keanggotaan pengguna.

Untuk meningkatkan potensi pendapatan Anda di Shutterstock, pastikan bahwa konten yang Anda unggah berkualitas tinggi dan sesuai dengan tren terbaru di industri stok foto dan video. Selain itu, Anda juga dapat mempromosikan konten Anda di luar Shutterstock, seperti melalui media sosial atau situs web Anda sendiri, untuk menjangkau lebih banyak calon pembeli.

Bagaimana Cara Menjadi Kontributor di Shutterstock? 

Untuk mulai dapat menghasilkan uang dari Shutterstock tentunya terlebih dahulu harus menjadi kontributor Shutterstock. Kamu harus mendaftar dan membuat akun kontributor di situs web Shutterstock.

Berikut langkah-langkah mendaftar sebagai kontributor di Shutterstock :

  • Kunjungi situs web Shutterstock di www.shutterstock.com dan klik "Contributor" di bagian atas halaman.
  • Klik tombol "Sign up" dan lengkapi formulir pendaftaran dengan informasi pribadi Anda, termasuk nama, alamat email, dan kata sandi.
  • Setelah membuat akun, lengkapi profil kontributor Anda dan unggah contoh karya Anda yang berkualitas tinggi untuk direview oleh tim Shutterstock.
  • Setelah konten Anda disetujui untuk dijual di Shutterstock, Anda dapat mulai mengunggah lebih banyak konten dan mengatur tata kelola konten Anda.

Pastikan bahwa konten yang Anda unggah memenuhi persyaratan dan panduan Shutterstock, seperti kualitas gambar yang tinggi, lisensi yang jelas, dan legalitas konten.

Shutterstock juga menawarkan alat dan sumber daya untuk membantu Anda meningkatkan keterampilan fotografi dan videografi Anda, sehingga Anda dapat menghasilkan konten yang berkualitas tinggi dan menarik bagi calon pembeli.

Penghasilan sebagai Kontributor di Shutterstock

Bayaran sebagai kontributor di Shutterstock bervariasi tergantung pada berbagai faktor, termasuk jenis lisensi gambar, jumlah unduhan, dan tingkat kontribusi. Shutterstock menggunakan sistem royalti yang berdasarkan pada level kontribusi Anda dan jenis lisensi yang digunakan oleh pelanggan yang mengunduh gambar Anda.

Pada dasarnya, semakin banyak gambar yang Anda unggah dan semakin sering gambar tersebut diunduh oleh pelanggan, semakin tinggi tingkat kontribusi Anda dan semakin besar pula royalti yang akan Anda terima.

Pada tahun 2021, royalti untuk kontributor Shutterstock bervariasi antara 15% hingga 40% dari harga jual gambar, tergantung pada level kontribusi dan jenis lisensi. Bayaran rata-rata untuk setiap unduhan berkisar antara 25 sen hingga 38 sen per unduhan.

Namun, perlu diingat bahwa bayaran ini dapat berubah sewaktu-waktu dan bergantung pada kebijakan Shutterstock. Untuk informasi yang lebih akurat dan terbaru mengenai bayaran Shutterstock, disarankan untuk mengunjungi situs web mereka dan membaca syarat dan ketentuan kontributor.

Opsi Pembayaran di Shutterstock

Shutterstock menawarkan beberapa pilihan pembayaran untuk kontributor, termasuk pembayaran melalui PayPal, Payoneer, atau transfer bank internasional. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatur pembayaran di Shutterstock:

  • Login ke akun kontributor Anda di Shutterstock.
  • Klik "Payouts" di menu navigasi untuk melihat opsi pembayaran yang tersedia.
  • Pilih opsi pembayaran yang Anda inginkan dan lengkapi informasi yang dibutuhkan, seperti alamat email PayPal atau nomor rekening bank Anda.
  • Setelah Anda memasukkan informasi pembayaran, Shutterstock akan memverifikasi akun pembayaran Anda.

Setelah akun pembayaran Anda terverifikasi, Anda dapat memilih untuk menerima pembayaran secara otomatis setiap kali Anda mencapai batas minimum pembayaran (biasanya $35 atau lebih tinggi) atau memilih untuk meminta pembayaran secara manual.

Pastikan bahwa informasi pembayaran yang Anda berikan benar dan valid, untuk memastikan bahwa pembayaran dapat diterima dengan lancar. Shutterstock biasanya melakukan pembayaran setiap bulan atau setiap dua minggu, tergantung pada opsi pembayaran yang Anda pilih.

