6 Tips Meraup Penghasilan Tambahan dengan Menjual Konten Kreatif di iStock

menjual-konten-kreatif-di-istock

Pundipedia - Mendapatkan penghasilan dari hobi atau pekerjaan yang kita senangi menjadi sebuah impian bagi banyak orang. Dalam era digital seperti sekarang, menjual konten kreatif seperti foto, video, dan vektor secara online dapat menjadi salah satu cara untuk menghasilkan uang.

Salah satu situs yang dapat dimanfaatkan untuk menjual konten kreatif adalah iStock. Sebagai salah satu situs stok foto terbesar di dunia, iStock menyediakan kesempatan bagi kontributor untuk menjual konten kreatif mereka dan mendapatkan penghasilan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih detail tentang cara menghasilkan uang dari iStock, cara menjadi kontributor di iStock, dan beberapa tips untuk meningkatkan penjualan konten kreatif di situs ini.

Apa itu iStock?

iStock adalah sebuah platform penyedia layanan stok foto, ilustrasi, video, dan musik. Platform ini didirikan pada tahun 2000 dan sekarang dimiliki oleh Getty Images, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang media dan hiburan.

iStock memiliki jutaan konten kreatif yang dapat digunakan oleh para profesional kreatif seperti desainer grafis, editor video, pembuat konten digital, dan sebagainya. Konten-konten tersebut dapat dibeli dengan berlangganan atau dengan pembelian satu per satu.

iStock juga menawarkan berbagai layanan seperti kurasi konten, pengeditan, dan konsultasi bagi para klien yang membutuhkan bantuan dalam mencari konten kreatif yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Cara Menghasilkan Uang dari iStock

Untuk menghasilkan uang dari iStock, Anda dapat menjadi kontributor atau penjual di platform tersebut. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Daftar sebagai kontributor di iStock dan isi informasi profil Anda.
  • Unggah konten kreatif Anda, seperti foto, ilustrasi, video, atau musik, yang memenuhi syarat iStock. Pastikan konten Anda memiliki kualitas dan keaslian yang baik.
  • Setelah konten Anda disetujui oleh tim editorial iStock, konten tersebut akan tersedia untuk dijual di platform. Anda akan mendapatkan royalti dari setiap penjualan konten Anda.

Royalti yang didapatkan bervariasi tergantung pada jenis lisensi dan ukuran konten yang dijual, serta level kontributor yang Anda capai. Semakin banyak penjualan dan level yang Anda capai, semakin besar pula royalti yang Anda dapatkan.

Anda juga dapat mengikuti program eksklusif iStock, dimana Anda hanya menjual konten kreatif di iStock saja dan tidak di platform lain. Dalam program eksklusif, royalti yang didapatkan cenderung lebih besar.

Namun, perlu diingat bahwa menghasilkan uang dari iStock sebagai kontributor membutuhkan dedikasi dan kualitas konten yang baik. Anda perlu terus mengunggah konten berkualitas dan mempromosikan konten Anda agar mendapatkan perhatian pembeli potensial.

Cara Menjadi Kontributor di iStock

Bagi kamu yang berminat menjadi kontributor di iStock, berikut adalah langkah-langkah untuk menjadi kontributor di iStock :

  • Buka situs iStock dan klik "Join" di bagian atas halaman. Kemudian klik "Become a contributor".
  • Isi informasi yang diminta, termasuk nama, alamat email, dan password. Klik "Sign up".
  • Setelah mendaftar, Anda harus melengkapi profil Anda dengan informasi pribadi dan informasi pembayaran, seperti informasi bank atau PayPal.

Setelah profil Anda terisi dengan benar, unggah beberapa contoh karya Anda. Pastikan konten yang Anda unggah sesuai dengan syarat dan ketentuan iStock.

Setelah konten Anda diterima, Anda akan mendapat notifikasi bahwa konten Anda telah disetujui untuk dijual di platform iStock.

Anda akan mendapatkan royalti setiap kali konten Anda dijual di platform iStock. Royalti bervariasi tergantung pada jenis lisensi dan ukuran konten yang dijual, serta level kontributor yang Anda capai.

