Ingin Menghasilkan Uang dari Fotografi dan Video? Coba Jadi Kontributor di Alamy

jual-foto-dan-video-di-alamy

Pundipedia - Menghasilkan uang dari fotografi dan video kini semakin mudah dengan hadirnya situs stok foto dan video seperti Alamy. Dengan jutaan gambar dan video yang tersedia, Alamy menyediakan berbagai macam lisensi yang fleksibel dan memungkinkan para pembeli untuk memilih gambar atau video yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis fotografi atau video, bergabung sebagai kontributor di Alamy bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menghasilkan uang dari hasil karya Anda.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih detail tentang cara menghasilkan uang dari Alamy dan tips-tips untuk meningkatkan peluang Anda mendapatkan penjualan yang lebih baik.

Apa itu Situs Alamy?

Alamy adalah sebuah situs web yang menyediakan layanan berupa marketplace atau pasar online untuk membeli dan menjual lisensi gambar dan video. Situs ini didirikan pada tahun 1999 dan berbasis di Abingdon, Inggris.

Alamy memiliki koleksi yang sangat besar, dengan lebih dari 265 juta gambar, video, dan vektor yang tersedia untuk dijual. Koleksi tersebut meliputi berbagai jenis gambar dan video seperti editorial, kreatif, ilustrasi, dan banyak lagi.

Situs ini juga menawarkan berbagai jenis lisensi gambar dan video, mulai dari lisensi editorial hingga lisensi eksklusif dan royalti bebas. Hal ini memungkinkan para pembeli untuk menemukan dan membeli gambar atau video yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
Alamy menjadi salah satu pilihan terbaik bagi fotografer, ilustrator, dan videographer yang ingin menjual karya mereka secara online dan menghasilkan pendapatan tambahan.

Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Alamy? 

Untuk menghasilkan uang dari situs Alamy, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Mendaftar sebagai kontributor: Pertama-tama, Anda perlu mendaftar sebagai kontributor di situs Alamy. Setelah terdaftar, Anda bisa mengunggah gambar atau video yang ingin dijual.
  • Unggah gambar atau video: Setelah mendaftar, Anda bisa mulai mengunggah gambar atau video ke situs Alamy. Pastikan untuk mengunggah gambar atau video dengan kualitas yang baik dan menarik bagi pembeli.
  • Menentukan harga: Setelah mengunggah gambar atau video, Anda bisa menentukan harga yang sesuai dengan karya Anda. Harga dapat bervariasi tergantung pada jenis lisensi dan ukuran gambar atau video yang dijual.
  • Menjual gambar atau video: Setelah gambar atau video Anda disetujui oleh Alamy, karya Anda akan tersedia untuk dibeli oleh para pembeli di situs Alamy. Anda akan mendapatkan pembayaran setiap kali ada pembeli yang membeli lisensi untuk menggunakan gambar atau video Anda.
  • Meningkatkan penjualan: Untuk meningkatkan penjualan, pastikan untuk mengunggah gambar atau video dengan topik yang sedang tren dan mengikuti panduan dan kebijakan Alamy.

Namun perlu diingat bahwa meskipun Alamy dapat menjadi sumber penghasilan tambahan yang baik, namun untuk dapat menghasilkan uang yang signifikan, Anda harus mengunggah sejumlah besar karya berkualitas tinggi dan mengikuti panduan dan kebijakan Alamy dengan cermat.

Cara Mendaftar Sebagai Kontributor di Alamy

Untuk mendaftar sebagai kontributor di Alamy, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Kunjungi situs web Alamy di www.alamy.com.
  • Klik tombol "Sell images" di bagian atas halaman utama.
  • Klik tombol "Sign up" di bagian bawah halaman "Sell images".
  • Isi formulir pendaftaran dengan informasi yang diperlukan, seperti nama lengkap, alamat email, dan kata sandi.
  • Klik tombol "Next" untuk melanjutkan ke halaman berikutnya.
  • Masukkan informasi tambahan seperti alamat, nomor telepon, dan informasi pembayaran.
  • Setelah Anda menyelesaikan formulir pendaftaran, Anda akan diminta untuk memverifikasi akun Anda melalui email yang dikirimkan oleh Alamy.
  • Setelah akun Anda diverifikasi, Anda dapat masuk ke Alamy dan mulai mengunggah gambar atau video yang ingin dijual.

Perlu diingat bahwa Alamy memiliki persyaratan dan panduan yang ketat mengenai jenis gambar atau video yang dapat diunggah, ukuran dan format gambar, serta kualitas gambar atau video. Pastikan untuk membaca dan memahami kebijakan Alamy sebelum mengunggah karya Anda.

Berapa Penghasilan dari Alamy?

Besar penghasilan yang didapatkan dari Alamy bervariasi tergantung pada berbagai faktor, seperti jenis lisensi yang digunakan oleh pembeli, ukuran gambar atau video yang dijual, serta harga yang ditetapkan oleh kontributor.

Namun secara umum, kontributor Alamy memperoleh royalti mulai dari 40% hingga 50% dari harga jual gambar atau video mereka. Pada lisensi eksklusif, kontributor bisa mendapatkan royalti hingga 100%.

Alamy juga menawarkan model pembayaran alternatif yaitu dengan skema "stock photography", dimana gambar atau video yang diunggah dihargai dengan harga yang lebih rendah, tetapi dengan volume penjualan yang lebih tinggi.