Kelebihan dan Kekurangan dari Shutterstock

Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari Shutterstock:

Kelebihan Shutterstock yaitu :

  • Ketersediaan jutaan gambar, video, dan musik berkualitas tinggi untuk dipilih, sehingga memudahkan pengguna untuk menemukan konten yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
  • Shutterstock memiliki sistem pencarian yang canggih dan fitur filter yang membantu pengguna menemukan konten yang mereka cari dengan mudah.
  • Shutterstock menawarkan harga yang terjangkau dan fleksibel, sehingga cocok untuk berbagai jenis proyek atau anggaran.
  • Shutterstock memiliki reputasi yang baik dan diakui sebagai salah satu platform terbesar dan terpercaya dalam industri stok foto dan video.
  • Shutterstock menawarkan berbagai alat dan sumber daya, seperti tutorial dan panduan, untuk membantu kontributor meningkatkan keterampilan dan memaksimalkan potensi pendapatan mereka.

Sementara Kekurangan Shutterstock antara lain :

  • Beberapa konten di Shutterstock mungkin terasa umum atau terlalu banyak digunakan, sehingga mungkin sulit untuk menemukan konten yang unik dan berbeda dari konten lainnya.
  • Shutterstock memiliki persaingan yang ketat dari platform lain dalam industri stok foto dan video, sehingga terkadang sulit untuk memperoleh banyak penjualan atau pendapatan.
  • Shutterstock menerapkan kebijakan ketat terkait dengan lisensi dan penggunaan konten, yang membatasi kontributor dalam menggunakan konten mereka di platform lain atau proyek mereka sendiri.
  • Shutterstock mengambil sebagian besar royalti dari penjualan, sehingga kontributor hanya menerima sebagian kecil dari pendapatan penjualan mereka.

Meskipun demikian, Shutterstock tetap menjadi salah satu pilihan utama bagi pengguna yang membutuhkan konten berkualitas tinggi untuk proyek mereka, dan bagi kontributor yang ingin menghasilkan uang dari konten mereka.

Tips Sukses sebagai Kontributor di Shutterstock

Berikut adalah beberapa tips untuk menjadi sukses sebagai kontributor di Shutterstock:

1. Buat konten yang berkualitas tinggi dan beragam

Pastikan bahwa konten yang Anda unggah memiliki kualitas yang baik, memiliki komposisi yang menarik, dan sesuai dengan kebutuhan pasar. Buatlah konten yang beragam dalam genre, topik, dan gaya yang berbeda untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

2. Perhatikan tren dan permintaan pasar

Selalu perhatikan tren terbaru dan permintaan pasar untuk memastikan bahwa konten Anda tetap relevan dan menarik bagi calon pembeli. Anda dapat memeriksa situs web Shutterstock dan platform stok foto lainnya untuk melihat tren terbaru dan daftar pencarian yang populer.

3. Perhatikan kualitas gambar dan metadata

Pastikan bahwa gambar yang Anda unggah memiliki kualitas yang tinggi dan metadata yang lengkap dan akurat, seperti judul, deskripsi, dan kata kunci. Metadata yang tepat dapat membantu gambar Anda ditemukan lebih mudah oleh calon pembeli.

4. Jadilah konsisten dan disiplin

Jadilah konsisten dalam mengunggah konten baru secara teratur dan disiplin dalam mematuhi aturan dan persyaratan Shutterstock. Teruslah meningkatkan keterampilan fotografi atau videografi Anda untuk menghasilkan konten yang lebih baik.

5. Gunakan alat dan sumber daya yang tersedia

Shutterstock menyediakan berbagai alat dan sumber daya untuk membantu kontributor, seperti tutorial dan panduan, analisis data penjualan, dan fitur pencarian canggih. Gunakanlah alat dan sumber daya tersebut untuk meningkatkan potensi pendapatan Anda.

6. Promosikan konten Anda di luar Shutterstock

Anda dapat mempromosikan konten Anda di media sosial atau situs web pribadi Anda untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Pastikan bahwa konten yang dipromosikan telah mematuhi aturan dan persyaratan Shutterstock.

Dengan mengikuti tips-tips tersebut, Anda dapat meningkatkan potensi pendapatan Anda sebagai kontributor di Shutterstock.