Perlu diingat bahwa iStock memiliki standar kualitas yang tinggi untuk konten yang diunggah, sehingga pastikan konten Anda memenuhi kriteria tersebut sebelum mengunggah. Selain itu, pastikan Anda membaca dan memahami syarat dan ketentuan iStock, termasuk hak cipta dan lisensi, sebelum mengunggah konten Anda.

Penghasilan sebagai Kontributor di iStock

Sebagai kontributor di iStock, Anda akan mendapatkan royalti atau bayaran dari setiap penjualan konten kreatif Anda. Besar royalti yang Anda dapatkan tergantung pada jenis lisensi dan ukuran konten kreatif yang dijual, serta level kontributor yang Anda capai.

Jumlah royalti untuk setiap penjualan bervariasi tergantung pada jenis lisensi yang digunakan oleh pembeli. Ada dua jenis lisensi yang tersedia di iStock, yaitu lisensi royalty-free dan lisensi rights-managed. Pada lisensi royalty-free, pembeli hanya membayar sekali untuk menggunakan konten kreatif Anda tanpa batasan waktu atau jumlah penggunaan. Sedangkan pada lisensi rights-managed, pembeli membayar berdasarkan penggunaan konten kreatif Anda, seperti durasi penggunaan, jumlah cetakan, atau wilayah penggunaan.

Besar royalti juga bervariasi tergantung pada ukuran konten yang dijual. Semakin besar ukuran konten, semakin tinggi pula royalti yang diperoleh.

Level kontributor juga mempengaruhi besar royalti yang Anda peroleh. Semakin banyak penjualan yang Anda hasilkan, semakin tinggi level kontributor Anda dan semakin besar pula royalti yang Anda dapatkan. Terdapat 4 level kontributor di iStock, yaitu Contributor, Silver, Gold, dan Diamond.

Perlu diingat bahwa besaran royalti yang diterima oleh setiap kontributor berbeda-beda tergantung pada jenis konten, tingkat persaingan, dan faktor-faktor lainnya. Sebaiknya Anda membaca panduan iStock mengenai pembagian royalti untuk memperoleh informasi lebih lanjut mengenai besaran royalti yang dapat Anda peroleh sebagai kontributor.

Opsi Pembayaran di iStock

iStock menyediakan beberapa opsi pembayaran yang dapat dipilih oleh kontributor, yaitu:

  • PayPal: Pembayaran akan dikirim langsung ke akun PayPal Anda.
  • Payoneer: iStock juga menyediakan opsi pembayaran melalui Payoneer. Setelah Anda mengaktifkan opsi pembayaran ini, iStock akan mengirimkan pembayaran langsung ke akun Payoneer Anda.
  • Transfer bank: Jika Anda memilih opsi pembayaran ini, iStock akan mengirimkan pembayaran langsung ke rekening bank Anda.
  • Kartu debit Mastercard iStock: iStock juga menyediakan opsi pembayaran melalui kartu debit Mastercard iStock. Setelah Anda menerima pembayaran, Anda dapat menggunakannya di ATM atau melakukan transaksi online.

Perlu diingat bahwa setiap opsi pembayaran memiliki ketentuan dan biaya yang berbeda-beda. Sebelum memilih opsi pembayaran, pastikan Anda membaca dan memahami ketentuan dan biaya yang berlaku untuk setiap opsi pembayaran yang tersedia. Selain itu, pastikan informasi pembayaran yang Anda berikan di akun iStock terisi dengan benar agar pembayaran dapat dilakukan dengan lancar.

Kelebihan dan Kekurangan dari iStock

Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari iStock:

Kelebihan dari iStock yaitu :

  • Akses ke pasar yang besar: iStock merupakan salah satu situs stok foto terbesar di dunia, dengan jutaan pengguna dan ribuan kontributor. Hal ini memberikan akses yang luas bagi kontributor untuk menjual konten kreatif mereka.
  • Kemudahan dalam proses upload dan verifikasi: iStock menyediakan proses upload dan verifikasi yang mudah dan cepat, sehingga memungkinkan kontributor untuk mulai menjual konten kreatif mereka dengan cepat.
  • Kemudahan dalam pembayaran: iStock menyediakan beberapa opsi pembayaran yang dapat dipilih oleh kontributor, seperti PayPal, Payoneer, transfer bank, dan kartu debit Mastercard iStock.
  • Pengalaman pengguna yang baik: iStock menyediakan tampilan situs yang user-friendly dan menyediakan informasi yang cukup lengkap bagi kontributor untuk memahami proses dan aturan dalam menjual konten kreatif mereka di situs iStock.

