Mengenal Guru.com: Platform Freelancing yang Bisa Menjadi Sumber Penghasilan

mengenal-platform-freelance-guru-com

Pundipedia - Banyak orang saat ini mencari cara untuk menghasilkan uang secara online, dan salah satu opsi yang dapat dipertimbangkan adalah melalui situs freelancer seperti Guru.com.

Guru.com adalah platform online yang memungkinkan para freelancer untuk menawarkan layanan mereka kepada klien dari seluruh dunia.Dengan ribuan proyek yang tersedia setiap hari, Guru.com menjadi tempat yang menarik untuk menghasilkan uang tambahan atau bahkan memulai karir sebagai freelancer.

Dalam artikel ini, kita akan membahas cara untuk memanfaatkan situs Guru.com untuk menghasilkan uang dan beberapa tips untuk sukses dalam bekerja sebagai freelancer.

Apa itu Situs Guru.com? 

Guru.com adalah sebuah situs web yang menyediakan platform online untuk para freelancer atau pekerja lepas untuk mencari dan menawarkan layanan profesional kepada klien dari seluruh dunia. Situs ini menawarkan berbagai kategori pekerjaan, termasuk desain grafis, penulisan, penerjemahan, pengembangan web dan aplikasi, pemasaran digital, konsultasi bisnis, dan banyak lagi.

Di Guru.com, para freelancer dapat membuat profil mereka, menampilkan portofolio dan keterampilan mereka, dan melamar pekerjaan yang sesuai dengan keahlian mereka. Sementara itu, klien dapat memposting proyek mereka dan menemukan freelancer yang cocok untuk bekerja pada proyek tersebut. Guru.com juga menyediakan fitur untuk mengelola proyek, mengirim pesan, dan melakukan pembayaran secara online.

Guru.com adalah salah satu platform freelance terbesar di dunia, dan telah digunakan oleh jutaan freelancer dan klien sejak didirikan pada tahun 1998.

Cara Mendaftar Sebagai Kontributor di Guru.com

Berikut adalah cara mendaftar sebagai seorang kontributor di Guru.com:

  • Buka halaman Guru.com di browser web Anda dan klik tombol "Sign Up" di sudut kanan atas halaman.

  • Isi formulir pendaftaran dengan informasi pribadi dan profesional Anda. Anda akan diminta untuk memberikan informasi seperti nama, alamat email, dan password untuk membuat akun baru.

  • Pilih jenis akun yang ingin Anda buat. Ada dua jenis akun yang tersedia di Guru.com: akun freelancer atau akun pemberi kerja. Pilih opsi akun freelancer jika Anda ingin menawarkan layanan Anda sebagai kontributor.

  • Tambahkan profil profesional Anda. Setelah akun Anda dibuat, lengkapi profil profesional Anda dengan informasi tentang keahlian dan pengalaman Anda, serta portofolio dan contoh pekerjaan terbaik Anda.

  • Mulai mencari pekerjaan. Setelah profil Anda lengkap, Anda dapat mulai mencari proyek yang sesuai dengan keahlian dan minat Anda. Anda dapat melamar untuk proyek dengan mengirimkan penawaran Anda kepada klien, dan jika Anda dipilih, Anda dapat mulai bekerja pada proyek tersebut.

  • Selesaikan pekerjaan dan terima pembayaran. Setelah Anda menyelesaikan proyek dengan klien, Anda akan menerima pembayaran melalui sistem pembayaran online di Guru.com.

Dalam proses mendaftar di Guru.com, pastikan Anda memahami dan mengikuti aturan dan kebijakan situs tersebut untuk memastikan pengalaman yang aman dan sukses dalam bekerja sebagai kontributor.

Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Situs Guru.com?

Berikut adalah cara menghasilkan uang dari situs Guru.com:

  • Buat profil profesional yang menarik. Pastikan profil Anda mencerminkan keahlian dan pengalaman Anda dengan jelas dan menarik bagi klien potensial. Sertakan portofolio dan contoh pekerjaan terbaik Anda untuk membuktikan kemampuan Anda dalam bidang tertentu.