Namun perlu diingat bahwa untuk menghasilkan uang yang signifikan dari Alamy, Anda harus mengunggah sejumlah besar gambar atau video berkualitas tinggi dan mengikuti panduan dan kebijakan Alamy dengan cermat.

Opsi Pembayaran dan Minimum Penarikan di Alamy

Alamy menyediakan beberapa opsi pembayaran untuk para kontributor, yaitu:

  • Transfer Bank: Pembayaran dapat dilakukan melalui transfer bank ke rekening bank kontributor di seluruh dunia.
  • PayPal: Kontributor juga dapat memilih opsi pembayaran melalui PayPal.
  • Skrill: Alamy juga menyediakan opsi pembayaran melalui Skrill.

Batas minimum penarikan pembayaran di Alamy adalah sebesar $50. Setiap kali saldo kontributor mencapai batas minimum tersebut, kontributor dapat meminta penarikan pembayaran. Namun perlu diingat bahwa Alamy hanya membayar royalti pada gambar atau video yang berhasil terjual. Jadi, jika gambar atau video yang diunggah tidak berhasil terjual, maka tidak akan ada pembayaran yang diterima oleh kontributor.

Kelebihan dan Kekurangan dari Alamy

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari Alamy yang harus kalian ketahui sebelum bergabung menjadi kontributor Alamy. 
Kelebihan dari Alamy yaitu :

  • Kualitas gambar dan video yang tinggi: Alamy merupakan salah satu situs stok foto terbesar di dunia yang memiliki jutaan gambar dan video dengan kualitas tinggi.

  • Lisensi yang fleksibel: Alamy menyediakan berbagai macam lisensi yang fleksibel, sehingga memudahkan pembeli untuk memilih lisensi yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
  • Potensi penghasilan yang besar: Kontributor Alamy dapat memperoleh royalti yang cukup tinggi, terutama jika gambar atau video yang diunggah berhasil terjual dengan harga yang baik.
  • Tidak ada batasan eksklusivitas: Kontributor dapat mengunggah gambar atau video mereka di platform lain selain di Alamy, sehingga memungkinkan kontributor untuk memaksimalkan potensi penghasilan mereka.

Sementara kekurangan dari Alamy antara lain adalah :

  • Proses pemeriksaan gambar yang ketat: Alamy memiliki proses pemeriksaan gambar atau video yang ketat, sehingga gambar atau video yang diunggah harus memenuhi standar yang tinggi.

  • Kompetisi yang tinggi: Karena Alamy adalah situs stok foto terbesar di dunia, persaingan antara kontributor untuk mendapatkan penjualan yang baik bisa sangat tinggi.
  • Potensi penghasilan yang tidak stabil: Penghasilan kontributor di Alamy sangat dipengaruhi oleh faktor eksternal, seperti perubahan kebutuhan pasar atau adanya kompetisi yang meningkat.
  • Proses pembayaran yang lambat: Beberapa kontributor Alamy mengeluhkan proses pembayaran yang lambat dan rumit, terutama bagi kontributor yang berada di luar Inggris.

Tips Meningkatkan Penjualan di Alamy

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu meningkatkan penjualan Anda di Alamy:

  • Unggah gambar atau video berkualitas tinggi: Pastikan gambar atau video yang diunggah memiliki kualitas yang baik dan sesuai dengan standar Alamy. Pilihlah subjek yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan pasar.
  • Pilih kata kunci yang akurat dan relevan: Gunakan kata kunci yang akurat dan relevan untuk memperbaiki visibilitas gambar atau video Anda di mesin pencari Alamy.
  • Pertimbangkan untuk membuat koleksi: Buatlah koleksi gambar atau video yang berkaitan dengan topik tertentu untuk meningkatkan eksposur dan memudahkan pembeli untuk menemukan karya Anda.
  • Berikan variasi dalam portofolio Anda: Jangan hanya mengunggah gambar atau video yang serupa. Berikan variasi dalam portofolio Anda dengan memilih subjek yang beragam.
  • Perbarui portofolio secara teratur: Perbarui portofolio Anda secara teratur dengan gambar atau video baru untuk memperluas jangkauan karya Anda.
  • Gunakan sosial media untuk mempromosikan karya Anda: Gunakan platform sosial media untuk mempromosikan karya Anda dan mengarahkan traffic ke halaman Alamy Anda.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan penjualan yang lebih baik di Alamy.

Penutup

Menghasilkan uang dari fotografi dan video melalui Alamy dapat menjadi salah satu sumber penghasilan yang menjanjikan bagi para kontributor.

Dengan cara kerja yang mudah dipahami dan fleksibilitas lisensi yang disediakan, Alamy dapat menjadi platform yang tepat untuk memonetisasi karya fotografi atau video Anda. Namun, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, diperlukan usaha dan dedikasi untuk mengunggah gambar atau video berkualitas tinggi dan terus memperbarui portofolio Anda.

Selain itu, perlu diingat bahwa penghasilan yang diperoleh dari Alamy tidak akan stabil dan tergantung pada faktor eksternal seperti kebutuhan pasar dan persaingan. Dengan memahami potensi dan tantangan dari platform ini, Anda dapat memaksimalkan peluang Anda untuk menghasilkan uang dari fotografi dan video melalui Alamy.