Cara Menghasilkan Uang dari Desain Grafis dengan Bergabung di 99designs

menghasilkan-uang-dari-foto-di-99designs

Pundipedia - Dalam era digital yang semakin maju seperti saat ini, mencari uang secara online telah menjadi semakin populer dan mudah dilakukan. Salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan secara online adalah melalui platform 99designs.

Dengan memanfaatkan platform ini, klien dapat dengan mudah menemukan desainer grafis yang tepat untuk memenuhi kebutuhan desain mereka. Selain itu, desainer grafis yang tergabung dalam 99designs dapat menghasilkan uang dengan membuat desain yang menarik dan unik.

Artikel ini akan membahas lebih lanjut tentang bagaimana cara mencari uang secara online dengan 99designs dan beberapa tips untuk memaksimalkan penghasilan Anda melalui platform ini.

Apa itu 99designs?

99designs adalah sebuah platform daring yang memungkinkan pengguna untuk menemukan desainer grafis profesional dari seluruh dunia untuk melakukan proyek desain seperti logo, kartu nama, brosur, situs web, dan lain sebagainya. Platform ini memungkinkan pengguna untuk membuat kontes desain di mana desainer dari seluruh dunia dapat mengirimkan desain mereka untuk dipertimbangkan.

Pengguna kemudian dapat memilih desain yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka dan membayar desainer untuk pekerjaannya. Selain itu, 99designs juga menyediakan layanan desain khusus dengan harga yang dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Cara Mendaftarkan Diri di 99designs

Jika kamu adalah seorang yang memiliki kemampuan di bidang design grafis, berikut adalah langkah-langkah untuk mendaftarkan diri atau membuat akun di 99designs :

  • Kunjungi situs web 99designs di www.99designs.com.
  • Klik tombol "Sign Up" yang terletak di sudut kanan atas halaman.
  • Pilih jenis akun yang ingin Anda buat, yaitu "Designer" atau "Client".
  • Isi informasi yang diminta seperti alamat email, username, dan password.
  • Setelah mengisi informasi yang diminta, klik tombol "Create Account".
  • Anda akan menerima email konfirmasi untuk mengaktifkan akun Anda.
  • Setelah akun Anda diaktifkan, Anda dapat mengakses panel kontrol 99designs dan memulai profil Anda.

Setelah mendaftar, Anda dapat memulai dengan mengisi profil Anda dan mulai mencari proyek yang cocok dengan keahlian dan minat Anda. Selain itu, pastikan untuk membaca dan memahami aturan dan kebijakan 99designs untuk memastikan bahwa Anda dapat menggunakan platform ini dengan benar.

Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari 99designs? 

Berikut adalah beberapa cara untuk menghasilkan uang dari 99designs yaitu :

1. Mendaftar sebagai desainer grafis dan mengikuti kontes desain

Anda dapat mendaftar sebagai desainer grafis di 99designs dan mengikuti kontes desain yang dibuka oleh klien. Anda akan diminta untuk membuat desain yang sesuai dengan spesifikasi klien, dan jika klien memilih desain Anda sebagai pemenang, maka Anda akan dibayar sesuai dengan hadiah yang ditetapkan.

2. Mengikuti proyek langsung

Selain mengikuti kontes desain, Anda juga dapat mengikuti proyek langsung yang dibuka oleh klien. Dalam hal ini, klien akan memilih Anda untuk membuat desain yang spesifik untuk kebutuhan mereka dan Anda akan dibayar atas pekerjaan Anda.

3. Menawarkan layanan desain khusus

Jika Anda memiliki keahlian khusus dalam desain grafis, Anda dapat menawarkan layanan desain khusus di 99designs dengan harga yang dapat disesuaikan. Dalam hal ini, Anda akan bekerja dengan klien secara langsung untuk membuat desain yang mereka butuhkan.

4. Menjual desain di toko 99designs

Setelah Anda memenangkan kontes desain atau menyelesaikan proyek langsung, Anda dapat menjual desain Anda di toko 99designs. Dalam hal ini, Anda akan mendapatkan royalti atas setiap penjualan yang terjadi di toko.

Untuk memaksimalkan penghasilan Anda di 99designs, pastikan Anda memiliki portofolio desain yang menarik dan up-to-date, dan terus memperbarui keahlian Anda dalam desain grafis. Selain itu, pastikan untuk selalu berinteraksi dengan klien dengan sopan dan profesional untuk memastikan klien puas dengan pekerjaan Anda dan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan proyek yang lebih banyak di masa depan.

Opsi Pembayaran di 99designs

Berikut adalah beberapa opsi pembayaran yang tersedia di 99designs:

  • Pembayaran melalui PayPal: PayPal adalah salah satu opsi pembayaran yang paling umum digunakan di 99designs. Setelah Anda menyelesaikan proyek dan klien telah menyetujui pekerjaan Anda, pembayaran akan dikirim langsung ke akun PayPal Anda.
  • Pembayaran melalui kartu kredit atau debit: Jika klien tidak menggunakan PayPal, mereka dapat membayar Anda melalui kartu kredit atau debit mereka melalui sistem pembayaran 99designs. Pembayaran ini akan dikirim langsung ke rekening bank Anda.
  • Transfer bank: Jika Anda tinggal di negara yang tidak mendukung PayPal atau sistem pembayaran 99designs, klien dapat membayar Anda melalui transfer bank internasional.

Pastikan untuk memeriksa biaya transaksi atau biaya lain yang mungkin terkait dengan setiap opsi pembayaran yang tersedia, sehingga Anda dapat membuat keputusan yang tepat dan menghindari biaya yang tidak diinginkan.

Selain itu, pastikan Anda memperbarui informasi pembayaran Anda di panel kontrol 99designs untuk memastikan bahwa pembayaran Anda dapat diterima dengan benar.