  • Telusuri proyek yang sesuai dengan keahlian Anda. Setelah profil Anda lengkap, Anda dapat mencari proyek yang sesuai dengan keahlian Anda di situs Guru.com. Anda dapat menggunakan fitur pencarian atau menelusuri proyek dalam kategori yang sesuai dengan keahlian Anda.

  • Buat penawaran yang menarik. Saat melamar untuk proyek, buatlah penawaran yang jelas dan menarik untuk klien. Jelaskan bagaimana Anda dapat membantu klien mencapai tujuannya dan tawarkan harga yang wajar untuk pekerjaan tersebut.

  • Kerjakan proyek dengan baik dan tepat waktu. Setelah Anda dipilih untuk bekerja pada proyek, pastikan Anda menyelesaikannya dengan baik dan tepat waktu. Komunikasi yang baik dengan klien selama proses pekerjaan dapat membantu memastikan kepuasan klien dan ulasan positif.

  • Terima pembayaran. Setelah pekerjaan selesai, Anda akan menerima pembayaran melalui sistem pembayaran online di Guru.com. Pastikan Anda memahami kebijakan pembayaran dan prosedur penarikan uang dari situs tersebut.

  • Jaga reputasi dan ulasan positif. Reputasi dan ulasan positif dari klien adalah kunci untuk sukses dalam bekerja di situs Guru.com. Pastikan Anda selalu memberikan pelayanan terbaik dan menjaga komunikasi yang baik dengan klien.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini dan membangun reputasi yang baik di situs Guru.com, Anda dapat menghasilkan uang secara konsisten sebagai kontributor di situs tersebut.

Cara Mendaftar di Situs Guru.com

Berikut adalah cara mendaftar di situs  Guru.com:

  • Kunjungi situs Guru.com di browser web Anda.

  • Klik tombol "Sign Up" di sudut kanan atas halaman.

  • Pilih jenis akun yang ingin Anda buat. Ada dua jenis akun yang tersedia di Guru.com: akun freelancer atau akun pemberi kerja. Pilih opsi akun freelancer jika Anda ingin menawarkan layanan Anda sebagai kontributor.

  • Isi formulir pendaftaran dengan informasi pribadi dan profesional Anda. Anda akan diminta untuk memberikan informasi seperti nama, alamat email, dan password untuk membuat akun baru.

  • Verifikasi email Anda. Setelah Anda selesai mengisi formulir pendaftaran, Guru.com akan mengirimkan email verifikasi ke alamat email yang Anda daftarkan. Buka email tersebut dan klik tautan verifikasi untuk mengaktifkan akun Anda.

  • Lengkapi profil profesional Anda. Setelah akun Anda aktif, lengkapi profil profesional Anda dengan informasi tentang keahlian dan pengalaman Anda, serta portofolio dan contoh pekerjaan terbaik Anda. Pastikan profil Anda menarik bagi klien potensial.

Setelah profil Anda lengkap, Anda dapat mulai mencari proyek yang sesuai dengan keahlian dan minat Anda di situs Guru.com. Ingatlah untuk membaca aturan dan kebijakan situs dengan teliti dan memahami prosedur pembayaran dan penarikan uang dari situs tersebut.

Penghasilan dari Situs Guru.com

Bayaran yang Anda terima di Guru.com akan bervariasi tergantung pada jenis proyek dan kesepakatan yang dibuat dengan klien. Sebagai freelancer di Guru.com, Anda dapat menetapkan harga Anda sendiri untuk setiap proyek dan menawarkan penawaran kepada klien yang mencari layanan Anda.

Guru.com mengenakan biaya 9% dari total biaya proyek sebagai biaya layanan. Biaya ini dikurangkan dari jumlah yang diterima oleh freelancer setelah proyek selesai dan pembayaran diterima. Guru.com juga menawarkan layanan tambahan dengan biaya tambahan, seperti akses ke layanan prioritas dukungan pelanggan dan promosi profil.

Guru.com mendukung beberapa opsi pembayaran online, termasuk PayPal, kartu kredit, dan transfer bank. Pembayaran akan diterima melalui sistem pembayaran online Guru.com, dan Anda dapat menarik uang dari akun Anda ke rekening bank Anda dengan biaya tambahan.

