Panduan Lengkap Cara Menghasilkan Uang dengan Menjual Foto di Dreamstime

menjual-foto-di-dreamstime

Pundipedia - Mencari cara untuk menghasilkan uang dari fotografi? Dreamstime mungkin dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Anda.

Dengan jutaan pengguna di seluruh dunia, Dreamstime menawarkan kesempatan untuk menghasilkan uang dengan menjual gambar berkualitas tinggi kepada klien yang mencari gambar untuk berbagai keperluan.

Kontributor Dreamstime dapat memperoleh royalti hingga 60% dari harga jual gambar, dan dengan berbagai opsi pembayaran dan dukungan pelanggan yang baik, Dreamstime bisa menjadi platform yang menjanjikan untuk menghasilkan uang dari fotografi.

Berikut adalah beberapa tips dan strategi untuk sukses di Dreamstime dan memaksimalkan penghasilan Anda di platform ini.

Apa itu Dreamstime? 

Dreamstime adalah sebuah situs web yang menyediakan platform untuk membeli dan menjual gambar, vektor, dan video yang dilengkapi dengan lisensi. Situs ini memiliki ribuan kontributor yang mengunggah karya mereka, termasuk fotografer, desainer grafis, dan ilustrator, dan menyediakan lebih dari 149 juta gambar, vektor, dan video yang dapat diakses oleh pengguna dengan berbagai macam keperluan.

Dreamstime memiliki fitur pencarian yang memungkinkan pengguna untuk menemukan gambar yang sesuai dengan kebutuhan mereka dengan cepat dan mudah. Selain itu, situs ini juga menyediakan berbagai fitur lainnya, seperti pengelolaan lisensi, peralatan untuk penyuntingan gambar, serta program afiliasi untuk para pengguna yang ingin memasarkan gambar mereka.

Dreamstime menjadi salah satu situs web yang populer dalam industri penjualan gambar, dan banyak digunakan oleh perusahaan, agensi pemasaran, serta individu yang membutuhkan gambar berkualitas tinggi untuk keperluan bisnis atau personal.

Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Dreamstime?

Untuk menghasilkan uang dari Dreamstime, Anda bisa menjadi kontributor atau penjual gambar di platform ini. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk menjadi kontributor Dreamstime:

  • Mendaftar akun: Pertama, buat akun di Dreamstime dan lengkapi profil Anda dengan informasi yang diperlukan.
  • Unggah gambar: Setelah mendaftar, Anda dapat mengunggah gambar, vektor, atau video yang ingin Anda jual. Pastikan bahwa gambar yang Anda unggah memenuhi standar kualitas yang ditetapkan oleh Dreamstime.
  • Menjaga kualitas gambar: Penting untuk memastikan bahwa gambar yang Anda unggah memenuhi kriteria kualitas tertentu, seperti fokus yang tepat, pencahayaan yang baik, dan kesesuaian dengan tema. Dreamstime memiliki tim editor yang akan meninjau gambar yang Anda unggah untuk memastikan kualitasnya.
  • Menentukan harga: Anda dapat menentukan harga untuk setiap gambar yang Anda jual di Dreamstime. Harga ditentukan berdasarkan lisensi yang ditawarkan dan ukuran gambar yang dijual.
  • Mendapatkan royalti: Ketika gambar Anda dijual, Anda akan menerima royalti yang telah ditentukan oleh Dreamstime. Royalti dapat bervariasi tergantung pada lisensi yang digunakan dan ukuran gambar.
  • Meningkatkan penjualan: Anda dapat meningkatkan penjualan Anda dengan mempromosikan gambar Anda di situs web Anda, media sosial, atau platform pemasaran lainnya.

Selain menjual gambar, Anda juga dapat menghasilkan uang dari Dreamstime melalui program afiliasi. Dalam program ini, Anda akan mendapatkan komisi setiap kali seseorang membeli gambar melalui tautan afiliasi Anda. Untuk menjadi afiliasi, Anda perlu mendaftar di Dreamstime dan mengikuti instruksi yang telah ditetapkan.

Cara Mendaftar Sebagai Kontributor di Dreamstime

Berikut adalah langkah-langkah untuk mendaftar sebagai kontributor di Dreamstime:

  • Buka situs web Dreamstime di www.dreamstime.com dan klik tombol "Join" di sudut kanan atas halaman.

  • Pilih opsi "Sell images" dan klik tombol "Join as Contributor".
  • Buat akun baru dengan mengisi informasi yang diminta, seperti nama lengkap, alamat email, dan kata sandi. Pastikan untuk memilih "Contributor" sebagai jenis akun.
  • Setelah membuat akun, lengkapi profil Anda dengan informasi yang diperlukan, seperti informasi pribadi, informasi perpajakan, dan opsi pembayaran.

Unggah beberapa contoh gambar untuk ditinjau oleh tim editor Dreamstime. Pastikan untuk memilih gambar terbaik Anda yang memenuhi standar kualitas Dreamstime.

Setelah gambar Anda diterima, Anda dapat mulai mengunggah lebih banyak gambar, menentukan harga, dan menghasilkan uang dari penjualan gambar Anda di Dreamstime.
Perlu diingat bahwa Dreamstime memiliki kebijakan dan persyaratan tertentu untuk kontributor, seperti memenuhi standar kualitas tertentu untuk gambar yang diunggah, mengisi formulir W-8 atau W-9 untuk informasi perpajakan, dan menyetujui perjanjian lisensi. Pastikan untuk membaca dan memahami kebijakan dan persyaratan Dreamstime sebelum mendaftar sebagai kontributor.