Kelebihan dan Kekurangan dari 99designs

Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari 99designs versi kami yakni :
Kelebihan dari 99designs yaitu :

  • Peluang kerja yang banyak: 99designs menawarkan banyak peluang kerja bagi desainer grafis untuk memenangkan proyek, baik melalui kontes desain, proyek langsung, atau layanan desain khusus.
  • Pembayaran yang adil: 99designs menawarkan pembayaran yang adil bagi desainer grafis atas kerja keras dan keterampilan mereka. Selain itu, opsi pembayaran yang beragam juga memudahkan proses pembayaran.
  • Komunitas desainer yang besar: 99designs memiliki komunitas desainer grafis yang besar, yang memungkinkan desainer untuk belajar dari satu sama lain dan memperluas jaringan kontak mereka.
  • Perlindungan hak kekayaan intelektual: 99designs menyediakan perlindungan hak kekayaan intelektual bagi desainer grafis dan klien mereka, sehingga semua pihak terlindungi dari tuntutan hukum yang tidak diinginkan.

Adapun kekurangan dari 99designs adalah :

  • Persaingan yang tinggi: Karena banyak desainer grafis yang mendaftar di 99designs, persaingan untuk memenangkan proyek bisa sangat tinggi. Ini berarti bahwa desainer harus bekerja ekstra keras untuk membuat desain yang menonjol dari yang lain.
  • Tidak ada jaminan proyek: Karena klien memilih desain yang mereka sukai, tidak ada jaminan bahwa desainer akan menang atau mendapatkan proyek tertentu.
  • Biaya yang tinggi: Meskipun biaya untuk memulai di 99designs relatif rendah, biaya untuk meningkatkan peluang Anda untuk memenangkan proyek bisa cukup mahal, seperti biaya untuk meningkatkan posisi desain Anda di hasil pencarian.
  • Waktu pengerjaan yang terbatas: Klien sering memiliki batas waktu yang ketat untuk proyek mereka, yang dapat menimbulkan tekanan bagi desainer grafis untuk menyelesaikan proyek dalam waktu yang sangat terbatas.

Setiap desainer grafis harus mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan 99designs sebelum memutuskan apakah akan mendaftar dan menggunakan platform ini untuk menghasilkan uang secara online.

Tips Sukses sebagai Freelancer di 99designs

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda menjadi sukses sebagai freelancer di 99designs :

  • Tampilkan portofolio yang berkualitas: Potensi klien akan melihat portofolio Anda sebelum memilih untuk bekerja dengan Anda. Pastikan portofolio Anda menampilkan karya yang berkualitas dan menarik perhatian, sehingga klien akan merasa yakin dalam memilih Anda sebagai desainer grafis.
  • Ikuti arahan dengan cermat: Jangan sampai mengabaikan arahan dari klien atau memilih untuk memasukkan elemen yang tidak diminta. Ini dapat membuang waktu Anda dan mempengaruhi reputasi Anda di platform.
  • Jangan takut untuk mengajukan pertanyaan: Jika Anda memiliki pertanyaan tentang proyek yang diberikan, jangan ragu untuk menghubungi klien. Ini akan membantu memastikan bahwa Anda memahami persyaratan proyek dengan jelas dan dapat menghasilkan desain yang diinginkan klien.
  • Gunakan fitur-fitur platform 99designs: 99designs memiliki banyak fitur yang dapat membantu Anda menjadi lebih sukses sebagai freelancer, seperti fitur notifikasi proyek baru, fitur peringkat, dan layanan dukungan pelanggan. Pastikan Anda memanfaatkan fitur-fitur ini untuk meningkatkan peluang Anda dalam memenangkan proyek.
  • Berinteraksi dengan komunitas: Terhubung dengan desainer grafis lain di 99designs dapat membantu Anda belajar dari pengalaman mereka dan memperluas jaringan kontak Anda. Selain itu, terlibat dalam komunitas juga dapat membantu meningkatkan eksposur Anda di platform.
  • Tetapkan tarif yang wajar: Setel tarif yang wajar dan adil untuk layanan Anda, sehingga klien akan merasa bahwa mereka mendapatkan nilai yang baik untuk uang mereka. Pastikan juga bahwa tarif Anda mempertimbangkan biaya overhead dan waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan proyek.
  • Tetap teratur dan teratur: Jangan sampai mengabaikan tenggat waktu dan pastikan Anda menyelesaikan proyek dalam waktu yang ditentukan. Selain itu, pastikan Anda merespons klien dengan cepat dan menjaga komunikasi terbuka dengan mereka selama proyek.

Penutup

Dengan mengikuti tips ini dan bekerja keras, Anda dapat menjadi sukses sebagai freelancer di 99designs dan memperoleh pendapatan yang stabil sebagai desainer grafis.

Secara keseluruhan, menjadi freelancer di 99designs bisa menjadi pilihan yang menjanjikan untuk desainer grafis yang ingin menghasilkan uang secara online.

Platform ini menawarkan berbagai proyek desain grafis yang beragam, serta opsi pembayaran yang fleksibel. Selain itu, sebagai freelancer di 99designs, Anda dapat mengembangkan kemampuan desain grafis Anda, memperluas jaringan kontak Anda, dan meningkatkan reputasi Anda sebagai desainer grafis yang handal.

Namun, seperti halnya dengan bekerja sebagai freelancer pada umumnya, ada tantangan dan kekurangan yang perlu diatasi, seperti persaingan yang ketat dan sulitnya menentukan harga yang tepat. Oleh karena itu, penting untuk mempersiapkan diri dengan baik dan mengikuti tips yang telah disebutkan di atas untuk menjadi sukses sebagai freelancer di 99designs.