Penting untuk diingat bahwa bayaran di Guru.com tergantung pada seberapa baik Anda memasarkan diri Anda dan reputasi yang Anda bangun di situs tersebut. Dengan membangun profil yang menarik dan memberikan layanan yang berkualitas kepada klien, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan proyek dan meningkatkan penghasilan Anda sebagai freelancer di Guru.com.

Opsi Pembayaran dan Minimal Penarikan di Situs Guru.com

Guru.com menawarkan beberapa opsi pembayaran kepada freelancer, termasuk PayPal, kartu kredit, transfer bank, dan Western Union. Setiap opsi pembayaran memiliki kebijakan dan biaya yang berbeda, jadi pastikan untuk memeriksa detailnya sebelum memilih opsi pembayaran yang tepat untuk Anda.

Untuk minimal penarikan di Guru.com, freelancer harus memiliki saldo minimal $30 USD di akun mereka untuk menarik uang. Setelah saldo mencapai minimal, freelancer dapat memilih untuk menarik uang mereka kapan saja melalui opsi pembayaran yang tersedia.

Namun, perlu diingat bahwa Guru.com mengenakan biaya penarikan sebesar $4,95 USD untuk setiap penarikan uang. Biaya ini akan dikurangi dari jumlah yang ditarik, jadi pastikan untuk mempertimbangkan biaya ini saat Anda menarik uang dari akun Anda di Guru.com.

Kelebihan dan Kekurangan dari Situs Guru.com

Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari situs Guru.com:

Kelebihan dari situs Guru.com yakni :

  • Banyaknya proyek yang tersedia di berbagai bidang dan industri.
  • Adanya fitur pelaporan waktu kerja yang memudahkan freelancer mengelola waktu dan memantau waktu kerja.
  • Fleksibilitas dalam menetapkan harga dan negosiasi harga dengan klien.
  • Dukungan pelanggan yang responsif dan layanan bantuan online yang tersedia 24/7.
  • Kemudahan dalam menarik uang dari akun freelancer.

Kekurangan dari situs Guru.com antara lain :

  • Persaingan yang ketat dari freelancer lain dalam mendapatkan proyek tertentu.
  • Guru.com mengenakan biaya 9% dari biaya proyek sebagai biaya layanan.
  • Adanya biaya tambahan untuk layanan tambahan seperti akses ke layanan prioritas dukungan pelanggan dan promosi profil.
  • Kualitas proyek dan klien bisa bervariasi.
  • Waktu penyelesaian proyek bisa lebih lama jika ada perbedaan bahasa atau perbedaan zona waktu antara freelancer dan klien.

Sementara kelebihan dan kekurangan dapat bervariasi tergantung pada pengalaman dan preferensi individu, tetapi secara keseluruhan Guru.com dapat menjadi platform yang baik bagi freelancer untuk menawarkan layanan mereka dan menghasilkan uang secara online. Namun, seperti platform lainnya, pastikan untuk membaca syarat dan ketentuan dengan cermat sebelum memulai bekerja di Guru.com dan memastikan bahwa situs tersebut sesuai dengan kebutuhan dan tujuan Anda sebagai freelancer.

Penutup

Menghasilkan uang melalui Guru.com dapat menjadi pilihan yang menarik bagi para freelancer yang ingin menawarkan layanan mereka secara online.

Dengan berbagai proyek yang tersedia di berbagai bidang dan industri, freelancer dapat menemukan proyek yang sesuai dengan keahlian mereka dan menawarkan harga yang sesuai dengan nilai layanan yang mereka berikan. Selain itu, fitur pelaporan waktu kerja dan dukungan pelanggan yang responsif dapat membantu freelancer dalam memastikan kualitas layanan dan meningkatkan reputasi mereka di platform ini.

Namun, pastikan untuk memperhatikan kekurangan dan biaya yang terkait dengan situs ini dan selalu membaca syarat dan ketentuan dengan cermat sebelum memulai bekerja sebagai freelancer di Guru.com. Dengan kerja keras, keterampilan, dan strategi yang tepat, Guru.com dapat menjadi sumber penghasilan yang menguntungkan bagi para freelancer di seluruh dunia.