Kekurangan dari iStock antara lain :

  • Persaingan yang ketat: Sebagai salah satu situs stok foto terbesar, iStock memiliki ribuan kontributor yang bersaing untuk menjual konten kreatif mereka, sehingga persaingan dapat menjadi sangat ketat.
  • Standar kualitas yang tinggi: iStock memiliki standar kualitas yang tinggi untuk konten kreatif yang diunggah, sehingga pastikan konten Anda memenuhi kriteria tersebut sebelum mengunggah.
  • Komisi yang relatif kecil: iStock memberikan komisi yang relatif kecil untuk setiap penjualan, terutama untuk kontributor baru.
  • Keterbatasan dalam mengontrol harga: iStock memiliki pengontrolan harga yang relatif ketat, sehingga kontributor tidak memiliki banyak kebebasan dalam menetapkan harga konten mereka.

Meskipun iStock memiliki beberapa kekurangan, namun situs ini tetap merupakan salah satu situs stok foto terbesar dan terpercaya di dunia, dan dapat memberikan banyak manfaat bagi kontributor yang ingin menjual konten kreatif mereka secara online.

Tips untuk Meningkatkan Penjualan Konten di iStock

Berikut beberapa tips yang dapat membantu meningkatkan penjualan konten di iStock:

  • Buatlah konten berkualitas tinggi: iStock memiliki standar kualitas yang tinggi untuk konten yang diunggah. Pastikan konten Anda memiliki kualitas yang baik dan sesuai dengan standar iStock agar lebih mudah diterima dan mendapatkan penjualan yang lebih banyak.
  • Gunakan kata kunci yang relevan: Kata kunci yang tepat akan memudahkan pembeli untuk menemukan konten Anda di antara jutaan konten yang tersedia di iStock. Gunakan kata kunci yang relevan dengan konten Anda dan jangan berlebihan dalam penggunaannya.
  • Perhatikan kebutuhan pasar: Pastikan konten yang diunggah sesuai dengan kebutuhan pasar saat ini. Perhatikan tren dan kebutuhan pasar yang berkembang dan buat konten yang relevan dengan hal tersebut.
  • Unggah konten secara teratur: Unggah konten kreatif secara teratur agar konten Anda tetap terlihat segar dan mendapatkan perhatian dari pembeli. Namun, pastikan untuk tidak mengunggah konten dengan kualitas yang buruk hanya untuk memenuhi target upload.
  • Perhatikan komposisi dan kualitas gambar: Pastikan gambar memiliki komposisi yang baik dan kualitas gambar yang tinggi. Hal ini dapat membuat gambar Anda terlihat lebih menarik dan memudahkan pembeli untuk menggunakan gambar tersebut.
  • Berinteraksi dengan komunitas iStock: Bergabung dengan komunitas iStock dapat membantu meningkatkan eksposur dan penjualan konten kreatif Anda. Berinteraksi dengan kontributor lain dan mempromosikan konten Anda dapat membantu meningkatkan popularitas konten Anda di situs iStock.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, diharapkan dapat membantu meningkatkan penjualan konten kreatif Anda di iStock. Namun, perlu diingat bahwa penjualan konten kreatif di iStock memerlukan kerja keras, kesabaran, dan konsistensi untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Penutup

Menghasilkan uang dari iStock dapat menjadi peluang bisnis yang menarik bagi kontributor konten kreatif.

Dalam artikel ini, kita telah membahas tentang cara menghasilkan uang dari iStock, cara menjadi kontributor, opsi pembayaran yang tersedia, kelebihan dan kekurangan situs ini, serta tips untuk meningkatkan penjualan konten kreatif di situs ini. Dengan mengikuti tips-tips yang telah dijelaskan, meningkatkan penjualan konten kreatif di iStock dapat menjadi lebih mudah dan efektif.

Namun, penting untuk diingat bahwa kesuksesan di iStock memerlukan kerja keras, konsistensi, dan dedikasi. Oleh karena itu, bagi siapa saja yang ingin mencoba menghasilkan uang dari iStock, tetaplah terus belajar dan berusaha untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis ini.