Menjual Konten Visual di 123RF: Tips untuk Menghasilkan Uang dengan Sukses

menjual-konten-visual-di-123rf

Pundipedia - Mencari cara untuk menghasilkan uang secara online bisa jadi sangat menarik dan menguntungkan, terutama bagi mereka yang memiliki bakat dalam bidang desain grafis, fotografi, dan video. Salah satu cara untuk menghasilkan uang secara online adalah dengan menggunakan situs 123RF.

123RF adalah platform pasar online yang menyediakan jutaan gambar, vektor, dan video berkualitas tinggi yang dapat diunduh oleh pengguna dengan biaya tertentu. Selain sebagai sumber konten visual, 123RF juga dapat menjadi sumber penghasilan bagi para kreator konten.

Dalam artikel ini, kita akan membahas cara-cara yang dapat dilakukan untuk menghasilkan uang dari situs 123RF.

Apa itu Situs 123RF? 

Situs 123RF adalah sebuah platform pasar online yang menyediakan jutaan gambar, vektor, dan video berkualitas tinggi yang dapat diunduh oleh pengguna dengan biaya tertentu. 123RF menawarkan berbagai jenis konten visual termasuk foto, ilustrasi, video, dan musik, yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti desain grafis, pemasaran, publikasi, dan banyak lagi.

Situs ini memiliki sistem pencarian yang canggih dan mudah digunakan sehingga pengguna dapat menemukan konten visual yang sesuai dengan kebutuhan mereka dengan mudah. 123RF didirikan pada tahun 2005 dan berkantor pusat di Kuala Lumpur, Malaysia.

Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Situs 123RF

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk menghasilkan uang dari situs 123RF :

  • Menjadi Kontributor: 123RF membayar kontributor untuk setiap file yang berhasil dijual. Jika Anda memiliki bakat dalam desain grafis, fotografi atau pembuatan video, Anda dapat mendaftar sebagai kontributor di 123RF dan mulai mengupload konten visual Anda. Semakin banyak konten visual yang Anda upload, semakin besar peluang Anda untuk mendapatkan penghasilan yang lebih banyak.
  • Menjual Lisensi Konten Visual: 123RF memungkinkan kontributor untuk menjual lisensi konten visual mereka melalui platform mereka. Kontributor dapat menentukan harga untuk setiap lisensi dan menerima pembayaran ketika file mereka berhasil dijual. Selain itu, 123RF juga menyediakan sistem royalti, yang berarti bahwa kontributor akan menerima pembayaran royalti berulang ketika file mereka dijual kembali.
  • Menawarkan Jasa Kustom: Selain menjual lisensi konten visual, kontributor di 123RF juga dapat menawarkan jasa kustom. Ini berarti bahwa kontributor dapat bekerja dengan klien untuk membuat konten visual yang dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan klien. Jika Anda memiliki bakat dalam desain grafis, fotografi, atau pembuatan video, ini bisa menjadi cara yang baik untuk menghasilkan uang dari situs 123RF.
  • Mengikuti Program Afliasi: 123RF juga menawarkan program afiliasi, di mana Anda dapat memperoleh komisi dengan mengarahkan orang ke situs mereka. Anda akan menerima komisi setiap kali seseorang membeli lisensi dari 123RF melalui tautan afiliasi Anda.

Dengan mengambil keuntungan dari cara-cara ini, Anda dapat mulai menghasilkan uang dari situs 123RF. Namun, pastikan Anda memahami persyaratan dan ketentuan yang berlaku, serta cara-cara untuk membuat konten visual yang diminati oleh klien.

Cara Mendaftar Sebagai Kontributor di 123RF

Berikut adalah langkah-langkah yang harus kalian lakukan untuk mendaftar sebagai kontributor di 123RF:

  • Buka halaman 123RF.com di browser Anda dan klik "Daftar" di pojok kanan atas.
  • Pilih opsi "Saya ingin menjadi kontributor" pada halaman pendaftaran.
  • Isi informasi dasar yang diminta, seperti nama lengkap, alamat email, dan password.
  • Setelah itu, kontributor diharuskan untuk mengisi informasi profil, termasuk alamat, nomor telepon, dan informasi pembayaran.
  • Kontributor kemudian diharuskan untuk mengunggah beberapa contoh karya untuk ditinjau oleh tim 123RF. Pastikan untuk mengunggah karya yang berkualitas tinggi dan relevan dengan jenis konten visual yang ingin Anda upload ke 123RF.
  • Setelah proses verifikasi selesai, akun kontributor akan diaktifkan, dan Anda dapat mulai mengupload konten visual Anda ke situs 123RF.
Jangan lupa untuk membaca persyaratan dan ketentuan 123RF dan memahami sistem royalti yang berlaku sebelum memulai mengupload konten visual Anda ke situs.

Dalam beberapa hari setelah mengirimkan permohonan pendaftaran, tim 123RF akan meninjau karya yang telah diunggah dan memberikan informasi tentang keberhasilan pendaftaran sebagai kontributor.

Setelah diterima sebagai kontributor, Anda dapat mulai mengunggah dan menjual konten visual Anda di 123RF dan memperoleh penghasilan dari setiap penjualan yang berhasil.

