Jual Gambar atau Video Anda dan Hasilkan Uang di Getty Images

jual-foto-dan-video-di-getty-images

Pundipedia - Dalam era digital saat ini, fotografi dan videografi tidak hanya menjadi hobi, tetapi juga dapat menjadi sumber penghasilan yang menguntungkan.

Salah satu platform terbesar untuk menjual gambar atau video stock adalah Getty Images. Dengan jutaan klien potensial di seluruh dunia, Getty Images menawarkan peluang besar bagi fotografer dan videografer untuk memperoleh penghasilan yang baik dari penjualan lisensi gambar atau video mereka.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut cara menghasilkan uang dari Getty Images, termasuk cara mendaftar sebagai kontributor, opsi pembayaran, dan tips untuk memperoleh kesuksesan di platform ini.

Apa itu Getty Image?

Getty Images adalah sebuah perusahaan yang menyediakan layanan fotografi dan video berlisensi. Getty Images memiliki koleksi besar gambar dan video, termasuk berbagai macam topik seperti berita, olahraga, bisnis, hiburan, kehidupan sehari-hari, dan masih banyak lagi.

Perusahaan ini beroperasi di lebih dari 100 negara dan menyediakan konten untuk digunakan di berbagai media, termasuk publikasi cetak, situs web, aplikasi, dan iklan.

Getty Images juga menawarkan layanan pencarian gambar dan video untuk mempermudah pencarian konten yang dibutuhkan oleh klien. Sebagai perusahaan besar dalam industri ini, Getty Images dikenal karena kualitas dan keberagaman koleksinya, serta pelayanan yang profesional dan efisien.

Cara Menghasilkan Uang dari Getty Image

Anda dapat menghasilkan uang dari Getty Images dengan cara menjual lisensi gambar atau video yang Anda miliki. Getty Images memungkinkan Anda untuk menjadi kontributor dan mengunggah konten Anda ke situs web mereka. Jika gambar atau video Anda disetujui, mereka akan ditambahkan ke koleksi Getty Images dan dapat dibeli oleh klien mereka.

Anda akan menerima pembayaran berdasarkan lisensi yang dibeli oleh klien Getty Images untuk gambar atau video Anda. Getty Images memiliki berbagai jenis lisensi dengan tarif yang berbeda-beda tergantung pada penggunaan, durasi penggunaan, dan ukuran file. Sebagai kontributor, Anda akan menerima sebagian dari harga lisensi yang dibeli oleh klien, dengan persentase pembagian keuntungan antara 15% hingga 45% tergantung pada program kontribusi Getty Images yang Anda ikuti.

Untuk menjadi kontributor Getty Images, Anda harus mendaftar di situs web mereka, kemudian mengunggah gambar atau video yang ingin Anda jual. Pastikan untuk memenuhi syarat dan ketentuan kontribusi Getty Images agar gambar atau video Anda dapat disetujui. Selain itu, pastikan untuk menyertakan kata kunci dan deskripsi yang relevan untuk memudahkan pencarian gambar atau video Anda oleh klien Getty Images.

Cara Mendaftar sebagai Kontributor di Getty Image

Berikut adalah langkah-langkah untuk mendaftar sebagai kontributor Getty Images:

  • Kunjungi situs web Getty Images di www.gettyimages.com.
  • Klik tombol "Menu" di sudut kanan atas layar dan pilih "Contributor".
  • Klik "Apply now" pada halaman kontributor.
  • Buat akun baru dengan mengisi formulir pendaftaran.
  • Setelah membuat akun, lengkapi profil Anda dengan informasi pribadi dan pengalaman Anda dalam fotografi atau videografi.
  • Unggah beberapa sampel gambar atau video yang mewakili kualitas karya Anda.
  • Setelah gambar atau video Anda disetujui, Anda dapat mulai mengunggah karya Anda secara reguler dan memperoleh penghasilan dari penjualan lisensi.

Pastikan Anda memenuhi persyaratan kontributor Getty Images dan mematuhi pedoman mereka dalam mengunggah gambar atau video. Getty Images memiliki standar kualitas yang ketat, sehingga pastikan gambar atau video Anda memiliki kualitas yang baik, bebas dari watermark, dan tidak melanggar hak cipta orang lain.

Berapa Penghasilan yang Didapatkan dari Getty Image?

Potensi penghasilan dari Getty Images untuk kontributor bervariasi tergantung pada program kontribusi yang Anda ikuti dan jenis lisensi yang dibeli oleh klien untuk gambar atau video Anda. Getty Images memiliki beberapa program kontribusi, dan masing-masing program memiliki tingkat pembagian keuntungan yang berbeda.

Program kontribusi Getty Images terbaru adalah Getty Images Moment, dengan pembagian keuntungan hingga 40% untuk foto dan 20% untuk video. Program lain seperti Premium Access, Essentials dan Editorial memiliki persentase pembagian keuntungan yang berbeda-beda, tergantung pada lisensi yang dibeli oleh klien.

Untuk memberikan gambaran, pada program kontribusi Premium Access, kontributor bisa mendapatkan pembagian keuntungan sebesar 20-25% dari harga lisensi yang dibeli klien. Sementara itu, program kontribusi Essentials menawarkan pembagian keuntungan sekitar 15-20% untuk klien Essentials dan 20-25% untuk klien Premium Access.