Berapa Penghasilan yang Bisa didapatkan dari Dreamstime? 

Bayaran yang diterima oleh kontributor Dreamstime bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti lisensi yang digunakan, ukuran gambar, dan jumlah penjualan. Namun, secara umum, kontributor Dreamstime dapat memperoleh royalti hingga 60% dari harga jual gambar yang mereka unggah.

Royalti yang diterima oleh kontributor akan dihitung berdasarkan persentase dari harga jual gambar yang dijual melalui platform Dreamstime. Misalnya, jika harga jual gambar adalah $5 dan kontributor mendapatkan royalti sebesar 50%, maka kontributor akan menerima $2,5 setiap kali gambar tersebut dijual.

Dreamstime juga memiliki program level kontributor, di mana kontributor dapat meningkatkan tingkat penghasilan mereka dengan memperoleh poin berdasarkan penjualan dan kontribusi mereka di platform. Semakin tinggi level kontributor, semakin besar persentase royalti yang akan diterima oleh kontributor.

Dreamstime juga menyediakan program afiliasi di mana kontributor dapat memperoleh komisi dari penjualan gambar melalui tautan afiliasi mereka. Komisi yang diterima dapat bervariasi tergantung pada jumlah penjualan dan jenis lisensi yang digunakan.
Meskipun bayaran yang diterima oleh kontributor Dreamstime tidak pasti, tetapi banyak kontributor yang berhasil menghasilkan uang dengan menjual gambar mereka di platform ini.

Opsi Pembayaran dan Minimum Penarikan di Dreamstime

Dreamstime menyediakan beberapa opsi pembayaran untuk kontributor, seperti transfer bank, PayPal, Skrill, Payoneer, dan beberapa opsi pembayaran lokal di beberapa negara. Kontributor dapat memilih opsi pembayaran yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka.

Untuk memenuhi syarat untuk penarikan dana, kontributor harus memiliki saldo akun minimal $100. Setelah memenuhi syarat ini, kontributor dapat meminta penarikan dana kapan saja melalui halaman akun mereka di Dreamstime. Dreamstime biasanya memproses permintaan penarikan dana dalam waktu 24 jam setelah permintaan diajukan.

Harap dicatat bahwa tergantung pada opsi pembayaran yang dipilih, biaya tambahan mungkin dikenakan untuk penarikan dana. Misalnya, biaya transfer bank internasional atau biaya transaksi mungkin berlaku untuk beberapa opsi pembayaran.
Oleh karena itu, penting bagi kontributor Dreamstime untuk mempertimbangkan biaya pembayaran dan minimum penarikan dana saat memilih opsi pembayaran dan merencanakan strategi penghasilan mereka di platform ini.

Kelebihan dan Kekurangan dari Dreamstime

Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari Dreamstime yakni sebagai berikut. 

Kelebihan dari Dreamsteam adalah :

  • Pengguna Dreamstime dapat mengakses ribuan gambar berkualitas tinggi dari berbagai kategori yang berbeda.
  • Kontributor Dreamstime dapat menghasilkan uang dengan menjual gambar mereka di platform ini dan menerima royalti hingga 60% dari harga jual gambar.
  • Dreamstime menyediakan beberapa opsi pembayaran yang beragam untuk kontributor dan memproses permintaan penarikan dana dengan cepat.
  • Dreamstime memiliki program afiliasi yang memungkinkan kontributor menghasilkan uang dengan merekomendasikan platform ini kepada orang lain.
  • Dreamstime juga menawarkan dukungan pelanggan yang baik dan mudah diakses.

Kekurangan dari Dreamstime antara lain :

  • Dreamstime memiliki kebijakan dan persyaratan yang ketat untuk gambar yang diunggah, sehingga gambar yang diunggah mungkin perlu melewati proses peninjauan yang panjang sebelum disetujui.
  • Persaingan di antara kontributor Dreamstime dapat cukup tinggi, sehingga mungkin sulit bagi kontributor baru untuk menarik perhatian pembeli.
  • Harga gambar di Dreamstime dapat relatif rendah dibandingkan platform serupa lainnya.
  • Dreamstime tidak menawarkan opsi untuk menjual gambar dengan lisensi eksklusif.
  • Dreamstime menerapkan biaya yang tinggi untuk gambar dengan lisensi eksklusif yang dijual di luar platform Dreamstime.
Namun, secara keseluruhan, Dreamstime tetap merupakan salah satu platform paling populer untuk menjual gambar dan memungkinkan kontributor untuk menghasilkan uang dengan gambar berkualitas tinggi.

Penutup

Menghasilkan uang dari Dreamstime bisa menjadi pekerjaan yang menjanjikan jika Anda memiliki keterampilan fotografi yang bagus dan kemampuan untuk membuat gambar berkualitas tinggi yang diinginkan oleh klien.

Meskipun tidak mudah untuk sukses di platform ini, dengan kesabaran, ketekunan, dan pengembangan portofolio gambar yang terus-menerus, Anda dapat memperoleh penghasilan yang layak dari Dreamstime. Namun, perlu diingat bahwa Dreamstime bukan satu-satunya cara untuk menghasilkan uang dari fotografi, dan penting untuk mencari alternatif atau mengeksplorasi platform lain yang mungkin lebih sesuai dengan kebutuhan dan tujuan Anda sebagai fotografer.

Terakhir, tetap bersemangat dan terus mengasah keterampilan fotografi Anda, dan semoga sukses dalam upaya Anda untuk menghasilkan uang dari fotografi melalui Dreamstime!