Penghasilan dari Situs 123RF

123RF membayar kontributor untuk setiap lisensi konten visual yang berhasil dijual melalui situs mereka. Pembayaran yang diterima oleh kontributor bergantung pada jenis lisensi yang dijual dan apakah kontributor memutuskan untuk menjual hak eksklusif atau non-eksklusif untuk konten visual mereka.

123RF memiliki sistem royalti yang memberikan kontributor pembayaran royalti berulang ketika file mereka dijual kembali. Kontributor menerima persentase dari harga lisensi yang ditetapkan oleh 123RF, yang bervariasi tergantung pada jenis lisensi dan apakah kontributor menjual hak eksklusif atau non-eksklusif.

Pembayaran kepada kontributor dilakukan melalui PayPal atau transfer bank. 123RF memproses pembayaran pada setiap akhir bulan, dengan syarat bahwa saldo akun kontributor telah mencapai ambang batas minimum pembayaran yang ditetapkan oleh situs.

Meskipun bayaran yang diterima setiap kontributor dapat bervariasi tergantung pada sejumlah faktor, seperti jenis konten visual yang dijual dan tingkat permintaan pasar, 123RF adalah platform yang terbuka bagi kreator konten untuk menghasilkan penghasilan secara online melalui konten visual yang mereka buat.

Opsi Pembayaran dan Minimum Penarikan dari Situs 123RF

123RF menawarkan beberapa opsi pembayaran kepada kontributor, termasuk pembayaran melalui PayPal atau transfer bank. Kontributor dapat memilih opsi pembayaran yang paling nyaman bagi mereka, tergantung pada preferensi dan lokasi geografis mereka.

Untuk pembayaran melalui PayPal, kontributor tidak perlu membayar biaya transfer, dan pembayaran akan diproses dengan cepat. Namun, untuk pengguna di negara-negara tertentu, PayPal mungkin tidak tersedia sebagai opsi pembayaran.

Sedangkan untuk pembayaran melalui transfer bank, biaya transfer mungkin dikenakan tergantung pada bank yang digunakan dan lokasi geografis kontributor. Namun, opsi ini dapat menjadi pilihan yang lebih baik untuk kontributor di negara-negara di mana PayPal tidak tersedia.

Minimal penarikan saldo yang diizinkan oleh 123RF adalah sebesar $50 untuk pembayaran melalui PayPal dan $100 untuk pembayaran melalui transfer bank. Jika saldo akun kontributor telah mencapai ambang batas minimum pembayaran, mereka dapat meminta penarikan dana dari akun mereka. 123RF memproses pembayaran pada akhir setiap bulan untuk saldo akun yang memenuhi syarat.

Kelebihan dan Kekurangan dari Situs 123RF

Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan situs 123RF yang harus dipahami sebelum mendaftar sebagai kontributor pada situs ini. 

Kelebihan dari 123RF yaitu :

  • Luasnya pasar: 123RF adalah situs yang populer dan memiliki basis pengguna yang besar di seluruh dunia, sehingga memberikan peluang besar bagi kontributor untuk menjual konten visual mereka ke pasar yang lebih luas.
  • Penghasilan pasif: Kontributor dapat menghasilkan uang dari konten visual yang mereka buat secara pasif, tanpa harus aktif mempromosikannya.
  • Pilihan opsi pembayaran yang fleksibel: 123RF menawarkan opsi pembayaran melalui PayPal atau transfer bank, memberikan fleksibilitas bagi kontributor dalam memilih opsi yang paling nyaman bagi mereka.
  • Sistem royalti yang adil: 123RF memiliki sistem royalti yang adil dan memberikan kompensasi yang layak bagi kontributor untuk setiap penjualan yang berhasil.

Adapun kekurangan 123RF antara :

  • Persaingan yang tinggi: Seiring dengan popularitasnya, situs 123RF juga memiliki banyak kontributor, sehingga persaingan untuk mendapatkan penjualan bisa cukup tinggi.
  • Persyaratan yang ketat: 123RF memiliki persyaratan ketat untuk konten visual yang diterima, dan tidak semua karya yang diunggah oleh kontributor akan diterima.
  • Ambang batas minimum pembayaran yang tinggi: Ambang batas minimum pembayaran untuk 123RF adalah $50 untuk pembayaran melalui PayPal dan $100 untuk pembayaran melalui transfer bank, yang bisa menjadi sulit bagi kontributor dengan volume penjualan yang lebih rendah.
  • Keterbatasan pada jenis konten visual: 123RF fokus pada jenis konten visual tertentu, seperti foto, vektor, dan footage video, sehingga kontributor yang fokus pada jenis konten visual lain, seperti musik atau suara, mungkin tidak dapat menjual konten mereka di situs ini.

Penutup

Secara keseluruhan, 123RF merupakan salah satu platform terkemuka untuk menjual konten visual. Dengan luasnya pasar dan sistem royalti yang adil, situs ini menjadi pilihan menarik bagi kontributor yang ingin menghasilkan uang dari karya visual mereka.

Namun, kontributor perlu mengikuti persyaratan yang ketat dan bersaing dengan banyaknya kontributor lain yang juga ingin menjual konten mereka di situs ini. Namun, dengan kerja keras, kualitas karya yang baik, dan promosi yang tepat, kontributor dapat menghasilkan penghasilan pasif dari konten visual mereka di situs 123RF.