Perlu diingat bahwa harga lisensi yang dibeli oleh klien Getty Images juga bervariasi tergantung pada penggunaan, durasi penggunaan, dan ukuran file. Oleh karena itu, bayaran untuk kontributor juga bervariasi tergantung pada faktor-faktor tersebut. Namun, sebagai kontributor Getty Images, Anda berkesempatan untuk menghasilkan penghasilan yang signifikan dari penjualan lisensi gambar atau video Anda.

Opsi Pembayaran dan Minimal Penarikan dari Getty Image

Getty Images menawarkan beberapa opsi pembayaran untuk kontributor, termasuk pembayaran melalui PayPal, transfer bank, atau kartu debit Visa. Namun, opsi pembayaran yang tersedia tergantung pada negara tempat Anda tinggal dan opsi pembayaran yang tersedia untuk negara tersebut.

Untuk minimal penarikan, Getty Images memiliki batas minimum penarikan yang berbeda-beda tergantung pada opsi pembayaran yang Anda pilih. Berikut adalah batas minimum penarikan untuk setiap opsi pembayaran:

  • PayPal: USD 50
  • Transfer Bank: USD 100
  • Kartu Debit Visa: USD 100

Anda dapat memilih opsi pembayaran yang paling cocok untuk Anda dan memenuhi batas minimum penarikan sebelum melakukan penarikan ke rekening Anda. Namun, penting untuk diingat bahwa Getty Images juga mengenakan biaya administrasi untuk setiap penarikan, dan biaya ini dapat berbeda-beda tergantung pada opsi pembayaran yang Anda pilih.

Jika Anda ingin memperoleh pembayaran secara teratur dari Getty Images, pastikan untuk memenuhi syarat dan ketentuan kontribusi mereka, termasuk mengunggah gambar atau video berkualitas tinggi dengan deskripsi dan kata kunci yang akurat dan relevan. Dengan begitu, gambar atau video Anda memiliki peluang lebih besar untuk dibeli oleh klien Getty Images dan membantu Anda memperoleh penghasilan yang lebih besar dari penjualan lisensi gambar atau video Anda.

Kelebihan dan Kekurangan dari Getty Image

Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari Getty Images yang harus kamu ketahui sebelum memulai karier freelancer mu di Getty Image :

Kelebihan dari Getty Image yakni :

  • Akses ke klien potensial yang sangat besar: Getty Images adalah salah satu platform terbesar di dunia untuk gambar dan video stock. Kontributor dapat menjangkau pasar yang sangat luas dan mendapatkan peluang untuk menjual gambar atau video mereka kepada klien potensial dari berbagai industri dan negara.
  • Membantu meningkatkan visibilitas: Gambar atau video Anda akan dilihat oleh jutaan orang di seluruh dunia melalui platform Getty Images, meningkatkan visibilitas Anda sebagai fotografer atau videografer.
  • Potensi penghasilan yang baik: Getty Images menawarkan pembagian keuntungan yang adil kepada kontributor. Kontributor dapat menghasilkan penghasilan yang baik dari penjualan lisensi gambar atau video mereka.
  • Kontributor memiliki kendali penuh atas hak cipta: Kontributor Getty Images tetap memiliki hak cipta atas gambar atau video mereka dan dapat menggunakannya kembali di tempat lain atau menjualnya ke platform lain jika mereka menginginkannya.

Sedangkan untuk kekurangan dari Getty Image antara lain :

  • Persaingan yang ketat: Getty Images memiliki banyak kontributor yang berkualitas tinggi, sehingga persaingan untuk mendapatkan penjualan bisa sangat ketat.
  • Standar kualitas yang ketat: Getty Images memiliki standar kualitas yang ketat untuk gambar atau video yang diterima untuk diunggah. Gambar atau video yang diunggah harus memiliki kualitas tinggi dan bebas dari watermark serta tidak melanggar hak cipta orang lain.
  • Harga lisensi dapat bervariasi: Harga lisensi gambar atau video di Getty Images bisa sangat bervariasi tergantung pada penggunaan, durasi penggunaan, dan ukuran file. Hal ini dapat mempengaruhi besarnya pembagian keuntungan yang diterima oleh kontributor.
  • Getty Images memiliki hak eksklusif: Jika Anda memilih untuk bergabung dengan program eksklusif Getty Images, Anda tidak dapat mengunggah gambar atau video yang sama di platform lain.

Dalam keseluruhan, Getty Images menawarkan peluang yang baik bagi kontributor untuk memperoleh penghasilan yang baik dan meningkatkan visibilitas mereka sebagai fotografer atau videografer. Namun, persaingan yang ketat dan standar kualitas yang ketat harus diatasi untuk berhasil di platform ini.

Penutup

Getty Images merupakan salah satu platform terbaik untuk memperoleh penghasilan dari gambar atau video stock. Meskipun persaingan di platform ini cukup ketat, namun dengan kualitas gambar atau video yang tinggi, serta strategi pemasaran yang tepat, Anda dapat memperoleh penghasilan yang baik. Selain itu, Getty Images juga menawarkan opsi pembayaran yang fleksibel dan mudah untuk digunakan.

Jangan lupa untuk terus mengembangkan keterampilan dan gaya fotografi atau videografi Anda untuk memperoleh kesuksesan di platform ini. Semoga informasi dalam artikel ini bermanfaat bagi Anda untuk menghasilkan uang dari Getty Images.